5 Langkah atasi Pegal-pegal saat Perjalanan Mudik maupun Balik

3 Mei 2022, 21:30 WIB
Penulis: Estu Santoso
Editor: Estu Santoso
Ilustrsi badan pegal-pegal.
Ilustrsi badan pegal-pegal. /Neorheumacyl.com

  • Pada liburan lebaran tahun ini, aktivitas mudik kembali diperbolehkan.
  • Banyak pemudik mengendarai kendaraan pribadi maupun umum menuju kampung halaman dalam aktivias mudik mereka.
  • Ada beberapa hal yang menganggu para pemudik, termasuk rasa pegal di badan setelah mengemudi ataupun selama berada di kendaraan saat mudik.

SKOR.id - Aktivitas dalam perjalanan mudik saat lebaran dalam waktu yang cukup lama rentan memicu pegal-pegal.

Keluhan ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, khususnya leher, punggung, pinggang, lengan, dan lutut.

Jika merasa pegal-pegal saat perjalanan mudik, seharusnya segera diatasi jika tak ingin berlarut.

Pegal di badan saat perjalanan mudik bisa terjadi karena otot tidak mendapatkan cukup aliran darah serta sendi yang kaku akibat duduk terlalu lama.

Lalu, efek sedikit bergerak, atau menopang tas yang terlalu berat. Keluhan ini cukup umum dialami oleh para pemudik.

Alodokter memberikan tips mengatasi mengatasi pegal-pegal selama di perjalanan.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pegal linu saat perjalanan mudik, yaitu:

1. Ubah posisi duduk

Posisi duduk yang terlalu tegak, membungkuk, atau bertumpu pada salah satu sisi bahu serta lutut yang ditekuk bisa membuat otot tubuhmu kaku dan terasa pegal-pegal.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya ubahlah posisi dudukmu. Turunkan sandaran kursi sesuai dengan kenyamanan punggungmu, setidaknya sampai 40 derajat.

Luruskan kaki dan gunakan bantal leher atau bantal kecil untuk meyangga pinggang agar bisa duduk dengan nyaman.

Posisi ini juga tergolong aman jika kamu ingin tidur sambil duduk. Selain itu, kamu disarankan untuk tidak menopang tas yang berat di atas paha.

Taruhlah tas di bagasi atau tempat penyimpanan barang yang telah disediakan oleh penyedia jasa transportasi.

2. Lakukan peregangan ringan

Untuk mengurangi pegal-pegal selama perjalanan, kamu bisa melakukan peregangan ringan di kursi tempat dudukmu.

Beberapa gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Putar perlahan leher ke arah atas dan bawah secara bergantian. Gerakan ini bisa mengurangi ketegangan pada leher dan bahu.

Duduk tegak dan rapatkan posisi kaki, tarik napas, kemudian putar tubuh hingga menghadap ke sisi kanan lalu sebaliknya.

Pastikan posisi bahu tetap sejajar. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan tulang belakang dan melancarkan peredaran darah.

Putar-putar bahu ke arah depan dan belakang selama beberapa kali. Gerakan ini dapat menenangkan otot-otot bahu dan lengan.

Jika kamu pergi mudik dengan mobil atau bus yang punya waktu berhenti dari perjalanan, manfaatkan momen ini untuk berjalan-jalan di sekitar tempat pemberhentian, agar pegal-pegal pada kaki mereda.

3. Berikan pijatan

Memijat sendiri untuk mengatasi pegal-pegal selama perjalanan mudik. Caranya, tekan kuat dengan jarimu bagian tubuh yang terasa pegal.

Kemudian, gerakan jari secara lembut dengan memutar dan ulangi pada arah yang berlawanan. Pijatan ini bisa kamu lakukan selama 3–5 menit.

Selain meringankan pegal linu, memberikan pijatan juga bisa membantu meredakan stres akibat kemacetan dan rasa cemas akan keselamatan di jalan.

4. Kompres hangat

Kompres hangat akan membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga otot dan sendi yang tadinya kaku bisa lebih rileks.

Kamu dapat memanfatkan handuk yang sudah direndam air hangat atau botol minum yang diisi air hangat, lalu letakkan kompres pada bagian tubuh yang terasa pegal.

Untuk mendapatkan air panas di tengah perjalanan mudik dengan pesawat atau kereta, bisa meminta bantuan kepada staf yang bertugas melayani penumpang.

Jika mudik dengan mobil atau bus, kamu bisa mendapatkan air panas di kios tempat peristirahatan.

5. Oleskan krim pegal linu

Krim pegal linu bisa membantu meredakan peradangan dan pegal-pegal sementara waktu di tengah perjalanan mudik.

Jika rasa pegal tak kunjung hilang, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Namun, pastikan minum obat sesuai pejuntuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter.

Berita bugar lainnya:

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Terlalu Banyak Mengonsumsi Opor Ayam dan Rendang

Tiga Masalah Kesehatan yang Masih Tabu bagi Kaum Pria

Mengapa Berat Badan Saya Sangat Berfluktuasi?

Tag

Video

Berita Terkait

Lain - lain

Sabtu, 24 Juli 2021

Menpora Ungkap Ada Atlet Indonesia yang 4 Tahun Tak Mudik demi Ikut Olimpiade

Menpora Zainudin Amali bercerita soal adanya atlet yang 4 tahun tak pulang ke rumah karena ingin ikut Olimpiade Tokyo.

Dunia

Senin, 28 Februari 2022

Kiper Kelahiran Ceko akan Mudik, Timnas Vietnam Bakal Makin Solid

Jika tidak ada perubahan, kiper berbakat keturunan Vietnam-Ceko akan kembali ke Vietnam pada pertengahan Mei 2022.

Lain - lain

Sabtu, 30 April 2022

Atlet Indonesia Tak Mudik dan Jaga Prokes Jelang Keberangkatan SEA Games 2021

Kondisi kesehatan atlet menjadi salah satu perhatian serius CdM Indonesia, Ferry J Kono jelang keberangkatan SEA Games 2021.

Liga 1

Minggu, 1 Mei 2022

Cerita Bek Persib yang Akhirnya Bisa Pulang Kampung setelah Dua Tahun Tak Mudik

Persib memang memperbolehkan pemainnya mudik, sebab baru akan memulai persiapan untuk musim 2022-2023 setelah Idulfitri.

Terbaru

Bugar

Senin, 4 Juli 2022

Alasan Makan Apel di Pagi Hari Lebih Baik daripada Minum Kopi

Ternyata, makan apel pada pagi hari lebih baik ketimbang meminum secangkir kopi.

Bugar

Senin, 4 Juli 2022

Apakah Anak Anda Menderita Kecanduan Game? Kenali Tanda-tanda Awal Ini

Baik itu perilaku anti-sosial atau peningkatan waktu di depan layar, ada beberapa tanda awal untuk mengetahui apakah anak Anda adalah pecandu game.

Bugar

Senin, 4 Juli 2022

Berikut 7 Bukti Sains bahwa Teh Serai Harus Jadi Bagian dari Diet Anda

Teh serai adalah minuman yang tidak hanya menenangkan, tetapi juga menawarkan manfaat yang luar biasa. Berikut adalah delapan alasan mengapa Anda harus minum teh serai secara teratur.

Bugar

Minggu, 3 Juli 2022

7 Kudapan Protein yang Bisa Tingkatkan Massa Otot

Terdapat beberapa kudapan atau snack yang dapat meningkatkan massa otot.

Bugar

Minggu, 3 Juli 2022

Tak Boleh Asal, Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Memakai Obat Kumur

Obat kumur baik untuk menjaga kesehatan mulut, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Bugar

Minggu, 3 Juli 2022

Cara Sederhana untuk Melindungi Diri dari Gangguan Pendengaran

Menurut WHO sekitar 1,5 miliar orang hidup dengan gangguan pendengaran.

Bugar

Minggu, 3 Juli 2022

Deretan Manfaat Tahu yang Jarang Diketahui

Selain rasanya yang enak, tahu juga mengandung banyak manfaat nutris.

Bugar

Sabtu, 2 Juli 2022

Kenali 5 Bahan Rumahan yang Tak Terbukti Efektif Hilangkan Karang Gigi

Kenali lima bahan yang tidak terbukti bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Bugar

Sabtu, 2 Juli 2022

5 Dampak yang Bisa Timbul karena Mengonsumsi Obat Sembarangan

Mengonsumsi obat secara sembarangan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Bugar

Sabtu, 2 Juli 2022

Mandi Air Dingin vs Air Panas, Ini Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah perbandingan manfaat antara mandi air dingin vs mandi air hangat untuk kesehatan tubuh.
X