5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama oleh Ayah dan Anak

20 Juni 2022, 21:05 WIB
Editor: Pradipta Indra Kumara
Ilustrasi ayah dan anak olahraga bersama
Ilustrasi ayah dan anak olahraga bersama /Grafis Joevi Arnanda/Skor.id

  • Berikut Olahraga yang bisa dilakukan ayah dan anak secara bersama.
  • Olahraga anak dan ayah secara bersamaan memiliki banyak manfaat.
  • Selain menyehatkan, juga dapat mempererat kedekatan psikologi ayah dan anak.

SKOR.id - Tak bisa dimungkiri, dengan berolahraga maka tubuh bisa menjadi lebih sehat. Tentunya dengan program yang tepat.

Ada yang senang berolahraga sendiri, tapi ada juga yang suka berolahraga bersama dengan sahabat, kekasih, atau bahkan keluarga.

Contohnya olahraga bisa dilakukan oleh ayah dan anak. Selain bisa menambah kebugaran, dengan cara ini juga bisa membangun quality time sehingga mempererat kedekatan psikologi antara ayah dan anak. Karena sambil berolahraga, sang anak bisa berdiskusi juga dengan ayahnya tentang apapun.

Olahraga yang bisa dilakukan bersamaan antara ayah dan anak ini pun bervariasi. Bisa juga ayahnya memberikan pilihan kepada anaknya ingin melakukan jenis olahraga seperti apa.

Skor.id pun mencoba mengulas berbagai olahraga yang bisa dilakukan ayah dan anak secara bersama. Berikut paparannya:

Bersepeda

Olahraga bersepeda menjadi semakin marak pada masa pandemi Covid-19. Aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda dapat membantu anak untuk sejenak meninggalkan gadget-nya dan menemukan kesenangan yang nyata lewat interaksi langsung dengan ayahnya maupun lingkungan sekitar. 

Sambil bersepeda, juga bisa diselingi dengan obrolan yang mengasyikan sambil melihat pemandangan sekitar. Dari situ bisa tercipta sebuah komunikasi yang berkualitas. Saat bersepeda, juga harus diutamakan soal keselamatan. Misalnya, jangan lupa untuk menggunakan helm sepeda.

Rafael Nadal mengajak Toni dan Joan Nadal shopping dengan bersepeda santai.
Rafael Nadal mengajak Toni dan Joan Nadal shopping dengan bersepeda santai. Instagram @puepppy

Jenis helm sepeda pun bermacam-macam. Ada yang hanya sekadar helm biasa. Ada pula helm yang ditambahkan dengan aksesoris seperti kaca mata. Berbagai macam helm tersebut tersedia di sini.

Sepeda yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya adalah jenis sepeda road bike yang memang digunakan untuk kondisi bersepeda di jalan raya. Sepeda khusus untuk anak-anak juga harus diperhatikan. Terlebih bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 5 tahun. Contohnya, seperti sepeda beroda tiga yang aman digunakan untuk anak-anak di usia tersebut.

Bukan hanya helm dan sepeda, gaya berpakaian dalam bersepeda juga menarik untuk didiskusikan antara ayah dan anak. Untuk baju sepeda anak, bisa melihat di sini. Sedangkan pakaian bersepeda bagi sang ayah, ada banyak variasinya yang bisa didapatkan di link ini.

Badminton

Bermain badminton atau bulu tangkis sudah menjadi salah satu kegemaran masyarakat Indonesia. Prestasi atlet-atlet Indonesia di pentas dunia semakin memengaruhi minat masyarakat untuk berolahraga bulu tangkis.

Olahraga ini juga bisa dimainkan secara bersamaan oleh ayah dan anak. Selain mudah mencari lapangan bermainnya, juga harga perlengkapannya relatif bisa terjangkau. 

Raket, misalnya. Menggunakan raket yang tepat dan baik pastinya bakal menambah kualitas dari bermain badminton. Dan jika tidak ada shuttlecock, pastinya permainan bulu tangkis tidak bisa dimainkan. Maka itu, dibutuhkan shuttlecock yang kualitasnya baik pula agar permainan bisa berjalan menarik. 

Selain itu, sepatu bulu tangkis yang baik juga mampu menunjang penampilan dalam bermain badminton. Ada yang harganya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah seperti yang tertera dalam daftar ini.

Basket

Bermain basket menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat bagi ayah dan anak dalam membangun kedekatan. Selain sudah cukup banyak lapangan basket yang bisa digunakan secara free, bisa juga bermain dengan hanya bermodalkan bola basket yang juga ada khusus untuk anak-anak serta memasang ring basket portable di halaman rumah tanpa standar lapangan sesuai aturan permainan yang berlaku.

Kurang lengkap tampaknya jika bermain bola basket tanpa memperhatikan style dalam berpakaian. Untuk style jersey dan celana basket biasanya ukurannya yang gombrong alias longgar.

Cover artikel basket.
Cover artikel basket. (Grafis: M. Yusuf/Skor.id)

Berenang

Berenang juga bisa menjadi salah satu olahraga alternatif yang bisa dilakukan secara bersamaan oleh ayah dan anak. Bahkan, sang ayah bisa mengajarkan anaknya sejak dini untuk berenang. Pelampung juga bisa digunakan bagi anak-anak yang baru belajar berenang. Dari situ, kedekatan secara psikologi juga akan semakin terbangun. 

Olahraga ini juga semakin banyak digemari oleh anak-anak lantaran saat ini di berbagai tempat penyewaan kolam renang diselipkan berbagai fasilitas seperti perosotan, yang juga bisa menambah adrenalin saat berenang. Kaca mata renang juga diperlukan untuk melindungi mata saat ingin menyelam lebih dalam lagi di dalam kolam renang.

Bahkan, jika tidak ingin berenang di tempat fasilitas umum dan hanya ingin simpel berenang di rumah, Anda juga bisa menyediakan fasilitas renang untuk anak-anak dengan membeli kolam karet. Tentunya, itu akan lebih memudahkan dan biayanya masih terjangkau serta bisa digunakan berkali-kali.

Agar lebih bersemangat, pilihkan baju renang yang terbaik bagi anak-anak Anda. Tidak perlu mahal, yang penting nyaman dipakai.

Ilustrasi renang artistik nomor campuran putra dan putri.
Ilustrasi renang artistik nomor campuran putra dan putri. (instagram.com/usaartisticswimming/)

Inline Skates

Bermain sepatu roda juga menjadi kegemaran anak-anak masa kini. Salah satu jenis sepatu roda yang cukup banyak digunakan adalah inline skates, yang biasanya memiliki dua hingga lima roda yang disusun dalam satu garis.

Beberapa, terutama untuk rekreasi, memiliki karet "berhenti" atau "rem" blok yang melekat pada bagian belakang salah satu atau kadang-kadang kedua sepatu roda, sehingga skater dapat memperlambat atau berhenti dengan bersandar pada kaki dengan rem yang ada di sepatu. 

Santai bersama keluarga dengan bermain inline skate di Kompleks SUGBK.
Santai bersama keluarga dengan bermain inline skate di Kompleks SUGBK. (Husni Yamin/Skor.id)

Anak-anak pada masa awal belajar inline skates tentunya membutuhkan bantuan orang tuanya. Entah itu untuk sekadar memengangi tangannya agar tidak terjatuh, atau cuma memberikan motivasi dari jarak dekat. Sehingga di situ bisa tercipta ruang untuk rasa melindungi dan peduli yang lebih erat antara ayah dan anak.   

Itulah berbagai jenis olahraga yang bisa dimainkan secara bersama oleh ayah dan anak. Anda juga bisa mendapatkan berbagai perlengkapan olahraga dengan harga hemat di Tokopedia dengan mengikuti program Sportacular Shopathon dengan klik link ini. Flash sale-nya dimulai dari harga Rp10 ribu!

Berita Bugar Lainnya:

11 Rekomandasi Makanan Penurun Kadar Kolesterol

7 Tips Melindungi Diri dari Risiko Hidup di Wilayah Berkualitas Udara Buruk

 

  • Sumber: Berbagai Sumber
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 19 Juni 2022

    Waktu yang Tepat untuk Tidur dan Bangun

    Tidur dan bangun tepat waktu menjadi hal yang paling didambakan oleh setiap orang. Untuk melakukannya tidak mudah, karena butuh upaya keras untuk mewujudkannya.

    Bugar

    Minggu, 19 Juni 2022

    Ragam Manfaat Daging Kelapa Tua untuk Kesehatan

    Berikut ini adalah empat manfaat daging kelapa tua, tak kalah dari daging kelapa muda.

    Bugar

    Minggu, 19 Juni 2022

    Deretan Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh

    Meskipun banyak kabar yang mengatakan bahwa terlalu banyak meminum kopi akan membahayakan tubuh, tapi ternyata ada berbagai manfaat yang didapat jika mengonsumsi kopi hitam.

    Bugar

    Senin, 20 Juni 2022

    Cara Menyimpan Beras yang Benar Agar Tidak Cepat Berkutu

    Cara menyimpan beras harus diperhatikan supaya beras tahan lama dan bebas dari kutu.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X