6 Gejala Depresi yang Tidak Boleh Anda Abaikan

23 Maret 2022, 08:28 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang mengalami depresi, yang salah satu tandanya adalah menarik diri dari pergaulan dan memilih berdiam diri di dalam rumah.
Ilustrasi seseorang mengalami depresi, yang salah satu tandanya adalah menarik diri dari pergaulan dan memilih berdiam diri di dalam rumah. /Joice Kelly/Unsplash

  • Tidak semua orang dapat dan bersedia untuk berbagi apa yang mereka alami.
  • Terlebih, jika orang yang Anda cintai jelas-jelas sedang memiliki masakah kesehatan mental, depresi misalnya.
  • Berikut adalah tanda-tanda orang depresi dan cara untuk membantunya.

SKOR.id - Mengetahui ketika seseorang yang Anda cintai sedang berjuang secara emosi bisa jadi sulit, bahkan jika Anda melihatnya setiap hari.

Penting untuk menghubungi keluarga dan teman-teman jika Anda melihat mereka tidak menjadi dirinya mereka sendiri atau tampak menarik diri.

Meskipun tidak semua orang selalu merasa mampu untuk berbagi apa yang mereka alami.

Mengetahui gejala-gejala depresi bisa sangat penting dalam hal datang dan mendukung orang yang dicintai.

Berikut adalah enam tanda utama bahwa seseorang mungkin sedang berjuang menghadapi masalah kesehatan mental:

1. FEELING BLUE
Ketika merujuk pada depresi, suasana hati yang terus-menerus sedih - down -  kemungkinan merupakan gejala potensial pertama yang akan Anda temukan pada orang yang Anda cintai.

Mereka mungkin tampak menarik diri, pendiam dan terus-menerus sedih, berpotensi kurang kasih sayang dari biasanya, serta kurang komunikatif.

2. BERDIAM DIRI DI DALAM RUMAH
Jika orang yang Anda cintai merasa sulit untuk mengatasi bagian dari kehidupan sehari-hari, bisa menjadi tanda bahwa mereka membutuhkan dukungan kesehatan mental.

Menjalankan tugas sehari-hari - apakah itu pergi bekerja, mencuci pakaian, makan malam (apalagi membuatnya) - dapat terasa lebih sulit, mungkin tidak dapat diatasi, bagi orang yang mengalami depresi.

Mereka bahkan mungkin mulai berbicara dan bergerak lebih lambat, merasa terbebani oleh kelesuan dan tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun, bahkan hal-hal yang mereka sukai.

3. KEHILANGAN MINAT
NHS mengatakan gejala utama depresi adalah "tidak mendapatkan kesenangan apa pun dari hidup," dan kehilangan atau kurangnya minat, terutama pada hal-hal yang biasanya selalu dinikmati dan dinanti-nantikan seseorang, bisa menjadi tanda bahaya yang nyata.

Memang, Covid-19 telah secara signifikan mempersempit semua kehidupan sosial kita, tetapi jika teman atau orang yang Anda cintai memilih keluar dari kegiatan yang mereka dulunya yang pertama mengaturnya adalah sinyal bahaya.

Jika mereka melewatkan minuman di pub atau berjalan-jalan di taman, ataupun jika mereka tampaknya telah kehilangan hobi atau teman, mereka mungkin sedang berjuang dengan kesehatan mental mereka.

4. PERUBAHAN MOOD
Gampang marah tanpa alasan? Apakah orang-orang yang Anda cintai menjadi lebih murung atau mudah jengkel dari biasanya?

Jika perilaku ini tidak sesuai dengan karakter teman atau anggota keluarga Anda, alih-alih langsung berbalik atau pergi (seperti yang Anda inginkan), itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak (lagi) merasa cukup, dan mungkin perlu seseorang untuk diajak bicara, Anda dan/atau seorang profesional.

5. KEBIASAAN YANG TIDAK BIASA
Kita semua harus menyesuaikan diri dengan perubahan rutinitas kita berkat pandemi.

Antara bekerja di rumah, sekolah di rumah, lockdown, dan isolasi diri, rutinitas telah banyak berubah bagi banyak dari kita, tetapi bagi sebagian orang, perubahan perilaku dapat mengindikasikan depresi.

Beberapa orang dengan depresi menemukan nafsu makan dan berat badan mereka berubah, mereka telah mengalami gangguan tidur atau kehilangan hobi dan menarik diri dari lingkaran sosial.

6. TIDAK PEDULI DIRI
Jika orang yang Anda cintai merasa tertekan, dia mungkin juga mulai kehilangan minat pada penampilannya sendiri.

Mereka mungkin mengatakan bahwa 'tak ada gunanya' berusaha atau berusaha untuk tampil sebaik mungkin, atau merendahkan diri sebagai akibat dari harga diri yang rendah dan perasaan tidak berharga.

Cara membantu seseorang dengan depresi:

  • Yakinkan mereka bahwa tidak apa-apa untuk mencari bantuan, dukung mereka untuk melakukan itu. Hindari memberi tekanan pada mereka - biarkan mereka berjalan sesuai kecepatannya
  • Tetap berhubungan dengan mereka - tanpa maksud mengawasi mereka, cukup periksa agar mereka tahu Anda selalu ada untuk mereka dan ada untuk berbicara dan mendengarkan
  • Bersikaplah terbuka tentang kesehatan mental - bicara membantu mengurangi stigma

Ingatlah untuk mendukung kesejahteraan mental Anda sendiri juga
Apakah Anda memiliki riwayat depresi atau kecemasan, atau tidak, penting untuk menjaga kesehatan mental Anda sendiri, terutama jika Anda ingin berada dalam posisi untuk mendukung orang yang Anda cintai.

Tidak yakin harus mulai dari mana?

Cobalah enam kebiasaan sehat ini untuk mendukung kesejahteraan mental Anda:

1. Lakukan aktivitas yang memberi Anda tujuan dan makna
Bisa berupa belajar keterampilan baru, menerima tantangan, atau membantu orang lain.

2. Habiskan waktu bersama orang-orang yang membuatmu merasa positif
Penting bagi kesehatan mental Anda untuk meluangkan waktu guna mengejar ketinggalan secara teratur dan membangun kembali hubungan yang telah melayang selama isolasi.

3. Bicaralah dengan orang yang Anda percayai ketika masa-masa sulit
Mempercayai seseorang terkait masalah yang mengganggu Anda bisa membantu Anda tetap sehat secara mental. Ini bukanlah tanda kelemahan emosional – mendapatkan perspektif orang lain dapat membantu Anda melihat situasi dengan cara baru.

4. Tingkatkan aktivitas fisik
Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda, tetapi juga meningkatkan harga diri dan secara positif mengubah suasana hati Anda.

5. Dukung orang lain di saat-saat buruk
Penelitian menunjukkan bahwa membantu pasangan juga menciptakan satu perasaan positif dalam diri kita dan memberi kita perasaan memiliki tujuan dan harga diri.

6. Bicaralah dengan profesional kesehatan saat Anda perlu
Kita semua memiliki saat-saat ketika suasana hati kita rendah tetapi jika perasaan itu tidak berlalu dan mulai mengganggu hidup Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya untuk memanggil seorang ahli.***

Berita Bugar Lainnya:

8 Tanaman Hias Terbaik yang Anda Butuhkan untuk Memerangi Stres dan Depresi

Perbedaan Sedih dan Depresi yang Harus Diketahui

Tanda-tanda Gejala Depresi yang Perlu Diketahui

  • Sumber: The Sun
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Inilah Alasan Mengapa Prebiotik Sangat Penting

    Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme usus Anda - dan mereka perlu melewati pencernaan dan membuatnya sampai ke usus besar Anda.

    Bugar

    Minggu, 20 Maret 2022

    7 Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

    Untuk menjaga agar ginjal tetap aman adalah merawat tubuh untuk mengurangi peluang terkena penyakit yang membebani ginjal Anda.

    Bugar

    Minggu, 20 Maret 2022

    Jangan Pernah Katakan Enam Hal Ini kepada Seseorang yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental

    Enam hal yang tidak pernah boleh diucapkan kepada seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

    Bugar

    Minggu, 20 Maret 2022

    Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

    Tembakau, alkohol, gaya hidup menetap dan obesitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas sperma.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X