4 Tips Berolahraga dengan Aman saat Asma Menjadi Penghalang

6 Oktober 2022, 16:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi penderita asma.
Ilustrasi penderita asma. /freepik.com

  • Beberapa orang terpaksa meninggalkan kebiasaan berolahraga mereka gara-gara menderita asma.
  • Para ahli menggambarkan asma dan olahraga seperti mencoba berjalan sambil bernapas melalui sedotan.
  • Berikut penjelasan dan saran medis supaya Anda bisa tetap menikmati olahraga dengan aman meskipun memiliki asma.

SKOR.id - Penny Weston, seorang ahli kebugaran dan nutrisi, pertama kali didiagnosis asma ketika dia memulai kelas olahraga di sekolah. Dia menyadari berlari menaiki tangga akan membuatnya kehabisan napas. “Saya menghindari olahraga atau aktivitas apa pun dan tidak aktif,” katanya.

Weston tahu betapa melemahkan dan menjengkelkannya ketika berolahraga menjadi sangat sulit karena penyakitnya itu, terutama jika Anda adalah seseorang yang senang menggerakkan tubuh Anda.

Tetapi, apa yang terjadi dalam tubuh Anda ketika Anda memiliki episode serangan asma, dan bagaimana Anda bisa tetap menikmati olahraga ketika itu bisa terjadi?

Seperti apa asma dalam konteks olahraga
“Cara yang baik untuk menggambarkan ini adalah dengan membayangkan mencoba berjalan sambil bernapas melalui sedotan,” jelas Dr. Paul O'Connell, seorang dokter umum dari Cardiff, Wales, yang baru-baru ini meluncurkan Nutrisi Fisik.

“Saat kita berolahraga, tubuh kita membutuhkan lebih banyak udara dan oksigen, maka itu butuh paru-paru untuk bekerja lebih keras. Jika saluran udara Anda meradang dan menyempit, memasukkan udara ke dalamnya (dan mengeluarkan karbon dioksida) akan lebih sulit.”

Asma adalah tentang bagaimana paru-paru berinteraksi dengan lingkungan juga.

“Orang dengan asma memiliki saluran pernapasan saluran udara atau bronkus yang sangat sensitif terhadap pemicu di lingkungan,” jelas Dr. Sophie Vergnaud, ahli paru, rawat inap, dan editor medis untuk GoodRx.

“Ketika saluran udara meradang, mereka menjadi bengkak dan kencang sehingga sulit bagi udara untuk bergerak melaluinya.”

Hal inilah yang dapat menyebabkan bronkokonstriksi, menyebabkan "mengi, sesak napas, sesak dada dan batuk."

Penting juga untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara asma dan exercise-induced asthma (asma akibat olahraga - yang secara klinis dikenal sebagai EIB).

Vergnaud menjelaskan EIB mirip dengan asma, tapi hanya terjadi sebagai respons terhadap aktivitas olahraga.

“Itu penting karena terkadang, orang yang mengalami gejala ketika berolahraga didiagnosis menderita EIB, tetapi sebenarnya mereka menderita asma,” Vergnaud mengungkapkan. “Intinya adalah jika seseorang memiliki EIB, mereka perlu diuji secara formal untuk asma.”

Apakah itu asma atau perasaan sesak napas yang biasa muncul setelah olahraga?
Tapi, apakah sedikit sesak napas normal saat Anda memaksakan diri? Tergantung.

“Anda mungkin perlu berhenti. Anda mungkin perlu waktu lebih lama dari biasanya untuk pulih,” kata Vergnaud. "Jika gejala Anda membaik dengan inhaler bantuan cepat Anda, seperti albuterol, maka itu pertanda baik Anda hanya mengalami bronkokonstriksi."

Tanda lainnya, menurut Vergnaud, adalah memperhatikan gejala yang dimulai ketika Anda terpapar lingkungan pemicu (seperti udara dingin dan kering) atau gejala tersebut tidak membaik saat Anda terus berolahraga secara teratur (dan istirahat!).

Cara menikmati olahraga dengan asma dan tetap aman
Vergnaud mencatat bahwa olahraga tidak selalu berkontribusi pada asma; sebenarnya bisa membantu. Olahraga meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan aliran darah dan memompa oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Itu juga mengubah hidup Weston, yang membuat asmanya jauh lebih ringan dengan latihan interval intensitas tinggi dan latihan stop-and-start lainnya. Plus, beberapa atlet yang menderita asma, di antaranya David Beckham dan Amy Van Dyken, jadi Anda mungkin juga berhasil berolahraga dengan kondisi tersebut.

Berikut beberapa saran dari dokter:

1. Ikuti perawatan diri terkait asma secara umum
Pertama, bicarakan dengan dokter Anda tentang kondisi asma Anda dan cara mengatasinya. Menurut Vergnaud, ini mungkin memerlukan penggunaan inhaler yang diresepkan setiap hari, berhenti merokok (atau menghindari orang ketika mereka merokok, bila memungkinkan) dan hal lain yang disarankan dokter Anda dalam "rencana asma" Anda.

Dia juga menyebutkan menghindari pemicunya, bersantai saat asma Anda kambuh, olahraga dengan seseorang yang tahu Anda menderita asma, dan terlibat dalam latihan kekuatan daripada hanya aerobik.

2. Temukan latihan yang cukup intens yang Anda sukai
Latihan yang terlalu intens, kompetitif, atau ekstrem bisa menjadi resep bencana. Tapi inilah kabar baiknya: Banyak latihan dan olahraga dianggap "aman," menurut Vergnaud. Dia menyebutkan hiking, berenang, tenis, yoga, bersepeda, baseball, basket, senam, golf dan menari sebagai pilihan.

“Olahraga ketahanan dalam suhu ekstrem, seperti ski lintas alam, sepak bola, atau semua jenis acara balap jarak jauh, bisa lebih menantang, tetapi bukan tidak mungkin,” tambahnya.

3. Memantau kondisi secara perlahan dan lihat bagaimana reaksinya
Meskipun olahraga dan aktivitas tersebut umumnya baik untuk dilakukan, Anda tetap harus berhati-hati, terutama saat mencoba aktivitas yang baru.

"Setelah Anda memahami kondisi asma Anda dan yakin Anda telah mengikuti nasihat medis, olahraga dengan hati-hati dan mulai dengan sesuatu seperti berjalan kaki singkat atau bersepeda untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi," kata O'Connell.

“Seperti halnya latihan baru, bangunlah perlahan, lakukan sesuatu yang dapat dicapai dan hadiahi diri Anda sendiri dengan mengingat bahwa bahkan olahraga ringan lebih baik daripada duduk di meja atau di sofa.”

"Olahraga ngemil," alias menggerakkan tubuh Anda untuk waktu yang singkat sepanjang hari, mungkin juga menjadi pilihan yang baik.

Selain itu, O'Connell merekomendasikan berolahraga secara lokal dan membawa ponsel Anda (dan inhaler, tentu saja) dengan Anda jika terjadi sesuatu.

4. Kenali dan hindari pemicu asma Anda
Dokter Anda mungkin memberi tahu Anda beberapa faktor yang memperburuk kondisi asma Anda. Lakukan yang terbaik untuk menghindari salah satunya yang terkait dengan latihan Anda.

“Ingat bahwa hal-hal di lingkungan seperti udara dingin, serbuk sari, debu, dan asap dapat memicu asma, jadi perhatikan di mana dan kapan Anda berolahraga (misalnya, udara pagi yang dingin) dan bawa obat pereda Anda," kata O'Connell.

Jika Anda menyukai alam bebas tetapi perlu berolahraga di dalam ruangan untuk kesehatan Anda, Anda dapat menonton dan mendengarkan video lari virtual yang membuat Anda merasa seperti berada di luar.

"Asma tidak boleh diremehkan," kata O'Connell. Dia juga mendorong agar dokter Anda memperbarui kebiasaan olahraga Anda.

Saat Anda melakukan semua ini, cobalah untuk mengasihani diri sendiri, bukan mengkritik diri sendiri. Anda bukan satu-satunya yang berjuang dengan ini, dan tidak perlu malu.

Kemampuan kesehatan dan kebugaran bukanlah masalah moral yang dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih (atau kurang) “baik” atau “layak”.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

5 Bentuk Perhatian kepada Penderita Asma Akut

4 Tips Menghadapi Serangan Asma Bergejala Ringan

Fakta-fakta Penyakit Asma Menurut WHO, Tak Menular dan Tidak Bisa Disembuhkan

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Selasa, 4 Oktober 2022

Mengenal Trypophobia, Fobia Terhadap Lubang plus Penyebab serta Cara Menanganinya

Berikut ini uraian soal trypophobia atau fobia lubang yang bisa dialami siapa saja, dilengkapi penyebab, gejala dan cara menanganinya.

Bugar

Selasa, 4 Oktober 2022

Jadi Brand Evangelist KlikDokter, Aktor Refal Hady Ramaikan Run Fest Half Marathon

Aktor kondang Refal Hady hadir dalam rangkaian Road To KlikDokter Run Fest Half Marathon berupa CFD Activation di kawasan CFD FX Sudirman, Minggu (2/10/2022) lalu.

Bugar

Rabu, 5 Oktober 2022

Legenda Tenis Martina Navratilova Berbagi Pelajaran dari Rasa Takut atas Diagnosis Kanker Payudara

Legenda tenis Martina Navratilova berbicara diagnosis kanker payudara dan mendesak wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin, berbagi pelajaran dari ketakutan kesehatannya dan mengungkapkan bagaimana dia tetap positif selama perawatan.

Bugar

Rabu, 5 Oktober 2022

Perlu Tahu! Perbedaan antara Gula Tambahan, Gula Alami, dan Pemanis Buatan

Ingin mengurangi asupan gula Anda? Seorang ahli diet menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang berbagai jenis pemanis — dan bagaimana memilih dengan bijak.

Terbaru

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

Bugar

Senin, 5 Desember 2022

Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

Bugar

Minggu, 4 Desember 2022

Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

Bugar

Jumat, 2 Desember 2022

Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
X