5 Cara Menghilangkan Stres dalam 5 Menit atau Kurang

15 Maret 2022, 19:35 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang menghirup udara bebas sambil menikmati pemandangan alam, bisa menjadi solusi untuk mengurangi kadar stres.
Ilustrasi seseorang menghirup udara bebas sambil menikmati pemandangan alam, bisa menjadi solusi untuk mengurangi kadar stres. /Pixabay.com

  • Ragam cara untuk menjaga level stres: tidur, yoga, atau bersama keluarga.
  • Tapi, stres tidak bisa serta merta menghilang saat muncul secara tiba-tiba.
  • Diperlukan manajemen stres untuk mengatasi stres dengan cara yang sehat.

SKOR.id - Rutinitas tidur yang menenangkan, latihan yoga restoratif, serta menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan teman sangat membantu dalam menjaga tingkat stres.

Tetapi Anda tidak dapat serta merta keluar dari situasi stres yang muncul ketika Anda tahu bahwa Anda telah ketinggalan penerbangan, menerima email penuh semangat dari rekan sekerja, atau mesin pencuci piring yang tiba-tiba rusak.

Anda tahu perasaan itu: Jantung Anda mulai berpacu, telapak tangan berkeringat, dan pada akhirnya perasaan kewalahan mengambil alih.

Bagaimana Anda kembali ke perasaan normal secepat mungkin?

“Manajemen stres sangat penting untuk membantu Anda mengatasi stres dengan cara yang sehat,” kata Melissa Dowd, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan pemimpin terapi yang berbasis di San Francisco di PlushCare, platform kesehatan virtual.

"Sangat penting untuk mengakui perasaan dan memanfaatkan strategi koping."

Jika tidak, stres bisa menjadi kronis, yang dapat membahayakan kesehatan dan merugikan tubuh Anda baik secara fisik maupun mental, kata Dowd, menambahkan bahwa itu dapat menyebabkan gejala seperti energi rendah dan sakit kepala atau akhirnya berkontribusi pada kondisi lebih serius seperti penyakit autoimun, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau obesitas.

Berikut adalah lima teknik cepat yang bisa membantu Anda memutus siklus stres pada saat yang memakan waktu lima menit (atau kurang), sehingga Anda dapat menenangkan diri, memfokuskan kembali, dan menjalani hari Anda.

1. Ambil Beberapa Napas Dalam
“Ada hubungan yang sangat erat antara nafas dan tubuh,” kata Michelle Dossett, MD, PhD, asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School dan asisten dokter dan peneliti klinis di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Massachusetts.

Ketika Anda stres, pernapasan Anda mungkin akan menjadi lebih cepat, yang meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung, menurut American Heart Association.

“Tetapi ketika pernapasan Anda kembali tenang dan terukur, tubuh Anda juga akan menjadi tenang,” kata Dossett. "Saya telah melihat pasien mengatasi serangan panik dengan menggunakan pernapasan diafragma untuk mengubah kondisi mental mereka."

Cobalah teknik pernapasan diafragma cepat ini dari Klinik Cleveland:

  • Duduklah dengan nyaman di kursi dengan lutut ditekuk dan bahu, kepala, dan leher Anda rileks. Letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada.
  • Bernapaslah perlahan melalui hidung Anda sehingga perut Anda bergerak keluar melawan tangan Anda. Tangan di dada Anda harus tetap sediam mungkin.
  • Buang napas, kencangkan otot perut Anda dan biarkan mereka jatuh ke dalam saat Anda mendorong udara keluar melalui bibir yang mengerucut. Tangan di dada bagian atas Anda harus tetap sediam mungkin. “Pernapasan dengan bibir yang mengerucut dapat membantu memperlambat napas Anda dan memasukkan lebih banyak udara ke paru-paru Anda, terutama jika Anda merasa sesak napas karena stres,” kata Kelley Green, seorang pelatih mindfulness yang berbasis di Brooklyn, New York.

2. Melangkah ke Luar
Cara instans lainnya untuk menghilangkan stres adalah dengan merangkul alam bebas, kata Holly Schiff, PsyD, seorang psikolog klinis di Greenwich, Connecticut. “Melangkah di alam pasti sangat membantu,” katanya. Dan, studi mendukung ini.

Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2014 pada jurnal Environment and Behavior menemukan bahwa orang yang hanya melihat gambar pohon dilaporkan merasa kurang stres.

Ini bekerja dalam beberapa cara. Lingkungan alami dapat secara otomatis menarik perhatian seseorang sambil memunculkan perasaan senang, menurut artikel Oktober 2014 yang diterbitkan di Frontiers in Psychology.

Orang-orang cenderung terpikat oleh alam, dan asyik dengan alam bebas dapat mengalihkan pikiran Anda dari apa pun yang mengganggu Anda, menurut University of Minnesota.

Menatap pohon dan alam hijau bisa membantu menenangkan perasaan cemas.
Menatap pohon dan alam hijau bisa membantu menenangkan perasaan cemas. Pixabay.com

3. Buat catatan
Memiliki banyak hal yang harus dilakukan (terutama jika ada tekanan waktu, kadang-kadang dapat membuat orang mengalami stres dan kecemasan. Dalam hal ini, dapat membantu untuk menuliskan semua yang ada dalam rencana Anda, menurut Queensland Health.

“Menyingkirkan hal-hal yang harus dilakukan dari kepala Anda dan ke selembar kertas bisa sangat membantu orang-orang,” kata Dr. Dossett. Ini dapat membantu Anda memprioritaskan dan fokus pada apa yang ada di depan Anda, daripada merasa cemas bahwa ada sesuatu yang akan lolos.

4. Aplikasi Meditasi
Meditasi dapat membawa rasa tenang, damai, dan seimbang – yang sangat membantu pada saat-saat ketika Anda merasakan sesuatu selain ketenangan, menurut Mayo Clinic.

Hal yang hebat terkait meditasi adalah Anda dapat melakukannya di mana pun Anda berada.

Jika Anda baru memulai, meditasi terpandu dapat membantu mengalihkan perhatian Anda dari kekacauan pikiran yang membuat stres di kepala Anda.

Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi. Green merekomendasikan  Calm and Headspace serta channel Great Meditation di YouTube. "Itu semua adalah latihan yang bagus untuk membantu latihan Anda, terutama jika Anda baru mengenalnya," katanya.

Uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan pada Juni 2019 di JMIR mHealth uHealth telah meminta para mahasiswa menggunakan aplikasi Calm. Para siswa melaporkan penurunan tingkat stres mereka setelah delapan minggu menggunakannya selama 38 menit per minggu (sedikit lebih dari lima menit per hari).

Meditasi bisa membantu Anda tenang dan mendapatkan perspektif, menurut American Heart Association. Mungkin Anda akan memutuskan bahwa hal yang membuat Anda berputar-putar bukanlah masalah besar.

5. Bermain
Rangkullah jiwa anak-anak Anda dan bermainlah dengan fidget spinner - yang secara harfiah sering diartikan sebagai pemutar kecemasan - atau stress ball ketika stres membuat Anda menjadi pemarah, saran Queensland Health.

Mainan sederhana ini mungkin tampak lebih cocok untuk perangkat sekolah menengah, tapi memainkan bola stres dan meremasnya dengan keras dapat mematahkan rangkaian pemikiran yang membuat stres, dan reaksi yang sama juga berlaku untuk fidget spinner.

“Apa pun yang mengalihkan perhatian Anda dan mengalihkan fokus Anda dapat meredakan stres,” kata Alka Gupta, MD, seorang dokter penyakit dalam dan kedokteran integratif di Washington. "Ini memperkenalkan istirahat yang bagus ke hari yang penuh tekanan."***

Berita Bugar Lainnya:

8 Tanaman Hias Terbaik yang Anda Butuhkan untuk Memerangi Stres dan Depresi

5 Penyakit yang Muncul Akibat Terlalu Stres

4 Hal yang Mudah Dilakukan agar Bisa Mengendalikan Stres dan Kecemasan

  • Sumber: Everyday Health
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 13 Maret 2022

    8 Kebiasaan Sehat untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

    Jerawat bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat, termasuk membersihkan wajah secara rutin dan cukup tidur.

    Bugar

    Minggu, 13 Maret 2022

    Mengapa Masturbasi Membantu Kinerja Fisik Atlet?

    Masturbasi, secara individu maupun pasangan, bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik, juga membantu atlet untuk tampil lebih baik?

    Bugar

    Senin, 14 Maret 2022

    Hari Glaukoma Sedunia: Penyakit Apa Ini dan Bagaimana Efeknya Terhadap Kesehatan Mata Anda?

    Glaukoma, bahkan dianggap sebagai penyebab utama kebutaan di dunia, karena merupakan penyakit yang praktis tidak dapat diubah.

    Bugar

    Senin, 14 Maret 2022

    Overtraining: Gejala Terlalu Banyak Olahraga dan Pengaruhnya bagi Tubuh

    Sindrom overtraining ini adalah gangguan neuroendokrin yang akhirnya mengembangkan kelelahan umum di tubuh Anda.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

    Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

    Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

    Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

    Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

    Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

    Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

    Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

    Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

    Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.

    Bugar

    Kamis, 30 Juni 2022

    Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

    Ketika anak remaja Anda memberi tahu Anda sesuatu yang mengkhawatirkan tentang seorang teman, haruskah Anda menelepon orang tuanya? Inilah saatnya untuk masuk, kata para ahli.
    X