6 Makanan yang Harus Dihindari ketika Anda Memakai Kawat Gigi

19 September 2022, 19:25 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi kawat gigi
Ilustrasi kawat gigi /TanyaPepsodent.com

  • Ketika Anda menggunakan kawat gigi, ada banyak hal terkait perawatan dan penanganannya yang harus dipertimbangkan dan diketahui.
  • Jenis makanan, ukuran porsi, dan tekstur makanan adalah faktor-faktor paling utama.
  • Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari dan yang bisa dipilih saat memakai kawat gigi.

SKOR.id - Saat memulai perawatan ortodontik, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang perawatan dan penanganan kawat gigi baru Anda.

Dalam hal makan, opsi terbaik untuk kesehatan adalah makan makanan yang sehat, bergizi, seimbang dan bervariasi, bahkan jika Anda memakai kawat gigi. Namun, untuk kasus terakhir, ada beberapa hal harus dipertimbangkan untuk menghindari ketidaknyamanan.

Jenis masakan, ukuran porsi dan tekstur makanan adalah faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan kawat gigi. Apa yang harus dihindari? Makanan mana yang harus diprioritaskan? Simak penjelasan secara detail di bawah ini:

Mengapa menghindari beberapa makanan saat memakai kawat gigi?
Bracket adalah aksesori kecil yang ditempatkan di permukaan gigi untuk menahan lengkungan logam dalam perawatan ortodontik tradisional. Melalui ini, spesialis ortodontis akan membuat penyesuaian kecil yang menerapkan kekuatan pada gigi.

Dengan rangsangan ini, potongan gigi dimobilisasi untuk mengubah posisinya, diselaraskan untuk memperbaiki masalah gigitan. Tergantung pada kerumitan kasus dan kondisi yang harus diselesaikan, perangkat ini dipakai untuk waktu lama di dalam mulut. Oleh karena itu, perawatannya sangat penting.

Mempertahankan integritasnya memungkinkan perawatan untuk mengambil jalannya dan mencapai hasil yang diharapkan. Sebaliknya, jika potongan-potongan ini rusak, terlepas atau lengkungan keluar, terapi berhenti.

Ketika pengobatan dihentikan, waktu pengobatan menjadi lebih lama dan hasilnya mungkin tidak seperti yang diharapkan. Selain itu, pasien mungkin merasa tidak nyaman, sakit dan menderita luka pada mukosa mulut karena memakai peralatan yang rusak.

Saat ini ada berbagai varian perawatan yang memungkinkan bracket dipasang di permukaan depan gigi atau di sisi lingual, sehingga tidak terlalu terlihat. Mereka juga terbuat dari bahan berbeda yang menanggapi kebutuhan, prioritas dan kemungkinan pasien; seperti logam, porselen atau safir.

Peralatan ortodontik disiapkan untuk menahan kekuatan mengunyah dan gerakan yang terjadi saat kita makan. Namun, produk tertentu dapat membahayakan mereka. Simaklah!

6 Makanan yang Harus Dihindari saat Memakai Kawat Gigi
Segera setelah dokter gigi memasang bracket dan kawat di mulut Anda, wajar jika Anda merasa tidak nyaman. Tekanan yang diberikan alat pada gigi untuk menggerakkannya menyebabkan rasa sakit.

Tetapi perasaan tidak nyaman itu hilang dengan berlalunya hari. Kebanyakan orang —dalam waktu seminggu— sudah terbiasa dengan benda baru di mulut mereka. Bagaimanapun, selama tahap adaptasi disarankan untuk membuat beberapa penyesuaian dalam menu diet.

Secara khusus, disarankan untuk makan makanan yang tidak membutuhkan banyak usaha untuk mengunyah dan menelan. Diet hambar dan lunak – yang praktis meleleh di mulut Anda – akan mencegah struktur mulut yang terlalu sakit.

Setelah ketidaknyamanan mereda, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, di antaranya karena dapat merusak ortodontik atau tersangkut di antara gigi dan ruang peralatan, sehingga mengganggu kebersihannya.

Misalnya, makan buah dengan gigitan besar bisa melonggarkan kawat gigi. Jika sisa makanan menumpuk di gigi, risiko penyakit mulut seperti gigi berlubang, gingivitis, dan periodontitis meningkat.

Demikian juga, untuk menghindari ketidaknyamanan ini, penting untuk mempertimbangkan tekstur makanan, memotong dan memakannya dalam potongan kecil. Apa saja makanan yang harus Anda hindari jika Anda memiliki kawat gigi?

1. Permen karet dan permen
Jika Anda memakai kawat gigi, sebaiknya hindari makanan lengket. Permen karet, permen, dan jeli membuat kebersihan menjadi sulit karena akan menempel pada kawat gigi dan cenderung tersangkut.

Permen karet, khususnya, dapat mematahkan atau melonggarkan elemen-elemen ini karena melibatkan pengunyahan dan penarikan berulang-ulang.

Sejumlah besar gula sederhana yang terkandung dalam produk ini mendukung akumulasi bakteri dan munculnya gigi berlubang. Dengan sendirinya, memakai kawat gigi membuat kebersihan mulut menjadi sulit, yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit. Juga, jika dietnya sangat manis, risikonya meningkat.

Ini adalah beberapa pernak-pernik yang harus Anda hindari jika Anda memakai kawat gigi:

  • Jeli.
  • Permen.
  • Nougat.
  • Permen karet.
  • Kismis dan buah-buahan yang dipoles.
  • Granola bar.
  • Es loli dan lolipop.
  • Licorice.

2. Makanan yang sangat keras dan renyah
Makanan lain adalah yang memiliki tekstur sangat renyah atau sangat keras. Memakannya membutuhkan tenaga ekstra untuk memotong dan mengunyah, sehingga dapat mematahkan atau melepaskan bagian dari kawat gigi.

Juga umum bahwa saat mengunyah, fragmen makanan keras tertahan di ruang perangkat, sehingga sulit dibersihkan. Contoh paling umum adalah pinggiran pizza, roti panggang, kerupuk, beberapa makanan ringan, kacang-kacangan dan popcorn.

3. Buah dan sayuran utuh atau sangat keras
Menggigit apel atau memakan jagung rebus dapat melonggarkan kawat gigi dari gigi Anda. Jika alat tergesek dengan makanan yang sangat keras atau konsisten, beberapa bagian ortodontik bisa lepas.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menghindari makanan bergizi dan perlu seperti buah-buahan ataupun sayuran. Anda hanya perlu mengubah cara Anda mempersiapkan mereka untuk menelannya dengan cara yang lebih tidak berbahaya.

Sayuran bisa dikukus atau dihaluskan. Dengan buah-buahan Anda dapat menyiapkan kolak. Jika Anda lebih suka memakan makanan ini mentah, yang ideal adalah memotongnya menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah dikunyah.

Selada sering kali meninggalkan residu yang menempel pada alat, sehingga sulit untuk dikeluarkan. Meski sayuran ini bukanlah makanan yang dilarang, namun jika Anda memutuskan untuk memakannya, ada baiknya Anda mencoba membersihkan mulut secara menyeluruh setelah selesai makan.

4. Daging berserat atau bertulang
Makan sayap ayam atau iga daging menggunakan tangan tidak akan mungkin dilakukan saat memakai kawat gigi. Makan protein hewani ini langsung dari tulangnya dapat merusak alat atau meninggalkan sisa makanan yang menempel di antara gigi dan kawat gigi.

Bukan berarti daging harus dihilangkan dari menu. Seperti halnya buah-buahan dan sayuran, Anda perlu mengubah cara menyiapkannya dan mencari cara yang lebih mudah untuk memakannya, seperti dicincang atau digiling.

Terlepas dari bagaimana Anda menelannya, selalu ada kemungkinan bahwa sepotong kecil daging tetap terperangkap di antara tanda kurung.

Untuk mengatasi kecelakaan ini, Anda harus menyikat gigi dan perangkatnya dengan baik setelah makan. Selain itu, lengkapi kebersihan dengan benang gigi, irigasi, dan sikat ortodontik khusus.

5. Makanan yang bernoda
Disarankan untuk menghindari makanan dan minuman berwarna dengan banyak pigmen jika Anda memakai kawat gigi porselen atau karet transparan.

Makanan yang sangat berwarna ini dapat menodai perlengkapan, membuatnya lebih terlihat atau memberi mereka tampilan yang kotor. Dengan ini, karakteristik estetika yang dicari hilang.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang menodai gigi dan behel kosmetik:

  • Akar bit.
  • Blueberi
  • Ceri.
  • Stroberi.
  • Teh.
  • Kopi.
  • Anggur merah.
  • Jus buah.
  • Minuman ringan berkarbonasi.
  • Ekstrak tomat.
  • Kecap.
  • Kari.
  • Kunyit.
  • Setiap ultra-olahan dengan banyak pewarna.

6. Jeruk dan pedas
Peralatan di dalam mulut masih merupakan benda asing yang dapat menyebabkan luka kecil atau besar pada mukosa mulut. Kabel dan bracket yang bergesekan dengan bibir, pipi, dan lidah dapat menyebabkan luka atau iritasi.

Lilin pelindung untuk ortodontik membantu mencegah jenis cedera ini. Meskipun demikian, mereka terkadang tetap muncul. Dalam kasus tersebut, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sampai luka sembuh.

Makanan pedas dan asam akan meningkatkan ketidaknyamanan sekaligus memperlambat penyembuhan luka, sehingga harus dihindari. Buah jeruk, jus buah, nanas, cuka, dan makanan pedas atau berbumbu tinggi bukanlah ide yang baik jika ada ulserasi di mulut.

Makanan apa yang disukai saat memakai kawat gigi?
Terlepas dari kenyataan bahwa kami telah memberi tahu Anda tentang makanan yang harus Anda hindari jika Anda memakai kawat gigi di mulut Anda, Anda mungkin masih ragu tentang makan selama ortodontik.

Sangat penting bahwa selama pengobatan kelompok makanan akhirnya tidak bisa dihindari karena kesulitan dalam memakannya.

Alternatif yang diperlukan harus dicari agar pola makannya lengkap dan bergizi. Berikut kami bagikan beberapa makanan dan cara menyiapkannya yang akan membuat waktu makan lebih mudah dan nyaman:

  • Krim dan puree: menghancurkan dan menggiling bahan preparat menghindari kebutuhan untuk mengunyahnya dan memudahkan menelan.
  • Sup: makanan lain yang menyediakan vitamin dan mineral tanpa perlu menggunakan gigi. Mereka bisa dimakan panas atau dingin.
  • Buah dan sayuran: Sayuran bisa dikukus, direbus, dipanggang, dihaluskan, atau bahkan dibuat menjadi smoothie. Buah-buahan juga bisa dimasak, dibuat menjadi kolak atau smoothie buah. Cara-cara persiapan ini mengurangi upaya gigi saat makan.
  • Daging cincang: resep yang mengandung daging cincang, seperti hamburger atau bakso, membuatnya lebih mudah untuk dimakan.
  • Ikan: Daging ikan memiliki tekstur yang lembut dan padat. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memasukkan protein hewani dengan cara yang mudah.
  • Telur: Anda bisa menyiapkannya dengan berbagai cara dan semuanya akan lembut dan mudah dimakan. Ini adalah makanan yang menyediakan lemak, protein, vitamin dan mineral yang seimbang.
  • Salad: Anda dapat melakukannya tanpa selada dan membuat salad yang menggabungkan umbi-umbian atau kacang-kacangan yang dimasak.
  • Kacang-kacangan, pasta, dan nasi: dimasak dengan baik.
  • Susu: yogurt dan keju lunak berasal dari susu yang sangat mudah dikonsumsi.
    Roti lunak: remah dan tanpa kulit.
  • Makanan hangat: Suhu makanan adalah faktor lain yang perlu dipikirkan. Untuk mengurangi sensitivitas jaringan karena penggunaan perangkat atau karena luka, makanan yang ideal adalah suam-suam kuku. Hindari dingin atau panas yang ekstrim.

Perawatan penting lainnya untuk kawat gigi
Sekarang Anda tahu makanan yang harus Anda hindari dan harus Anda pilih saat memakai kawat gigi. Namun selain itu, ada perawatan lain yang harus Anda perhatikan agar perawatan ortodontik Anda berjalan dengan sukses.

Makan perlahan dan mengunyah dengan hati-hati sangat penting untuk menjaga perangkat dalam kondisi baik, bahkan di saat-saat sangat lapar. Minum air saat makan membantu membilas sisa makanan yang menempel di kawat gigi.

Cobalah untuk mengunyah makanan dengan gigi geraham dan bukannya dengan gigi lain. Dengan cara ini, Anda akan menghindari masalah dengan bagian depan perangkat. Penting juga untuk tidak menggigit benda keras: pulpen, pensil, mainan, atau menggigit kuku.

Menjaga kebiasaan kebersihan mulut juga sangat penting untuk merawat ortodontik dan menjaga kesehatan mulut.

Penggunaan sikat gigi, benang gigi, pasta gigi berfluoride dan obat kumur secara teratur dan tepat dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang terperangkap.

Menghindari makanan yang kami sebutkan di sini, menjaga kebersihan mulut dan pergi ke kontrol terjadwal dengan dokter gigi akan memungkinkan Anda untuk merawat kawat gigi Anda. Dengan latihan sederhana ini Anda dapat memperlihatkan senyum sehat dan selaras yang sangat Anda inginkan.***

Berita Entertainment Lainnya:

7 Ciri-ciri Anak yang Membutuhkan Kawat Gigi

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: mejorconsalud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Perhatikan Waktu saat Buang Air Kecil: 'Aturan 21 Detik' untuk Memantau Kesehatan Anda

    Perbedaan laju aliran urine bisa menandakan masalah kesehatan, termasuk batu kandung kemih, sistitis, dan bahkan masalah prostat.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Ini Alasan Mengapa Tanggal 10 September Ditandai dengan Pita Kuning

    Ini fakta yang tidak semua orang mengetahuinya. Bahwa setiap 10 September, akan ditandai sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia dan telah menjadi pusat perhatian di arena kesehatan masyarakat.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Cara Mengencangkan Vagina di Rumah, Bisa Bikin Orgasme yang Luar Biasa

    Vagina adalah bagian tubuh yang paling elastis yang berarti dapat meregang lebih lebar untuk menampung penis atau menjalani proses kelahiran, tetapi juga dapat kembali ke bentuk semula.

    Bugar

    Senin, 19 September 2022

    Penelitian Menunjukkan Teh Mengandung Banyak DNA Serangga, Apakah Berbahaya?

    Penelitian menunjukkan bahwa daun teh mengandung ratusan DNA serangga.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X