4 Kebiasaan Sehat untuk Rutinitas Makan Siang yang Lebih Baik

11 Januari 2022, 15:48 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi makan siang di tempat kerja, yang mungkin harus dihindari untuk hidup yang lebih sehat di tahun baru.
Ilustrasi makan siang di tempat kerja, yang mungkin harus dihindari untuk hidup yang lebih sehat di tahun baru. /Twitter @akhtaboot

  • Memperbaiki kualitas makan siang juga salah satu cara mengingkatkan kebiasaan sehat di tahun baru.
  • Tengah hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat tubuh secara keseluruhan.
  • Minum air putih, menjauh dari meja kerja, dan berjalan-jalan bisa jadi trik sehat.

SKOR.id - Kalender telah beralih ke tahun yang baru dan tiba-tiba kita semua harus bekerja keras untuk merencanakan yoga, mengangkat beban berat, atau mandi air dingin.

Tetapi, jika Anda masih ingin meningkatkan kebiasaan sehat Anda di tahun baru, mulailah dengan meningkatkan kualitas istirahat makan siang Anda.

Ini adalah waktu yang tepat untuk latihan sederhana yang dapat diaktifkan siapa pun untuk mendapatkan manfaat tubuh secara keseluruhan, mulai dari peningkatan fleksibilitas hingga kejernihan mental dan GQ meminta panel ahli untuk memberikan rekomendasi mereka.

1. Minum Air
Secara khusus, dua 16 ons atau sekitar 470 ml. Cukup sederhana, bukan? American College of Sports Medicine menyarankan minimal sekitar 60 ons - 1700 ml - setiap harinya.

Menurut Lisa Moskovitz, ahli gizi dan penulis The Core 3 Healthy Eating Plan dan pendiri NY Nutrition Group, tengah hari adalah titik paling penting dalam sehari untuk minum, untuk merasakan yang terbaik.

“Menghidrasi adalah salah satu kebiasaan perawatan diri yang menawarkan begitu banyak manfaat, termasuk meningkatkan tingkat energi, pencernaan, metabolisme, dan konsentrasi,” katanya.

"Fokus untuk mengisi setidaknya satu hingga dua gelas delapan ons (200 ml) air di tengah hari Anda sehingga Anda bisa mendapatkan zat penting ini saat Anda paling membutuhkannya."

2. Temukan Momen Perhatian Kecil
Meditasi dan pernapasan sangat bagus setiap saat, tetapi trik untuk melihat manfaatnya adalah menjadikannya kebiasaan dengan memilih waktu yang paling sesuai untuk Anda.

Dan, bagi siapa saja yang melakukan pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi, momen meditasi yang penuh perhatian di tengah hari dapat jadi benteng yang nyata untuk mengatasi inbox yang meluap.

“Bermeditasi di tengah hari mengundang kita untuk rehat sejenak, merenung, dan mengatur ulang,” kata Dora Kamau, seorang Guru perhatian dan meditasi di Headspace.

“Jika Anda berada dalam peran yang datang dengan disertai stres dan kecemasan tinggi, tengah hari bisa terasa sangat kabur." 

"Tapi, jika kita dapat mengambil bahkan 5-10 menit saat makan siang untuk check-in dengan diri kita sendiri, kita melangkah keluar dari siklus rutinitas, dan dapat membiarkan pikiran dan tubuh menjadi dan beristirahat." 

Aplikasi seperti Headspace dapat membantu, tentu saja, tetapi juga beberapa napas dalam-dalam menggunakan metode 4-4-4. Tarik napas selama empat hitungan, tahan selama empat hitungan, hembuskan selama empat hitungan. Ulangi setidaknya lima kali, dan Anda siap melakukannya.

3. Berdiri. (Bahkan Lebih Baik: Berjalan-jalan)
Duduk untuk waktu yang lama tanpa gangguan tidak baik untuk Anda, ini bukan berita baru. Lebih buruk lagi adalah menjaga kaki Anda tetap bersilang. Tetapi melakukannya untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan peningkatan ketidakseimbangan otot pada kaki yang disilangkan, menurut terapis fisik Austin Mitchell Moser.

Jadi, usahakan untuk berdiri tiap 30 hingga 45 menit sepanjang hari Anda, dan bergeraklah sedikit lebih lama selama istirahat makan siang Anda.

"Gerakan ini akan membantu untuk memecah waktu yang dihabiskan dalam posisi bersila," kata Moser, yang juga merekomendasikan menyilangkan kaki Anda di pergelangan kaki sebagai gantinya.

"Ini juga akan mengurangi ketegangan pada persendian dan otot Anda dan menjadi lebih baik dalam jangka panjang."

Intinya, sulit untuk mengalahkan berjalan-jalan, bahkan jika itu hanya sekitar blok.

4. Tingkatkan Kualitas Makan Siang Itu Sendiri
Tidak ada satu pun diet ideal: Mungkin Anda ingin menambah berat badan. Mungkin Anda ingin menurunkan berat badan. Tetapi satu hal yang dapat dilakukan semua orang adalah memperhatikan kesehatan usus.

Sauerkraut adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kepadatan nutrisi makan siang Anda, kata Stevie Lyn Smith MS, RDN, pendiri Stevie Lyn Nutrition Wellness Consulting.

Untuk sekadar tahu, Sauerkraut (kol asam) adalah makanan khas Jerman yang terbuat dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat, 

"Sementara penelitian terus muncul di bidang kesehatan usus, ada kaitan antara kesehatan usus dan suasana hati," katanya.

“Makanan fermentasi seperti asinan kubis kaya akan probiotik, atau mikroorganisme hidup kecil yang mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus.”

Bukan penggemar asinan kubis? Smith menyarankan makanan fermentasi lainnya yang bisa Anda pilih: kimchi, kefir, dan yogurt.

Plus, meskipun penting untuk menambahkan makanan kaya probiotik, jangan lupa untuk juga memasukkan makanan kaya prebiotik seperti gandum, pisang, bawang, dan apel, yang diperlukan untuk "memberi makan" bakteri usus sehat yang memungkinkan mereka untuk berkembang pesat.***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

8 Kebiasaan Lifestyle Sehat yang Harus Anda Adopsi di Tahun 2022

10 Cara agar Anda Tetap Sehat di Tahun 2022

  • Sumber: gq.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 10 Januari 2022

    6 Khasiat Bawang Putih Hitam untuk Kesehatan

    Bagi yang tidak biasa, bawah putih hitam itu "bawang putih biasa yang dibiarkan menua di bawah kontrol suhu dan kelembaban ketat."

    Bugar

    Senin, 10 Januari 2022

    Trik agar Anak-anak Makan Sayur Dua Kali Lebih Banyak

    Orangtua yang berjuang untuk mendorong anak-anak mereka makan sayuran dapat memainkan peran yang lebih berpengaruh pada waktu makan.

    Bugar

    Senin, 10 Januari 2022

    Manfaat Olahan Kacang Kedelai Terhadap Kesehatan Tulang

    Fakta ini tentunya erat kaintannya dengan kandungan isoflavon yang mempunyai struktur dan fungsi yang mirip dengan estrogen.

    Bugar

    Selasa, 11 Januari 2022

    Anggur dan Kolesterol: Antara Cinta dan Benci

    Secara umum, kontribusi anggur dalam asupan karbohidrat lebih tinggi daripada buah-buahan lain, karena menyediakan banyak energi.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    5 Makanan Barat di Tiktok yang Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

    Makanan sehat terkadang kurang disukai karena rasanya yang bisa dibilang cukup hambar. Namun sesungguhnya ada beberapa yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X