10 Kebiasaan Sehari-hari yang Mempercepat Faktor Penuaan

26 Februari 2022, 15:20 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang berada dalam tekanan, dipercaya bisa mempercepat usia biologis.
Ilustrasi seseorang berada dalam tekanan, dipercaya bisa mempercepat usia biologis. /Pixabay.com

  • Setiap keputusan yang Anda buat setiap hari dapat memperlambat atau meningkatkan usia biologis Anda.
  • Masalah memori mulai memudar, kerutan di setiap sudut wajah, kehilangan otot, kulit kusam dan kelelahan adalah beberapa tanda penuaan.
  • Setidaknya ada 10 kebiasaan berbahaya yang mempercepat proses penuaan dan perlu diperbaiki.

SKOR.id - Ternyata, setiap keputusan yang Anda buat setiap harinya dapat memperlambat ataupun meningkatkan usia biologis Anda.

Apa yang kita makan, seberapa banyak kita gerak, suasana hati, kepribadian kita, semuanya dapat berdampak pada seberapa cepat kita menua. Namun kebanyakan dari kita tidak memperhatikan seluk-beluk gaya hidup kita sehari-hari ini.

Masalah memori mulai memudar, kerutan di setiap sudut wajah, kehilangan otot, kulit kusam dan kelelahan adalah beberapa tanda penuaan.

Maka, wajar untuk panik ketika seseorang melihat tanda-tanda yang mengkhawatirkan ini, dan berlindung pada produk anti-penuaan yang mencoba membalikkan proses penuaan.

Mengamati dan memperbaiki kebiasaan sehari-hari kita bisa memperlambat penuaan sampai batas tertentu dan menambah tahun-tahun yang berkualitas dalam hidup kita.

Tim Gray adalah biohacker yang mengoptimalkan kesehatan, spesialis psikologi, pengusaha dan pembicara global dalam postingan terbaru di Instagram.

"Singkirkan hal-hal yang mempercepat penuaan sebelum fokus pada hal-hal yang membantu memperlambatnya. Tampak jelas bukan?"

"Kita diberitahu untuk menggunakan Oksigen Hiperbarik untuk memperpanjang umur, ambil ini atau itu untuk membalikkan tahun, tapi bagaimana dengan menghilangkan makanan yang tidak sehat? Duduk sepanjang hari atau hal-hal lain dalam gambar pertama?"

"Bagi saya, tampaknya gila bahwa 'ahli' umur panjang berbicara tentang cara membalikkan penuaan, tetapi tidak membahas menghilangkan hal-hal yang cukup mempercepatnya."

 

Menurut Gray, gaya hidup yang tidak banyak bergerak (tidak banyak bergerak) adalah salah satu prediktor terbesar dari kehidupan yang singkat. Bahwa ada 10 kebiasaan berbahaya yang mempercepat proses penuaan dan perlu diperbaiki.

Duduk sepanjang hari: Meskipun seseorang mungkin tidak segera menyadari bahaya gaya hidup yang tidak banyak bergerak, seiring waktu, duduk sepanjang hari sebenarnya membunuh kita. Dari meningkatkan risiko penyakit kronis, meningkatkan peluang kematian akibat Covid, menempatkan kita pada risiko kanker tertentu, tekanan darah tinggi, obesitas, depresi, dan kecemasan, kebiasaan beracun ini tidak diragukan lagi membuat kita menua lebih cepat.

Makan makanan yang tidak sehat: Apakah Anda menimbun makanan sarat kalori formula rahasia untuk mengatasi stres? Coba tebak, Anda salah melakukannya. Makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol jahat, gula dan natrium dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Penuaan dianggap sebagai keadaan peradangan kronis dan makan yang tidak sehat dapat mempercepatnya. Temukan cara yang lebih baik untuk menangani stres dan awet muda lebih lama.

Tidak tertawa: Jika Anda tidak cukup tertawa dan sudah lama, tonton episode terbaru Mr Bean atau unduh film komedi. Tidak cukup tertawa dapat menyebabkan akumulasi stres yang dapat menurunkan kapasitas melawan infeksi sel-sel tubuh Anda. Tertawa bisa memicu pelepasan hormon perasaan baik dan meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan.

Tetap di dalam rumah: Sementara pandemi telah mengubah banyak dari kita menjadi 'orang dalam ruangan', inilah saatnya untuk memakai sepatu lari itu dan melakukan beberapa aktivitas fisik. Selain itu, berdiam diri di rumah sepanjang waktu juga dapat berdampak pada kesehatan mental yang dapat mempercepat proses penuaan.

Kurang tidur: Jangan sering-sering larut dalam kebiasan binge-watch atau menonton film terus menerus (berkelanjutan) karena itu dapat membuat diri Anda lebih tua sebelum waktunya tiba. Menurut sebuah penelitian, hanya satu malam kurang tidur dapat membuat sel-sel orang dewasa yang lebih tua menua lebih cepat. Istirahatlah yang baik agar awet muda.

Tidak memiliki tujuan hidup: Tidak memiliki arah atau motivasi dalam hidup juga dapat membuat seseorang merasa tertekan.

Terlalu banyak fake light: Cahaya palsu yang terpancar dari layar ponsel cerdas Anda diketahui dapat meningkatkan penuaan dan mengurangi umur panjang menurut penelitian.

Merokok dan alkohol: Meskipun Anda mungkin menemukan kebahagiaan dan kegembiraan sementara ketika merokok atau minum alkohol, mereka sebenarnya mencuri tahun-tahun dari hidup Anda.

Terlalu banyak EMF: Radiasi medan elektromagnetik dari 5G dikatakan berdampak pada sistem kekebalan sesuai beberapa laporan.

Tidak mengurangi polusi lingkungan: Paparan bahan tertentu dikaitkan dengan penuaan kulit dini.***

Berita Bugar Lainnya:

Dari Rematik hingga Penuaan Dini, Ini 4 Mitos Populer Mandi Malam yang Perlu Diketahui

5 Bahan Alami Pencegah Penuaan Dini

Mengetahui Tanda dan Cara Mengatasi Penuaan

  • Sumber: Hindustan Times
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 23 Februari 2022

    Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah

    Masker kunyit dapat membantu mengatasi munculnya noda gela di wajah.

    Bugar

    Rabu, 23 Februari 2022

    9 Susu Non-Dairy Terbaik untuk Pengganti Susu Sapi

    Susu sapi bukan pilihan yang cocok untuk semua orang. Ada beberapa alasan yang membuat orang mencari alternatif, dan ada 9 pengganti terbaik.

    Bugar

    Kamis, 24 Februari 2022

    Ragam Manfaat Minyak Urang-aring untuk Kesehatan Rambut

    Orang-aring atau latinnya Eclipta alba memang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

    Bugar

    Kamis, 24 Februari 2022

    5 Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Wajah

    Salah satu manfaat masker cokelat adalah melindungi dari polusi udara,

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    5 Makanan Barat di Tiktok yang Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

    Makanan sehat terkadang kurang disukai karena rasanya yang bisa dibilang cukup hambar. Namun sesungguhnya ada beberapa yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X