4 Tips Redakan Pegal-Pegal setelah Beraktivitas

23 Juni 2022, 23:45 WIB
Penulis: Estu Santoso
Editor: Estu Santoso
Ilustrsi badan pegal-pegal.
Ilustrsi badan pegal-pegal. /Neorheumacyl.com

  • Ada rasa yang tak nyaman berupa pegal linu atau pegal-pegal pascaberaktivitas.
  • Rasa pegal yang dirasakan setelah melakukan banyak aktivitas adalah sangat lumrah terjadi.
  • Bahkan, itu terjadi bukan hanya pada orang yang sudah tua saja, tetapi juga berlaku yang masih berusi muda.

SKOR.id - Ada cara mengatasi pegal-pegal atau pegal linu yang dirasakan setelah melakukan sejumlah aktivitas, termasuk bekerja dan melakukan olahraga.

Skor.id mengutip dari situs resmi jamu merek Air Mancur untuk tips mengatasi persoalan ini.

Berikut ini empat tips untuk mengatasi pegal linu atau pegal-pegal pascaberaktivitas:

Berendam ataupun mandi dengan air hangat

Otot kita yang terus-menerus digerakan atau malah tidak digerakan sama sekali yang dikarenakan terlalu seringnya bekerja dibalik layar laptop tentunya menerima banyak tekanan.

Hal ini mengakibatkan otot tersebut menjadi kaku dan tegang. Untuk hal tersebut, bisa mandi ataupun berendam dengan menggunakan air hangat.

Hawa panasnya akan meresap ke kulit dan dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

Banyak minum air putih dalam keseharian

Tubuh memiliki kebutuhan air yang tinggi. Bisa saja tidak merasakan haus, tetapi bukan berarti hal tersebut menunjukan bahwa tubuh tidak membutuhkan air.

Kebutuhan cairan bisa didapatkan dengan minum air putih. Walaupun bisa diganti sebagian dengan meminum jus, makan buah, ataupun sayur.

Saat badan mulai terasa pegal-pegal, meningkatkan asupan cairan cara yang pertama kali dianjurkan.

Asupan air dan mineral dapat menutrisi otot sehingga dapat bekerja normal. Dengan begitu, ini dapat mencegah pegal-pegal ataupun pegal linu bertambah parah.

Selain mampu membantu mencegah pegal-pegal, mengonsumsi setidaknya dua liter air putih sehari air putih juga bisa menjaga kesegaran tubuh dan kulit.

Relaksasi

Kegiatan relaksasi di sini dimaksudnya kepada kelelahan yang mungkin disebabkan oleh pikiran.

Karena pikiran memang memiliki pengaruh yang kuat terhadap kondisi fisik seseorang. Stres bisa menyebabkan Anda pegal-pegal.

Maka, membuat pikiran tenang adalah cara yang paling tepat. Mulailah dengan menarik napas dari hidung dalam secara perlahan.

Kemudian, keluarkan lewat mulut secara perlahan. Jika perlu, tambahkan aroma terapi.

Latihan ini dilakukan secara rutin dan bisa membantu membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, laju pernapasan jadi lancar, dan otot yang tegang jadi relaks.

Lakukan hal ini secara berulang sampai perasaan Anda membaik.

Terapi pijat untuk meredakan pegal linu ataupun pegal-pegal

Pijat adalah hal yang mungkin pertama kali dilakukan ketika badan terasa pegal-pegal ataupun pegal linu.

Namun, untuk pijat seluruh badan mungkin akan dilakukan di rumah ataupun di panti pijat.

Saat ini banyak produk-produk pereda nyeri yang dibuat untuk menambah sensasi dalam memijat agar pegal-pegal ataupun pegalinu cepat reda.

Berita bugar lainnya:

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Terlalu Banyak Mengonsumsi Opor Ayam dan Rendang

Tiga Masalah Kesehatan yang Masih Tabu bagi Kaum Pria

Mengapa Berat Badan Saya Sangat Berfluktuasi?

 

  • Sumber: Airmancur.co.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 8 Juni 2021

    Tips Atasi Pegal-pegal setelah Bermain Game atau Mengetik

    Terlalu lama bermain game atau aktivitas lain seperti mengetik, kadang bisa mengakibatkan pegal-pegal.

    Bugar

    Selasa, 3 Mei 2022

    5 Langkah atasi Pegal-pegal saat Perjalanan Mudik maupun Balik

    Aktivitas dalam perjalanan mudik saat lebaran dalam waktu yang cukup lama rentan memicu pegal-pegal

    Bugar

    Rabu, 4 Mei 2022

    5 Cara Sederhana Mengatasi Pegal Kaki setelah Merayakan Lebaran

    Masalah pegal kaki kerap dirasakan setelah merayakan lebaran karena berbagai aktivitas yang dilakukan, seraya usai Idulfitri tahun ini, 2022.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kebiasaan Bugar Anne Hathaway agar Tetap dalam Tampilan Fisik Luar Biasa di Usia 39

    Hanya dengan sekali melihat halaman Instagram-nya, Anda dapat melihat aktris Anne Hathaway menyajikan berbagai gaya chic.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Berhubungan Seks Lebih Bergairah dengan Konsumsi Makanan Ini

    Berikut adalah makanan afrodisiak yaitu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    Kiat Kesehatan Mata: Perbaiki 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membahayakan Penglihatan

    Waspadai 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kesehatan mata menjadi buruk.

    Bugar

    Minggu, 26 Juni 2022

    5 Sayuran Terbaik untuk Hilangkan Lemak di Perut dengan Cepat

    Lemak perut bukan hanya merusak pemandangan dan sangat mempengaruhi citra diri serta kepercayaan diri seseorang, bahkan berbahaya bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Beragam Manfaat dari Daun Seledri, Salah Satunya Menjaga Tekanan Darah

    Kandungan nutrisi dalam daun seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    4 Mitos dan Fakta tentang Demam

    Berikut ini adalah empat mitos dan fakta tentang demam yang perlu Skorer ketahui.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

    Jika dibiarkan, karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut.

    Bugar

    Sabtu, 25 Juni 2022

    Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

    Cegukan adalah kondisi otot diafragma yang mengalami kontraksi.

    Bugar

    Jumat, 24 Juni 2022

    Lima Cara Mencegah Stroke, Mudah tapi Sering Diabaikan

    Berikut adalah enam cara mencegah stroke yang sebenarnya mudah tapi sering diabaikan.
    X