6 Dampak Negatif yang Muncul jika Latihan Fisik Berlebihan

5 Oktober 2021, 14:00 WIB
Editor: Dini Wulandari
Salah satu ilustrasi latihan fisik, yaitu push-up.
Salah satu ilustrasi latihan fisik, yaitu push-up. /(Pixabay.com)

  • Latihan fisik sejatinya untuk membuat tubuh sehat dan bugar.
  • Tetapi latihan fisik berlebih dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan.
  • Berikut ini merupakan dampak negatif dari latihan fisik yang berlebih.

SKOR.id - Berbagai macam latihan, termasuk latihan fisik dimaksudkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Akan tetapi, kita harus mengetahui porsi latihan fisik yang baik agar hasilnya maksimal.

Pasalnya, jika melatih tubuh secara terus menerus dan melebih batas justru malah merusak tubuh Anda.

Selain itu, teknik atau gerakan yang salah juga memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan latihan fisik dengan gerakan sederhana atau didampingi ahlinya.

Berikut ini Skor.id merangkum enam dampak negatif dari latihan fisik yang berlebihan.

1. Meningkatkan Risiko Cedera

Masalah utama dari latihan fisik berlebih adalah meningkatnya risiko cedera. Bayangkan saja, tubuh Anda digunakan untuk berlatih secara berulang-ulang dan dalam jangka waktu lama.

Untuk itu, Anda perlu mengatur porsi latihan agar tidak mendapat cedera. Cedera yang sering didapatkan biasanya adalah peradangan sendi atau tulang.

2. Insomnia

Padahal waktu tidur atau istirahat menjadi salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi Anda setelah berlatih. Pada saat ini, otot-otot dan energi pada tubuh akan dipulihkan.

Tetapi saat latihan berlebih Anda justru akan kesulitan untuk tidur. Hal ini dikarenakan denyut jantung meningkat.

3. Mengakibatkan Masalah Emosional

Latihan fisik pada umumnya memiliki relasi dengan manajemen stres. Beberapa program latihan ditujukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Akan tetapi, jika dilakukan berlebih justru akan menambah stres, cemas, serta kurangnya konsentrasi.

Saat melakukan latihan fisik, Anda juga harus beristirahat. Jika tidak ada keseimbangan, emosi seseorang lebih cepat terguncang.

4. Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi seseorang terkena sakit jantung.
Ilustrasi seseorang terkena sakit jantung. (pixabay.com)

Latihan fiksik dapat mengakibatkan penyakit jantung jika tidak dilakukan secara teratur. Hal ini dikarenakan denyut jantung akan meningkat saat melakukan latihan fisik.

Biasanya, seseorang akan mengalami takikardia. Kondisi tersebut di saat etak jantung melebihi 100 kali per menit. Padahal normalnya, jantung berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali per menit. 

5. Munculnya Bigoreksia

Latihan fisik juga berpengaruh pada kesehatan mental. Salah satunya, muncul bigoreksia atau obsesi memiliki tubuh ideal.

Bigoreksia ini ditandai dengan keinginan berlebih dalam melakukan latihan demi mendapatkan tubuh berotot. Hal ini akan berbahaya jika terus memiliki pikiran tersebut dan mengabaikan kondisi fisik Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi latihan fisik setidaknya 40 sampai 60 menit per hari.

6. Rhabdomyolysis

Rhabdomyolysis merupakan masalah yang diakibatkan karenan jaringan otot rangka mati. Ini dapat terjadi akibat rusaknya serat-serat otot dan keluarnya isi serat tersebut ke dalam aliran darah. 

Tetapi masalah ini tidak hanya diperoleh dari latihan fisik saja, melainkan juga dari penggunaan obat tertentu atau infeksi virus.

Nah, itulah sejumlah risiko yang cukup berbahaya jika melakukan latihan fisik secara berlebihan. Jadi sesuaikan porsi olahraga Anda dengan kebutuhan tubuh.

 Berita kebugaran lainnya:

Lekas Move On, Ini Penjelasan Ilmiah tentang Sindrom Patah Hati dan Efek Buruknya

7 Asupan yang Harus Dihindari ketika Mengalami Sembelit

  • Sumber: mejorconsalud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 4 Oktober 2021

    Bahaya Kesepian bagi Kesehatan Mental dan Fisik

    Kesepian berbeda dengan konsep sengaja menyendiri untuk menikmati waktu dan proses penyegaran.

    Bugar

    Senin, 4 Oktober 2021

    4 Dampak Negatif Tidur Dengan Lampu Menyala

    Lampu menyala saat tidur dapat membuat kualitas tidur menjadi menurun.

    Bugar

    Senin, 4 Oktober 2021

    Mengenal Istilah Sadfishing agar Lebih Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

    Sadfishing adalah istilah yang menggambarkan tren perilaku membuat klaim berlebihan masalah emosional mereka untuk dapatkan simpati.

    Terbaru

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

    Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

    Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

    Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

    Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

    Bugar

    Selasa, 17 Mei 2022

    Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

    Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

    Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

    Bugar

    Senin, 16 Mei 2022

    7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

    Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

    Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

    Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

    Bugar

    Minggu, 15 Mei 2022

    5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

    Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
    X