5 Olahraga yang Membantu Membakar Kalori Secara Efektif

18 Desember 2021, 12:00 WIB
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi olahraga renang untuk membakar kalori.
Ilustrasi olahraga renang untuk membakar kalori. /(Pixabay.com)

  • Olahraga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.
  • Olahraga kardiovaskular menjadi salah satu cara efektif membakar kalori.
  • Berikut ini merupakan lima olahraga yang membantu membakar kalori secara efektif.

SKOR.id - Salah satu manfaat olahraga adalah untuk membakar kalori dalam tubuh Anda.

Olahraga menjadi salah satu langkath tepat untuk mencapai berat badan ideal. Tetapi perlu didukung oleh faktor lain, seperti gaya hidup sehat.

Latihan kardiovaskuar menjadi langkah tepat untuk membakar kalori. Tetapi juga perlu melakukan latihan yang mengandalkan otot untuk mengurangi lemak dan meningkatkan metabolisme basal.

Berikut ini merupakan lima olahraga yang membantu membakar kalori secara efektif:

1. Olahraga lari

Olahraga lari menjadi salah satu aktivitas paling efektif untuk membakar kalori. Berlari dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Berdasarkan penelitian seseorang dengan berat sekitar 56 kilogram akan membakar sekitar 375 kkal setiap 30 menit berlari dengan kecepatan sedang. Selain itu, berlari dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

2. Bersepeda

Bersepeda dapat dilakukan di berbagai tepmpat, seperti di gunung atau di jalan raya. Bersepeda secara teratur dapat meningkatkan pengeluaran energi tubuh.

Menurut penelitian dari Universitas Havard, bersepeda selama 30 menit dapat mengeluarkan kalori 360 kkal untuk orang dengan berat 56 kg, 432kkal untuk orang dengan berat 70 kg dan 504 kkal untuk orang dengan berat 85 kg.\

3. Berenang

Aktivitas ini sangat memperhitungkan berat badan. Anda harus memilih agar sesuai dengan gaya yang digunakan, intensitas, serta kecepatan.

Latihan pertama setidaknya akan membakar 300 kkal, yang kedua 360 kkal dan yang ketiga, 420 kkal.

4. Lompat Tali

Ilustrasi lompat tali atau skipping.
Ilustrasi lompat tali atau skipping. (Pixabay.com)

Lompat tali juga menjadi salah satu olahraga favorit untuk membantu membakar kalori secara singkat. Latihan ini cukup lengkap dengan menggabubgk resistensi dan kekuatan, serta bekerja pada kecepatan, lompatan, dan koordinasi.

Latihan lompat tali dapat membantu membakar kalori Anda sebanyak 300 kkal hingga 400 kkal dalam 30 menit, tergantung berat badan dan intensitas.

5. Bola Tangan

Olahraga bola tangan dapat melatih tubuh bagian atas maupun bawah, mengembangkan koordinasi, memperkuat otot, meningkatkan kelenturan dan meningkatkan daya tahan.

Beradasarkan penelitian Universitas Harvard, berlatih selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 360 kkal hingga 504 kkal pada berat badan sekitar 56 kg hingga 85 kg.

Berita kebugaran lainnya:

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita HIpertensi

Mitos atau Fakta Sperma Baik untuk Kesehatan Kulit, Berikut Penjelasan Lengkapnya

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 16 Desember 2021

    5 Usaha untuk Membantu Mencegah Penyakit Rematik

    Ada beberapa usaha yang diyakini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit rematik.

    Bugar

    Jumat, 17 Desember 2021

    Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat PMS

    Coklat jadi salah satu pilihan saat PMS.

    Bugar

    Jumat, 17 Desember 2021

    4 Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk selain Kopi

    Berikut ini adalah empat makanan dan minuman yang bisa membuat Anda terjaga tanpa perlu minum kopi.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

    Hubungan yang memuaskan adalah hubungan di mana kedua pasangan merasa dihargai, dicintai, dihormati, dan aman.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    7 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

    Ada sejumlah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan,

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Sederet Fakta yang Perlu Diketahui tentang Virus Hendra, Gejala dan Cara Pencegahan

    Berikut ini adalah sederet fakta yang perlu diketahui tentang virus Hendra.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Memiliki Alergi atau Asma Mungkin Terkait dengan Risiko Penyakit Jantung

    Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang mengejutkan antara asma dan alergi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

    Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

    Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

    Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Makan Terlalu Banyak Daging Tingkatkan Risiko Pria Menjadi Tidak Subur

    Makan terlalu banyak daging meningkatkan risiko pria menjadi tidak subur, klaim penelitian yang dilakukan di University of Woncester, Inggris.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Alasan Mengapa Kepanasan Membuat Tubuh Terasa Lelah

    Tubuh pasti merasa cepat lelah ketika terpapar panasnya matahari.
    X