6 Cara Membuat Mental Menjadi Lebih Kuat

10 Oktober 2021, 09:00 WIB
Penulis: Dewi
Editor: Pradipta Indra Kumara
Ilustrasi stres.
Ilustrasi stres. /pixabay.com

  • Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman atau perasaan cemas. 
  • Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengendalikan perasaan cemas. 
  • Salah satu mengendalikan stres adalah mengunggah hal positif di media sosial. 

SKOR.id - Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman. Perasaan cemas atau khawatir juga dapat menimbulkan stres.

Berkonsultasi kepada spesialis sangat dianjurkan jika stres terjadi secara intensif atau bahkan tanpa alasan yang jelas.

Namun sebenarnya ada beberapa yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan perasaan cemas. Penulis buku ‘Good Anxiety’ sekaligus ahli syaraf Wendy Suzuki membagikan program latihan yang dapat membantu Skorer membangun ketahanan dan ketahanan mental untuk mengendalikan kecemasan.

1. Memvisualisasikan Hasil Positif

Di pagi atau malam hari sebelum tidur, biasanya dihabiskan untuk berpikir. Salah satunya adalah memikirkan hal-hal yang tidak pasti dan membayangkan bagaimana kita bertindak saat sesuatu terjadi.

Dalam masa ini, cobalah untuk membayangkan dan memvisualisasikan hasil terbaik. Dengan cara ini, kita dapat membangun ide-ide tidak terduga untuk memecahkan situasi yang biasanya menyebabkan kekhawatiran.

 

2. Ubah Kecemasan Menjadi Kemajuan

Otak manusia memungkinkan kita untuk menjadi tangguh dalam masa sulit seperti belajar tenang, mengevaluasi situasi, dan membuat keputusan lebih cerdas.

Sejumlah studi merekomendasikan agar mempertimbangkan kembali bagaimana emosi yang dirasakan justru dapat membantu kita bergerak maju. Misalnya saat marah biasanya dapat memotivasi seseorang untuk lebih baik, sementara rasa takut atau cemas memuat kita lebih berhati-hati.

3. Mencoba hal baru

Salah satu yang dapat membantu Skorer mengatasi kecemasan adalah dengan melakukan hal baru. Contoh yang bisa dilakukan adalah mencoba kurus online. bergabung dengan klub olahraga setempat, atau berpartisipasi dalam sebuah acara.

4. Komunikasi

Ketika Skorer merasa kecemasan yang berlebih bahkan hingga stres, jangan ragu untuk menceritakan masalah kepada teman dan keluarga. Skorer juga bisa membangun hubungan yang sehat dan suportif dengan kelompok lainnya. 

Saat stres susah parah, meminta bantuan kepada ahli adalah jalan yang tepat. 

Ilustrasi stres.
Ilustrasi stres. pixabay.com

5. Menghabiskan Waktu di Alam

Menurut ilmu pengetahuan, mengabiskan waktu di alam memiliki efek positif pada kesehatan mental. Menurut studi pada 2015, pemandian alam dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi.

Berjalan-jalan di taman terdekat juga dapat membantu mengendalikan emosi.

6. Cuitan Positif

Mungkin terdengar aneh, tapi cara ini memang dapat mendorong perasaan semangat kita di pagi dan malam hari.

Dengan mengunggah cuitan positif di akun Twitter atau media sosial lainnya, akan membuat kita hanya memikirkan hal-hal menyenangkan dan positif, yang dapat mengusir perasaan stres.

Berita Kebugaran Lainnya

5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan, Salah Satunya Melawan Kanker

Mengenal 5 Gejala-gejala Masalah Kesehatan Mental pada Pria 

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 9 Oktober 2021

    5 Tips yang Dipercaya Mampu Atasi Gangguan Susah Tidur

    Berikut ini adalah 5 tips yang dipercaya mampu mengatasi gangguan susah tidur.

    Bugar

    Sabtu, 9 Oktober 2021

    Tips Sehat Makan Gorengan, dari Proses Masak hingga Pasca Mengonsumsi

    Berikut ini adalah lima tips sehat makan gorengan yang perlu diketahui, mulai dari proses memasak hingga beberapa hal yang harus dilakukan pasca mengonsumsi.

    Bugar

    Sabtu, 9 Oktober 2021

    Penyebab dan Cara Atasi Sariawan

    Sariawan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari atau minggu.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Hanya 10 Menit Tiap Hari, 5 Olahraga Ini Diklaim Efektif Bikin Kurus

    Ada lima olahraga yang bisa dilakukan sendiri setiap 10 menit di rumah, namun diklaim sangat efektif turunkan berat badan.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    5 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

    Mengonsumsi buah durian dengan wajar mampu memberikan berbagai khasiat untuk tubuh.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Pahami Bahaya Alienasi Terhadap Perkembangan Kesehatan Mental

    Jenis alienasi yang sering kita temui dalam masyarakat adalah isolasi, ketidakberartian, dan ketidakberdayaan.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Mengenal Berbagai Jenis Minyak Rambut beserta Manfaatnya

    Berikut ini merupakan jenis-jenis minyak rambut beserta manfaatnya.

    Bugar

    Senin, 18 Oktober 2021

    Jenis Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Kesehatan Penglihatan

    Kemampuan penglihatan seseorang biasanya menurun seiring bertambahnya usia.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Sering Bekeringat ketika Makan, Bisa Jadi Indikasi Masalah Kesehatan Serius

    Ternyata berkeringat ketika makan bisa jadi indikasi masalah kesehatan tertentu.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Mengenal Masalah Kesehatan Mental, Self Harm dan Segala Bahayanya

    Melukai diri sendiri ini adalah sebuah tanda adanya masalah pada kesehatan mental atau adanya tekanan emosional yang meluap-luap.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Tips Merawat Rambut Setelah Berlibur ke Pantai

    Ada sejumlah cara yang perlu diterapkan dalam rangka merawat rambut setelah bepergian ke pantai.

    Bugar

    Minggu, 17 Oktober 2021

    Penyebab Muncul Uban di Usia Remaja

    Faktor genetik adalah faktor terbesar munculnya uban pada usia remaja.

    Bugar

    Sabtu, 16 Oktober 2021

    Deretan Buah yang Cocok Redakan Radang Tenggorokan

    Daftar buah yang dapat dikonsumsi untuk meredakan Radang Tenggorokan.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X