4 Asupan yang Membantu Memperkuat Otot

29 Mei 2021, 18:40 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Ilustrasi olahraga membentuk otot.
Ilustrasi olahraga membentuk otot. /(Twitter Fitness & Muscle)

  • Membentuk otot bukan hanya dengan latihan atau berolahraga rutin.
  • Mengkonsumsi makanan juga dapat membantu memperkuat dan menjaga jaringan otot.
  • Berikut adalah empat asupan yang dapat membantu memaksimalkan kekuatan otot.

SKOR.id - Memperkuat otot salah satu prioritas dari para atlet. Untuk mendapatkan otot yang kuat tentu saja harus dilakukan dengan melalui pelatihan yang konsisten.

Istirahat yang baik harus menjadi prioritas. Lalu latihan yang tertahap juga menjadi sangat penting untuk membentuk otot yang diinginkan.

Otot pada tubuh manusia berperan untuk menggerakkan. Namun, di sisi lain, otot juga dapat dibentuk dan membuat terlihat lebih besar.

Meski demikian, sangat penting pula mengetahui nutrisi yang benar untuk mencapai otot yang kuat dan sehat.

 

Ada cukup banyak makanan yang bisa membentuk terbentuknya otot serta jaringan otot menjadi lebih kuat.

Berikut empat makanan yang dapat membantu pembentukan otot dan membuat tubuh tetap bugar:

1. Daging Ayam

Ayam salah satu makanan klasik dalam menu makanan para atlet. Daging ayam merupakan sumber protein dengan semua jenis asam amino esensial yang berguna untuk pembentukan protein.

Lebih spesifik lagi, bagian daging ayam yang bagus untuk membantu pembentukan otot adalah daya ayam yang tanpa kulit. Untuk lebih maksimal, dada ayam dengan cara dikukus atau dipanggang.

Daging ayam salah satu makanan yang membantu memperkuat otot.
Daging ayam salah satu makanan yang membantu memperkuat otot. (Mejor con Salud, as.com)

Dengan dua cara masak tersebut, kandungan nutrisi di dalamnya bisa tetap utuh dan tidak ada campuran minyak.

Selain ayam, daging berkualitas lainnya untuk membantu pembentukan otot adalah kalkun, kelinci atau domba. Semuanya menonjol karena asupan energinya sedang tapi dengan protein yang tinggi.

2. Salmon

Selain memiliki protein yang tinggi, daging salmon juga memiliki asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 adalah jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme.

Namun, asam lemak omega 3 tidak diproduksi oleh tubuh sehingga perlu mendapatkannya dari makanan. Dan, daging ikan salmon memiliki banyak kandungan omega 3.

Protein yang terkandung dalam ikan Salmon mengandung asam lemak yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel otot dan jaringan lain di seluruh tubuh.

Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam salmon juga membantu mengurangi peradangan otot setelah olahraga.

3. Kenari

Kenari punya kepadatan energi dan kandungan nutrisi tinggi. Kenari mengandung protein, asam lemak, dan juga mineral penting untuk memperkuat otot.

Kacang kenari memiliki karakteristik antioksidan yang membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, meningkatkan perkembangan otot, dan jaringannya.

Kacang kenari juga memiliki silenium yaitu mineral yang berperan dalam proses pertumbuhan jaringan tubuh yang sehat, sistem imun tubuh yang kuat.

4. Susu Murni

Susu murni juga memiliki kepadatan nutrisinya yang tinggi. Meminum susu setelah latihan sangat dianjurkan.

Susu tentu saja salah satu minuman favorit banyak orang, karena mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, vitamin D, dan protein.

Ilustrasi susu murni.
Ilustrasi susu murni. (Mejor con salud, as.com)

Salah satu jenis susu yang kaya akan nutrisi adalah susu murni. Susu jenis ini tidak melalui banyak proses pengolahan.

Susu murni mengandung protein dengan kualitas yang baik dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh.

Protein yang terkandung di dalam susu murni dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot dan membantu dalam memperbaiki otot.

Ikuti juga InstagramFacebook, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita kebugaran lainnya:

Simak, Tips Berjalan Kaki untuk Membakar Lemak Lebih Banyak

4 Manfaat Utama Berjalan Kaki, Olahraga Murah yang Pengaruhi Otak dan Otot

  • Sumber: mejorconsalud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 26 Mei 2021

    3 Tips Penting sebelum Mendaki Gunung, Cocok untuk Pemula

    Trekking atau mendaki gunung bisa jadi salah satu cara melepas penat yang baik, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

    Bugar

    Kamis, 27 Mei 2021

    Simak, Tips Berjalan Kaki untuk Membakar Lemak Lebih Banyak

    Agar usaha membakar lemak sambil berjalan kaki jadi lebih efektif, beberapa cara ini dapat dilakukan.

    Bugar

    Jumat, 28 Mei 2021

    4 Tips Meregangkan Otot di Tengah Kesibukan

    Berikut, Skor.id merangkum tips meregangkan otot di tengah kesibukan.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kebiasaan Bugar Anne Hathaway agar Tetap dalam Tampilan Fisik Luar Biasa di Usia 39

    Hanya dengan sekali melihat halaman Instagram-nya, Anda dapat melihat aktris Anne Hathaway menyajikan berbagai gaya chic.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Berhubungan Seks Lebih Bergairah dengan Konsumsi Makanan Ini

    Berikut adalah makanan afrodisiak yaitu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kiat Kesehatan Mata: Perbaiki 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membahayakan Penglihatan

    Waspadai 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kesehatan mata menjadi buruk.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    5 Sayuran Terbaik untuk Hilangkan Lemak di Perut dengan Cepat

    Lemak perut bukan hanya merusak pemandangan dan sangat mempengaruhi citra diri serta kepercayaan diri seseorang, bahkan berbahaya bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Beragam Manfaat dari Daun Seledri, Salah Satunya Menjaga Tekanan Darah

    Kandungan nutrisi dalam daun seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    4 Mitos dan Fakta tentang Demam

    Berikut ini adalah empat mitos dan fakta tentang demam yang perlu Skorer ketahui.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

    Jika dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

    Cegukan adalah kondisi otot diafragma yang mengalami kontraksi.

    Bugar

    Jumat, 24 Juni 2022

    Lima Cara Mencegah Stroke, Mudah tapi Sering Diabaikan

    Berikut adalah enam cara mencegah stroke yang sebenarnya mudah tapi sering diabaikan.
    X