5 Cara untuk Termotivasi Diri saat Anda Terjebak dalam Rutinitas

5 Agustus 2022, 21:35 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi alarm pada ponsel yang terus berdering pada pukul 06.15 pagi.
Ilustrasi alarm pada ponsel yang terus berdering pada pukul 06.15 pagi. /Pixabay.com

  • Banyak orang terjebak dalam rutinitas dan tidak mampu melakukan segala sesuatunya dengan benar.
  • Sementara, orang lain justru melakukan dan mencapai banyak hal dalam waktu yang sama, tanpa merasa terjebak.
  • Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantu memotivasi diri Anda.

SKOR.id - Anda tahu tipenya: bangun jam 6.00 pagi, berlari cepat 10K sebelum membuat sarapan untuk anak-anak yang layak masuk Instagram, sekaligus bekerja meluncurkan perusahaan lain, menghabiskan malam memeriksa bir yang dia buat di ruang bawah tanah.

Namun orang tersebut sama sekali tidak merasakan kelelahan. Sementara, terlalu banyak hari berlalu begitu saja ketika Anda terjebak dalam rutinitas.

Anda bahkan tidak sanggup mempersiapkan segala sesuatunya sambil melihat orang lain melaju kencang di dekat Anda. Anda juga tidak dapat mengerahkan kekuatan untuk melakukan apa pun yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Di mana itu, kemana pun langkah akan membawa Anda – atau tidak – saat ini, beberapa langkah sederhana berikut ini mungkin dapat meningkatkan motivasi Anda.

01. Lakukan Sesuatu – Apapun Itu!
Mengemudi bukanlah sesuatu yang hanya dimiliki oleh orang yang beruntung, seperti rambut yang bagus atau kaki yang cepat.

Faktanya, siapa pun dapat mengembangkan dorongan (atau motivasi – para ahli menggunakannya secara bergantian) jika Anda tahu cara melakukannya.

"Orang sering menganggap motivasi dan dorongan layaknya nyala api besar yang terjadi jika Anda mengambil cairan yang lebih ringan dan menyemprotkannya ke seluruh panggangan," kata Steve Magness, rekan penulis buku Peak Performance.

"Cara lain untuk berpikir tentang mengemudi adalah Anda mendapatkan beberapa batu bara, menyalakan api, dan membiarkannya perlahan terbakar. Itu memungkinkan kami untuk mempertahankan dan memasak apa pun yang kami coba masak."

James Clear, penulis Atomic Habits, menulis bahwa 'salah satu hal yang paling mengejutkan tentang motivasi adalah motivasi itu muncul setelah memulai perilaku baru, bukan sebelumnya'.

Dengan kata lain, Anda tidak termotivasi, lalu melakukan sesuatu. Anda melakukan sesuatu, dan itu membuat Anda termotivasi. 'Memulai, bahkan dengan cara yang sangat kecil...  secara alami menghasilkan momentum,' tulisnya.

Jika memulai, bahkan dengan cara yang sangat kecil, terasa seperti apa pun mulai dari masalah kecil hingga hambatan besar, ia menyarankan untuk membuat beberapa langkah pertama begitu mudah sehingga Anda tidak membuang energi untuk memikirkannya.

Jadi, alih-alih menunggu sampai Anda merasa ingin merombak profil LinkedIn Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan, luangkan waktu 10 menit untuk bermain-main dengan entri pertama.

Alih-alih bermaksud kembali ke tubuh Anda yang paling kurus, mulailah dengan merencanakan apa yang akan Anda makan untuk sarapan hampir setiap hari dan membeli bahan-bahannya.

02. Runtuhkan Semua Rintangan
Bahkan atlet pro terkadang kesulitan untuk memulai, kata Magness, yang pernah bekerja dengan beberapa pemain NBA dan bintang Olimpiade.

“Apa yang menyelamatkan para atlet tersebut adalah bahwa lingkungan mereka telah diatur dengan cara yang menurunkan standar – ada lebih sedikit energi aktivasi yang diperlukan untuk keluar dari pintu.”

Mereka memiliki pelatih yang merancang latihan dan mitra pelatihan mereka pun bergantung pada mereka untuk muncul. Sistem mereka diatur untuk meminimalkan rintangan. Anda dapat melakukan hal yang sama.

Selama periode ketika Magness mengatakan dia bekerja terlalu banyak, lalu dia menemukan alasan untuk tidak berolahraga, dia menambahkan lima menit ke perjalanan malamnya untuk pergi ke taman tempat dia suka berlari.

Pilihan yang mudah adalah mengambil jalan pulang lebih cepat. Tetapi, menyingkir beberapa menit dan melihat sepatu larinya di kursi penumpang, dia melepaskan penghalang untuk berlari.

"Sepertinya otak Anda melihat berlari sebagai keputusan yang lebih mudah sekarang. Sinyal itu mengundang Anda untuk mengambil tindakan tersebut, dan Anda tidak perlu memikirkannya," katanya.

03. Jangan Takut Ganti Pilihan
"Pandemi mengubah kehidupan hampir semua orang, membuat jutaan orang mengevaluasi kembali dan mengklarifikasi apa yang penting, esensial, atau yang bermakna dalam hidup mereka - yang mungkin tidak menaiki tangga perusahaan," kata James Diefendorff, profesor psikologi industri/organisasi di Universitas Akron.

Apa yang membuat Anda bersemangat, dapat menjadi target bergerak, karena kita menjadi tertarik pada hal-hal yang berbeda dan mengembangkan nilai-nilai yang berbeda selama hidup kita, tambahnya.

Untuk memahami yang Anda pedulikan, coba pikirkan apa yang terjadi di hari-hari terbaik Anda – apa yang memberi Anda energi dan kegembiraan.

Jika Anda tidak ingin berganti pekerjaan atau tujuan untuk merasakan dorongan lagi, "coba menyusun hari Anda untuk memastikan bahwa beberapa dari aktivitas 'hari terbaik' itu, dapat dialami setidaknya beberapa kali," kata Profesor Diefendorff.

04. Buat Tujuan Mikro
David Zald telah menyaksikan motivasi mati. Dia adalah direktur Pusat Penelitian Pencitraan Otak Manusia Tingkat Lanjut di Rutgers Brain Health Institute, dan penelitiannya menemukan bahwa itu terjadi ketika beban kerja Anda terlalu tinggi atau imbalannya terlalu bertolak belakang.

Solusi yang jelas adalah memecah tujuan besar itu menjadi tugas-tugas yang lebih kecil. "Di bawah sasaran Anda terdapat subsasaran, yang masing-masing memiliki subsasarannya sendiri, yang mengalir hingga ke perilaku tertentu," kata Profesor Diefendorff.

Sasaran yang lebih dekat ke puncak hierarki menjelaskan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan mencerminkan nilai-nilai Anda, dan sasaran yang lebih jauh ke bawah hierarki menjelaskan bagaimana tujuan itu akan tercapai, katanya.

Subtujuan memberi Anda tugas untuk berhasil di sepanjang jalan, yang membantu membuat tujuan jangka panjang, lebih mudah untuk dikelola. Omong-omong, merasa seperti Anda membuat kemajuan, juga memberi dorongan bagi Anda.

Jadi, di bawah sasaran tingkat atas 'ambil semua cuti tahunan saya tahun ini', subtujuannya mungkin: 'mempersempit opsi Airbnbs hanya dua,' lalu 'pilihan email ke teman', dan terakhir, 'pesan'.

Jika Anda merasa tidak semangat untuk berlari sejauh 15 mil, Dr Zald menyarankan untuk berjanji pada diri sendiri bahwa Anda mungkin akan berlari sejauh satu mil, lalu istirahat, dan ulangi pola itu sampai Anda selesai.

5. Hentikan Satu Langkah Lebih Pendek
Jika Anda bersemangat, Anda selalu mendorong diri sendiri dengan keras . Penulis Magness's Peak Performance, pelatih kinerja Brad Stulberg, ingin mengubah pikiran Anda tentang itu.

Dalam buku barunya, The Practice Of Groundedness, ia menyatakan bahwa "siapa pun dapat menghancurkan diri mereka sendiri atau melakukan exercise yang layak masuk Instagram sepanjang malam. Yang sulit adalah mempertahankan drive itu lebih lama."

Untuk mempertahankannya secara kontinyu, 'Paksa diri Anda untuk menghentikannya setara satu repetisi pendek, hari demi hari. Lakukan semua menjadi sedikit lebih lambat hari ini sehingga Anda dapat pergi lebih cepat besok. Tutup laptop jam 6 sore, bukan jam 7 malam. Duduklah yang benar untuk makan siang. Berkendaralah dengan energi yang berkelanjutan. Dan, makan dengan benar.***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Malas Olahraga, 7 Tips Ini Bisa Jadi Motivasi Memulai Latihan

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: menshealth.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 4 Agustus 2022

    Mengenal Manfaat Kacang Panjang, Menjaga Kesehatan Jantung Salah Satunya

    Berikut Skor.id merangkum beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi kacang panjang.

    Bugar

    Jumat, 5 Agustus 2022

    5 Bentuk Perhatian kepada Penderita Asma Akut

    Berikut ini lima bentuk perhatian yang dapat Skorer berikan kepada penderita asma akut.

    Bugar

    Kamis, 4 Agustus 2022

    Skortips: Latihan agar Dapat Menggiring Bola dengan Cepat

    Skortips berikut ini menyajikan bagaimana tips untuk berlari cepat dengan bola.

    Bugar

    Jumat, 5 Agustus 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Cabai Rawit

    Cabai rawit adalah buah dari tanaman cabai Capsicum, terkenal karena rasanya yang pedas.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

    Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.
    X