5 Tips Latihan Agar Lebih Cekatan dan Lincah dalam Berolahraga

31 Juli 2021, 13:00 WIB
Penulis: Thoriq Az Zuhri
Editor: Thoriq Az Zuhri
Ilustrasi seseorang sedang melakukan olahraga di rumah.
Ilustrasi seseorang sedang melakukan olahraga di rumah. /Mejorcon Salud

  • Kecekatan dan kelincahan adalah hal utama dalam olahraga.
  • Seperti hal lain, hal ini juga bisa dilatih sehari-hari.
  • Ada beberapa tips yang bisa digunkana saat latihan kelincahan.

SKOR.id - Berikut ini tips-tips latihan agar bisa lebih cekatan dan lincah saat berolahraga.

Lebih lincah dan cekatan akan membuat sesorang lebih mencolok dan kunci saat berolahraga.

Tak hanya soal masalah fisik, lincah dan cekatan dalam olahraga juga berhubungan dengan banyak faktor-faktor lainnya.

Lalu, bagaimana caranya agar seseorang bisa melatih kelincahan dan kegesitannya?

 

Hi Skorer, jangan lupa download apps Skor.id biar enggak ketinggalan update dan bisa mendapatkan banyak hadiah menarik.

 

Seperti kekuatan dan kecepatan, kelincahan juga bisa dilatih agar lebih baik lagi.

Latihan difokuskan pada menambah kecepatan reaksi terhadap suatu stimulus tertentu.

Skor.id coba melansir dari AS, lima tips dalam berolahraga agar lebih lincah dan cekatan:

1. Tetap Fokus

Fokus adalah kunci utama dalam latihan, tak memikirkan masalah-masalah lain dahulu ketiga berolahraga.

Ada studi dari Universitas Norbert Wiener yang mengatakan bahwa tak memikirkan hal-hal lain bisa membuat latihan jadi lebih fokus, dan lebih bagus dampaknya terhadap hasil latihan.

2. Istirahat

Tak hanya saat latihan, waktu istirahat juga adalah kunci agar tak mengalami cedera. Selain tidur cukup, juga waktu istirahat di antara latihan.

Juga, jika latihan dengan keadaan otot kelelahan, kelincahan dan cekatan akan berkurang drastis.

Penelitian dari Universitas Alicante menunjukkan ada banyak cara recovery dari kelelahan seperti pijatan, nutrisi yang baik, minum cukup, hingga suplemen.

3. Pemanasan yang Baik

Pemanasan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kelincahan dan cekatan yang baik saat olahraga.

Pemanasan membuat otot-otot siap melakukan tugasnya, sirkulasi darah dan udara jadi lebih baik, dan otot-otot jadi "bangun".

4. Bisa Dilatih di Rumah

Selain saat olahraga, cekatan juga bisa dilatih di rumah, latihan sedikit di rumah dapat meningkatkan cekatan saat olahraga.

Hal-hal kecil seperti mengambil pulpen dengan cepat sambil menonton tv, atau menyentuh bagian-bagian lantai berbeda dengan kaki, hal-hal ini bisa menambah cekatan otot.

Setiap otot yang ingin dilatih memiliki latihan kecil yang bisa dilakukan saat di rumah.

5. Perhatikan Makanan

Pertama, kita harus makan makanan yang seimbang, buah-buahan dan sayuran, karbohidrat, serta protein untuk otot.

Hanya dengan begini tubuh akan memiliki semua hal yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

Kedua, harus ada waktu yang cukup antara makan dan berolahraga.

Jika waktunya terlalu dekat, kelincahan tubuh akan berkurang drastis. Begitu juga jika waktunya terlalu jauh.

Jangan lupa untuk follow dan subscribe akun media sosial kami di: 

Berita Tips Lainnya:

5 Tips untuk Mengendalikan Kolesterol dalam Tubuh

5 Tips Meningkatkan Kemampuan Shooting dalam Sepak Bola

  • Sumber: AS
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 20 Juli 2021

    Tips: 5 Gerakan Olahraga untuk Mengecilkan Paha dan Betis

    Lari dan naik turun tangga menjadi contoh olahraga praktis untuk mengecilkan paha dan betis.

    Bugar

    Rabu, 21 Juli 2021

    5 Tips Memasak Daging Kurban agar Nutrisi Tetap Terjaga

    Memasak yang tepat akan menjaga nutrisi dan vitamin dalam daging.

    Bugar

    Senin, 26 Juli 2021

    Tips Jaga Kebugaran Tubuh saat Pandemi Covid-19 ala Pendiri Predator MMA Indonesia

    Jeremy Meciaz menyebut bahwa olahraga dan adaptasi adalah hal penting di tengah pandemi Covid-19.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Hanya 10 Menit Tiap Hari, 5 Olahraga Ini Diklaim Efektif Bikin Kurus

    Ada lima olahraga yang bisa dilakukan sendiri setiap 10 menit di rumah, namun diklaim sangat efektif turunkan berat badan.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    5 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

    Mengonsumsi buah durian dengan wajar mampu memberikan berbagai khasiat untuk tubuh.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Pahami Bahaya Alienasi Terhadap Perkembangan Kesehatan Mental

    Jenis alienasi yang sering kita temui dalam masyarakat adalah isolasi, ketidakberartian, dan ketidakberdayaan.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Mengenal Berbagai Jenis Minyak Rambut beserta Manfaatnya

    Berikut ini merupakan jenis-jenis minyak rambut beserta manfaatnya.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Penglihatan

    Kemampuan penglihatan seseorang biasanya menurun seiring bertambahnya usia.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Sering Bekeringat ketika Makan, Bisa Jadi Indikasi Masalah Kesehatan Serius

    Ternyata berkeringat ketika makan bisa jadi indikasi masalah kesehatan tertentu.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Mengenal Masalah Kesehatan Mental, Self Harm dan Segala Bahayanya

    Melukai diri sendiri ini adalah sebuah tanda adanya masalah pada kesehatan mental atau adanya tekanan emosional yang meluap-luap.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Tips Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

    Ada sejumlah cara yang perlu diterapkan dalam rangka merawat rambut setelah bepergian ke pantai.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Penyebab Muncul Uban di Usia Remaja

    Faktor genetik adalah faktor terbesar munculnya uban pada usia remaja.

    Bugar

    Sabtu, 16 Oktober 2021

    Deretan Buah yang Cocok Redakan Radang Tenggorokan

    Daftar buah yang dapat dikonsumsi untuk meredakan Radang Tenggorokan.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X