5 Makanan Anti-Penuaan yang Membuat Tubuh Sehat dan Kulit Menjadi Glowing

17 September 2022, 11:30 WIB
Penulis: Igor Hakim
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi buah pepaya untuk menurunkan berat badan.
Ilustrasi buah pepaya untuk menurunkan berat badan. /(Pixabay.com)

  • Kulit yang indah dan bercahaya dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti-penuaan ini juga dapat membantu lebih dari itu.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting berpengaruh pada kesehatan kulit.
  • Ada sederet makanan anti-penuaan terbaik untuk menyehatkan tubuh dari dalam.

SKOR.id - Kulit yang indah dan bercahaya dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti-penuaan ini juga dapat membantu lebih dari itu.

Ketika mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting, tubuh akan menunjukkan penghargaannya melalui organ terbesarnya, yaitu: kulit.

Kulit sering kali merupakan bagian pertama dari tubuh yang menunjukkan masalah internal, dan tidak banyak yang bisa dilakukan oleh losion, krim, masker, dan serum sebelum kita perlu melihat lebih dekat apa pemicunya.

Para peneliti bahkan telah menyimpulkan bahwa makan buah-buahan dan sayuran adalah cara teraman dan paling sehat untuk memerangi kulit kusam dan garis-garis halus.

Siap untuk mendapatkan kulit glowing? Berikut adalah deretan makanan anti-penuaan terbaik untuk menyehatkan tubuh dari dalam.

1. Selada Air

Manfaat selada air untuk kesehatan tidak mengecewakan. Hijau berdaun padat nutrisi yang menghidrasi ini adalah sumber yang bagus untuk:

  • Kalsium
  • Kalium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Vitamin A, C, K, B-1, dan B-2

Selada air bertindak sebagai antiseptik kulit internal dan meningkatkan sirkulasi serta pengiriman mineral ke semua sel tubuh. Ini menghasilkan peningkatan oksigenasi kulit.

Dikemas dengan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air dapat menetralkan radikal bebas berbahaya, membantu menjaga garis-garis halus dan kerutan.

2. Paprika Merah

Paprika merah sarat dengan antioksidan yang sangat penting dalam hal anti-penuaan. Selain kandungan vitamin C yang tinggi – yang baik untuk produksi kolagen – paprika merah mengandung antioksidan kuat yang disebut karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen tumbuhan yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan oranye terang yang Anda lihat di banyak buah dan sayuran.

Mereka memiliki berbagai sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

3. Pepaya

Makanan super lezat ini kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Ini mengandung:

  • Vitamin A, C, K, dan E
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Vitamin B

Berbagai macam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik dari alam. Ini juga ditemukan di banyak produk exfoliating.

Jadi ya, makan pepaya (atau menggunakan produk yang mengandung papain) dapat membantu tubuh melepaskan sel-sel kulit mati, membuat Anda memiliki kulit yang bercahaya dan cerah.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan anti penuaan yang disebut anthocyanin. Inilah yang memberi blueberry warna biru yang dalam dan indah.

Antioksidan kuat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan memoderasi respons peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

5. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga anti-inflamasi, anti-penuaan yang dikemas dengan: 

  • Vitamin C dan K
  • Berbagai antioksidan
  • Serat
  • Folat
  • Lutein
  • Kalsium

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

Baca Juga Artikel Wellness Lainnya:

Dampak Buruk Terlalu Sering Tidur Larut Malam, Salah Satunya Menurunkan Gairah Seks

Apakah Minyak Bunga Matahari Baik untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya

  • Sumber: healthline
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 15 September 2022

    Carlos Alcaraz Tidak Suka Diet Ketat, Dia Melahap Semuanya: Ikan, Pasta, Hamburger, Pizza, Kebab

    Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz, yang telah menjadi nomor 1 dunia ini biasanya memanjakan dirinya dari waktu ke waktu untuk menikmati diet dan junk food kesukaannya.

    Bugar

    Rabu, 14 September 2022

    5 Makanan Plus Satu Minuman yang Bisa Dicoba untuk Mendapat Kulit Mulus dan Sehat

    Berikut ini berbagai asupan yang bisa membantu Skorer mendapat kulit mulus dan sehat.

    Bugar

    Kamis, 15 September 2022

    Manfaat Mengonsumsi Beras Ungu untuk Kesehatan Tubuh

    Ada sederet nutrisi yang terkandung pada beras ungu.

    Bugar

    Kamis, 15 September 2022

    Tanda-tanda Anda Menua Lebih Cepat dari Seharusnya

    Penuaan adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat kita lakukan apa-apa, tetapi kita dapat memperlambat atau mempercepatnya tergantung pada pilihan gaya hidup dan kebiasaan kesehatan kita.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X