6 Tips Menjaga Kebugaran saat Kembali dari Mudik

2 Mei 2022, 21:30 WIB
Editor: Lily Indriyani
Ilustrasi lebaran.
Ilustrasi lebaran. /Tia Darti

  • Setelah berlebaran di kampung halaman, tentunya para perantau akan kembali ke tanah perantauannya.
  • Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran sepanjang perjalanan dari kampung halaman.
  • Hal-hal ini penting dilakukan agar perjalanan ke tanah perantauan dapat berjalan dengan baik.

SKOR.id - Hari Raya Idulfitri 1443 H jatuh pada Senin (2/5/2022).

Momen ini dimanfaatkan para perantauan untuk mudik ke kampung halaman setelah dua tahun terakhir terhalang pandemi Covid-19.

Setelah berlebaran bersama keluarga, tentunya para perantau ini akan kembali ke tanah perantuan, melanjutkan kehidupan seperti sedia kala.

Kembali, perjalanan panjang harus ditempuh, yang tak jarang membuat energi para perantau terkuras habis.

Berikut ini enam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan kembali dari kampung halaman agar sampai di tempat tujuan dengan selamat.

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Sebelum melakukan perjalanan, Anda dan keluarga perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur.

Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga, mengonsumsi makanan bergizi juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa nutrisi yang perlu dicukupi asupannya adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Untuk lebih menjaga kesehatan, Anda juga bisa membawa bekal selama perjalanan agar tidak mengonsumsi sembarang makanan.

Banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, juga akan menjaga kesehatan kandung kemih kita.
Banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, juga akan menjaga kesehatan kandung kemih kita. Twitter

2. Minum lebih banyak air putih

Banyak pelaku perjalanan memilih mengurangi minum air putih supaya tidak banyak buang air kecil selama perjalanan. Anggapan ini tidak sepenuhnya tepat.

Padahal, bila kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

Oleh karenanya, dianjutkan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya, selain juga dimungkinkan menambah asupan nutrisi dengan meminum jus buah.

3. Berolahraga secara rutin

Olahraga dapat memperkuat sistem imun tubuh untuk melwan infeksi penyebab penyakit dan mencegah pegal-pegal saat perjalanan.

Selain olahraga rutin, melakukan gerakan-gerakan peregangan ringan saat perjalanan juga berfungsi untuk menjaga kebugaran saat kembali ke tanah perantauan.

Ilustrasi pentingnya tidur bagi atlet.
Ilustrasi pentingnya tidur bagi atlet. (Pixabay.com)

4. Mencukupi waktu tidur dan istirahat

Tidur dan istirahat yang cukup merupakan kunci untuk melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

Dengan tidur dan istirahat yang cukup, Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit maupun terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi lelah dan mengantuk.

5. Mengelola stres

Lalu lintas yang padat dan kemacetan panjang seakan tidak bisa dipisahkan dari perjalanan mudik maupun balik.

Kondisi ini tak jarang membuat para pelaku perjalanan mudah stres, yang berujung pada menurunnya daya tahan tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mendengarkan musik dan melakukan teknik relaksasi untuk menenangkan pikiran.

6. Menerapkan protokol kesehatan

Mengingat kita masih berada di tengah pandemi Covid-19, risiko terpapar virus sepanjang perjalanan selalu ada.

Untuk itu, wajib untuk selalu mengenakan masker, menjaga jarak aman, serta menghindari keramaian, terlebih saat bersilaturahmi di kampung halaman.

Berita bugar lainnya:

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Usai Terlalu Banyak Mengonsumsi Opor Ayam dan Rendang

Tiga Masalah Kesehatan yang Masih Tabu bagi Kaum Pria

Mengapa Berat Badan Saya Sangat Berfluktuasi?

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Alodokter
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 30 April 2022

    Mengapa Kopi Membuat Anda Buang Air Besar? Ini Penjelasan Para Ahli

    Tidak banyak penelitian mengenai mengapa kopi membuat banyak orang sering berlari ke kamar mandi hanya beberapa saat setelah meminumnya.

    Bugar

    Sabtu, 30 April 2022

    4 Penyakit yang Harus Diwaspadai karena Mengintai Anak Saat Lebaran

    Terdapat setidaknya empat penyakit yang mengancam anak pada saat lebaran, sehingga mesti diwaspadai.

    Bugar

    Sabtu, 30 April 2022

    Mengenal Penyakit Paru-Paru, Gangguan Kesehatan yang Dialami Mino Raiola

    Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyakit paru-paru yang menyerang agen pesepak bola tersohor asal Italia, Mino Raiola.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    5 Bahan Alami untuk Membantu Menumbuhkan Rambut

    Menumbuhkan rambut dapat dibantu dengan beberapa bahan alami berikut ini.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Tips Mencegah Pikun di Usia Muda

    Pikun terjadi karena faktor imunitas dan kondisi kesehatan fisik, aspek kognitif yang berpengaruh terhadap usia.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

    Berikut ini adalah sembilan cara ampuh mengatasi nyeri sendi yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Mengenal Penyebab dan Gejala Infeksi Paru, Penyakit Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Sebelum Wafat

    Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang WIB.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

    Ingin tahu apa saja tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah atau bagaimana penuaan memengaruhi sistem kekebalan Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui dari dokter.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Cara Sederhana Menurunkan Demam Tanpa Konsumsi Obat

    Berikut Skor.id merangkum beberapa cara menurunkan demam tanpa mengonsumsi obat.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Risiko Batu Ginjal Meningkat di Musim Panas: Ini Cara Pencegahannya

    Batu ginjal adalah bongkahan bahan padat seperti batu yang terbentuk di salah satu atau kedua ginjal ketika ada kadar mineral tertentu yang tinggi dalam urine.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Manfaat Havermut untuk Kesehatan Tubuh

    Oatmeal atau havermut adalah makanan sarapan yang terbuat dari oat dan cairan seperti air atau susu.

    Bugar

    Jumat, 1 Juli 2022

    Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

    Tubuh kita butuh waktu 14 jam berpuasa setelah makan malam hingga makan kembali di keesokan harinya.

    Bugar

    Kamis, 30 Juni 2022

    Ini yang Harus Dilakukan saat Anak Remaja Anda Memberi Tahu Sesuatu yang Mengkhawatirkan tentang Seorang Teman, Kata Para Ahli

    Ketika anak remaja Anda memberi tahu Anda sesuatu yang mengkhawatirkan tentang seorang teman, haruskah Anda menelepon orang tuanya? Inilah saatnya untuk masuk, kata para ahli.
    X