5 Tips Meningkatkan Konsentrasi, Salah Satunya Meditasi

18 November 2021, 22:30 WIB
Penulis: Vivaldi Yudha
Editor: Bagaskara Setyana AP
Ilustrasi meditasi.
Ilustrasi meditasi. /(Pixabay)

  • Konsentrasi adalah hal yang dibutuhkan ketika melakukan sebuah aktivitas seperti bekerja.
  • Namun, ada beberapa faktor yang dapat menurunkan konsentrasi seperti suara bising kendaraan.
  • Meditasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan konsentrasi.

SKOR.id - Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan konsentrasi.

Konsentrasi adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan dalam melakukan sebuah aktivitas seperti contoh bekerja.

Akan tetapi, ada beberapa faktor baik dari diri sendiri atau sekitar yang dapat menurunkan konsentrasi.

Salah satu contoh penyebab dari diri sendiri adalah lelah sementara gangguan dari luar contohnya adalah suara bising kendaraan.

Meditasi diketahui sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan dalam rangka mengatasi masalah ini.

Selain meditasi, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi:

1. Fokus pada Satu Hal Saja

Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu juga termasuk faktor yang menyebabkan turunnya konsentrasi.

Selain menjaga konsentrasi, fokus pada satu pekerjaan akan membuat hasil pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih maksimal.

2. Jauhi Gangguan

Faktor dari luar adalah yang paling sering membuat konsentrasi kita terganggu, seperti suara bising kendaraan.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih ruangan yang jauh dari jangkauan orang-orang atau bisa pergi ke area publik yang memang menyediakan tempat untuk bekerja.

3. Tantang Diri Sendiri

Buatlah tantangan kecil terhadap diri sendiri untuk meningkatkan konsentrasi kita.

Seperti contoh Anda bisa menonton film favorit Anda setelah menyelesaikan tugas yang sedang dikerjakan.

4. Berolahraga

Olahraga adalah solusi dari hampir semua masalah, termasuk dalam hal mengembalikan konsentrasi.

Dengan berolahraga, jantung akan meningkatkan sirkulasi udara ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Ilustrasi berlari.
Ilustrasi berlari. (skinny runner.com)

5. Meditasi

Meditasi juga dapat dijadikan pilihan jika Anda ingin mengembalikan konsentrasi yang hilang.

Dengan menenangkan pikiran melalui meditasi, Anda dapat kembali berkonsentrasi menyelesaikan tugas yang diberikan.

Berita Bugar Lainnya:

5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Buruk untuk Kesehatan

Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Santan

  • Sumber: Tiptar
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 17 November 2021

    Ketahui Penyebab Bruxism, Kondisi Menggertakkan Gigi saat Tidur

    Bruxism adalah kondisi seseorang saat sedang tertidur tapi giginya berdecit atau menggemeratakkan.

    Bugar

    Rabu, 17 November 2021

    Mandi Pagi Setelah Begadang, Bahaya?

    Banyak yang beranggapan bahwa mandi pagi setelah begadang bahaya untuk kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 17 November 2021

    Beragam Makanan yang Baik untuk Penderita Anemia

    Mengatasi anemia dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    5 Makanan Barat di Tiktok yang Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

    Makanan sehat terkadang kurang disukai karena rasanya yang bisa dibilang cukup hambar. Namun sesungguhnya ada beberapa yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X