10 Tips Sederhana agar Olahraga Lari Menjadi Lebih Seru

11 Maret 2022, 14:08 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seorang wanita berlari di hutan.
Ilustrasi seorang wanita berlari di hutan. /pixabay.com

  • Berlari sendirian membutuhkan komitmen dan kemauan ekstra untuk menjadikannya olahraga mingguan yang teratur.
  • Kita perlu mengubah paradigma untuk membuatnya menyenangkan.
  • Tambahkan kesenangan berlari dengan tips sederhana berikut ini.

SKOR.id - Musim panas akan segera datang tidak lama lagi dan keinginan untuk berlari di luar ruangan mungkin juga akan semakin meningkat.

Namun, motivasi seringkali tidak cukup. Berlari dan berlatih sendirian saja membutuhkan komitmen dan kemauan ekstra untuk menjadikannya aktivitas mingguan yang teratur.

Kita perlu mengubah paradigma untuk membuat olahraga lari jadi menyenangkan. Seperti semua latihan kebugaran lainnya. Tetapi, berapa lama itu akan terjadi?

Tetap bugar harus menyenangkan dan hasilnya akan terlihat, jika tidak ada motivasi akan menderita. Jadi untuk mengusir kebosanan dari rutinitas olahraga Anda, tambahkan kesenangan dengan tips sederhana berikut ini.

1. Temukan teman
Ini akan menyenangkan dan sangat meningkatkan motivasi Anda. Selain itu, menjadwalkan sesi latihan dengan seorang teman memungkinkan Anda untuk tetap berpegang pada rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Tak perlu dikatakan bahwa teman dapat menjadi sumber motivasi dan dukungan yang tiada habisnya.

2. Ubah lokasi
Siapa bilang Anda harus selalu berlatih di tempat yang sama? Cobalah untuk memvariasikan tempat latihan Anda: di taman, di kebun, di rumah, di gym, ataupun di hutan. Di mana pun ada jalan yang layak adalah taman bermain Anda.

3. Dengarkan musik yang tepat
Apakah ada lagu atau genre musik yang memotivasi Anda? Apa yang Anda tunggu untuk menggunakannya dalam latihan Anda? Kecepatan yang tepat dapat mendorong Anda ke intensitas latihan yang tinggi. Foto dan video emosional, atau kutipan favorit Anda, juga dapat membantu merangsang keinginan untuk berolahraga.

4. Berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja atau segera sesudahnya
Seiring berjalannya waktu, bagian paling malas dari Anda akan mengambil alih. Jika Anda berbaring di sofa setelah bekerja, Anda memerlukan kerekan untuk bangun. Lawan rasa malas itu dengan sedikit kelicikan dan olahraga di pagi hari atau tepat setelah bekerja.

5. Persiapkan segala sesuatunya sebelum berlari
Cobalah untuk menghilangkan semua hambatan dari rencana Anda, seperti mengemas pakaian olahraga Anda malam sebelumnya atau mengemas tas olahraga sebelum berangkat ke kantor. Dengan cara ini Anda tidak akan memiliki alasan.

6. Tantang diri sendiri
Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada mencapai tujuan Anda. Dan Anda membutuhkan tantangan baru yang memotivasi Anda untuk terus berlatih. Mengapa tidak memulai rencana pelatihan baru? Apakah itu angkat besi selama 12 minggu, lari 10K, atau bersepeda 50K, yang penting adalah memulai sesuatu yang baru.

7. Lari cepat
Jika Anda tidak memiliki waktu atau keinginan untuk melakukan olahraga lagi dalam jangka panjang, lebih baik lakukan yang lebih pendek. Dengan metode ini Anda dapat merasa seperti dalam balapan sungguhan, perubahan kecepatan yang konstan dengan memilih sendiri berapa lama untuk berlari dengan kecepatan cepat. Jika Anda memutuskan keluar dan melakukan beberapa gerakan, latihan yang baik mungkin adalah lari 30-45 menit dengan sprint 30 detik setiap 2-3 menit, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk pulih setelah setiap sprint sambil tetap memompa jantung Anda.

8. Balap Tempo
Dalam kaitan memicu diri sendiri, jika Anda merasa bugar atau ingin meningkatkan tingkat kebugaran Anda, lari tempo (berlari dengan intensitas maksimum untuk waktu yang terbatas) adalah metode latihan yang bagus. Dapat berfungsi untuk mengaktifkan kembali ambang batas yang biasa dan menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

9. Repetisi
Latihan pengulangan adalah ujian yang baik untuk tingkat kebugaran secara umum dan juga untuk mengalami kecepatan balapan yang lebih cepat. Dibandingkan dengan lari tempo, Anda dapat beristirahat setelah setiap repetisi dan melakukan pemulihan cepat sebelum memulai interval baru (misalnya pemanasan 10-15 menit, 4-6 repetisi x 800m sesuai kecepatan Anda, tetapkan sebagai tujuan, 10 menit berlari berkelanjutan untuk pulih).

10. Coba medan lain
Mengubah jenis medan mempersiapkan Anda lebih baik untuk setiap jenis balapan: berlari di trek yang berbukit membuat otot Anda bekerja lebih keras di setiap kilometer dan secara optimal mempersiapkan Anda untuk balapan. Jika setelah seharian berlari menanjak Anda kembali berlari di jalanan datar, balapan akan terasa lebih mudah, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri Anda.***

Berita Bugar Lainnya:

Mencari Tahu Berapa Lama Waktu Lari yang Ideal

3 Manfaat Mendengarkan Musik saat Berlari

5 Alasan Olahraga Lari Cocok untuk Menjaga Kesehatan Mental

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

  • Sumber: GQ Espana
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 8 Maret 2022

    Putri Aktris Kim Basinger Berbagi Foto usai Alami Serangan Kecemasan setelah Minum Kopi

    Model Ireland Baldwin, putri Kim Basinger dan Alec Baldwin, mengalami serangan kecemasan setelah minum secangkir kopi saat perut kosong.

    Bugar

    Rabu, 9 Maret 2022

    Apakah Minyak Zaitun Baik untuk Perawatan Kulit, Ini Kata Para Ahli

    Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi perawatan kulit, dikarenakan faktor emolien yang memiliki sifat pelembab yang sangat baik.

    Bugar

    Rabu, 9 Maret 2022

    5 Tips dan Trik Kesehatan Payudara yang Perlu Anda Ketahui

    Underwires, bra olahraga, dan perubahan hormon dapat menyebabkan payudara mengalami banyak masalah, dan sering kali dilupakan dalam daftar perawatan diri.

    Bugar

    Rabu, 9 Maret 2022

    Makna Psikologi di Balik Sisi Tempat Tidur Mana Anda Tidur

    Survei terhadap 2.000 orang dewasa Inggris oleh The Sleep Charity dan National Bed Federation, mengungkapkan bahwa pria lebih akomodatif daripada wanita dalam memilih sisi tempat tidur.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X