8 Cara Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023

23 Januari 2023, 12:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi sekelompok orang berlompatan, menandai hidup aktif menjadi salah satu resolusi kesehatan untuk tahun 2023.
Ilustrasi sekelompok orang berlompatan, menandai hidup aktif menjadi salah satu resolusi kesehatan untuk tahun 2023. /Pixabay

  • Januari sering kali jadi waktu bagi banyak orang untuk memikirkan hidup mereka.
  • Tetapi, penelitian menunjukkan mereka yang membuat resolusi cenderung melupakan target yang mereka tetapkan sendiri.
  • Sejumlah ahli gizi merekomendasikan kebiasaan baru yang lebih sehat di tahun 2023.

SKOR.id - Apakah Anda pembuat resolusi tahun baru atau bukan, bulan Januari sering kali merupakan waktu untuk mempertimbangkan dan memikirkan bagaimana Anda hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang membuat resolusi cenderung meninggalkannya dengan cepat – yang tidak mengherankan mengingat tujuan yang seringkali tidak dapat dicapai - yang kita tetapkan sendiri. Alih-alih hanya menjadikan misi Anda untuk membuang kebiasaan lama itu, mengapa tidak menambahkan kebiasaan baru yang lebih sehat?

*Pergilah di luar dan manifestasikan diri Anda
“Terwujud dengan sendirinya saja tidak cukup,” kata Jodie Cariss, pendiri terapi Self Space dan penulis How To Grow Through What You Go Through. “Jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam lingkaran takdir atau 'jika memang ditakdirkan, itu akan menjadi' jebakan. Ini topik hangat akhir-akhir ini, tetapi mengandalkan manifestasi sebenarnya dapat membuat Anda sangat pasif dalam hidup Anda dan membuat Anda tetap berada di tempat yang tidak diberdayakan oleh perubahan yang Anda pimpin, kendalikan, dan miliki. Bersandarlah pada kepemilikan dan akuntabilitas untuk masa lalu, serta masa depan – yang akan meningkatkan kepercayaan dalam jangka panjang. Pimpin jalan dalam hidup Anda sendiri dengan obor yang menyala-nyala."

*Tingkatkan permainan pemulihan Anda
Di dunia kebugaran, proses pemulihan adalah hal yang populer. Apakah mandi es, kunjungan ke Stretch Lab, ruang cryo, atau sauna, jadikanlah misi kami untuk membantu tubuh Anda pulih secara fisik setelah sesi yang menantang. Masalahnya, “kita jarang menerapkan pola pikir yang sama pada jenis peristiwa kehidupan lain yang layak dapat fokus pemulihan yang sama besarnya,” kata Rhian Stephenson, ahli nutrisi, naturopat, dan pendiri Artah.

“Mengambil pendekatan proaktif untuk pulih dari stres berat, cedera fisik, momen emosional, dan penyakit merupakan aspek penting dalam menumbuhkan ketahanan. Kami secara alami tidak sabar, jadi seringlah mencoba untuk kembali normal setelah cedera, infeksi Covid, atau melahirkan, tetapi melewatkan fase pemulihan menciptakan rasa kemajuan yang salah."

Ahli nutrisi menyarankan untuk mengadopsi pola pikir yang menghargai pemulihan sebagai salah satu pilar inti kesehatan (bersamaan dengan olahraga dan nutrisi) untuk difokuskan.

Ini bisa sesederhana dengan mengonsumsi probiotik setelah penggunaan antibiotik ataupun langkah besar seperti berinvestasi dalam terapi setelah peristiwa emosional. “Kuncinya adalah mengakui investasi dalam pemulihan adalah investasi untuk kesejahteraan kita saat ini dan masa depan.”

*Cobalah terapi air dingin
Dari Bella Hadid hingga Gwyneth Paltrow, selebritas menyukai berendam di air dingin untuk membantu suasana hati, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan – dan dengan pasar cryotherapy global yang diperkirakan mencapai £318 juta pada tahun 2030, ini adalah peretasan kesehatan yang akan Anda dengar. lebih banyak dari.

"Ini telah terbukti memiliki banyak manfaat, mulai dari memengaruhi depresi, kecemasan, kekebalan dan metabolisme hingga manajemen nyeri, dan penelitian baru menunjukkan tanda-tanda awal bahwa itu bahkan dapat membantu pengobatan untuk demensia dan Alzheimer," kata Laura Fullerton, CEO dari Monk, aplikasi mandi es di rumah yang mudah digunakan. “Hanya perlu 11 menit seminggu untuk melihat dan merasakan manfaatnya.”

*Dapatkan ear seeds
“Sekilas, ear seeds terlihat seperti perhiasan, tetapi sebenarnya ada lebih banyak lagi,” kata Emilia Herting, salah satu pendiri Escapada Health. “Mereka sangat membantu untuk mengatasi kecemasan, sakit kepala, kelelahan, dan insomnia. Energi kehidupan kita, atau Qi, dapat dibawa kembali ke dalam aliran dengan memberikan tekanan pada titik-titik tertentu, dengan tujuan untuk melepaskan penyumbatan energik dalam tubuh dan mencapai keseimbangan batin – pembibitan telinga melibatkan pengaplikasian manik-manik kecil berlapis emas pada titik-titik akupunktur tertentu di telinga. Mereka tetap di sana sampai rontok."

Menurut kompasTV, ear seeds adalah bentuk auriculotherapy berdasarkan pengobatan tradisional Tiongkok, yang menggunakan titik akupresur di telinga untuk merangsang bagian lain dari tubuh.

*Makan lebih banyak serat
Penelitian menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah - meningkatkan asupan Anda hanya dengan 8g sehari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kronis hingga 27 persen.

Ahli gizi dan ilmuwan medis, Dr Federica Amati, mengatakan kita juga harus menemukan kembali kebiasaan “lima hari” (yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran) menjadi 30 ataupun lebih tanaman yang berbeda setiap minggunya, untuk membantu meningkatkan keanekaragaman mikroba dalam usus.

Selain memasukkan banyak sayuran hijau dan buah dalam semua warna pelangi, suplemen juga dapat membantu. “Ini akan menawarkan kesempatan untuk meningkatkan asupan polifenol, serat, dan tanaman kita tanpa menambahkan bahan penggembur, pengawet, atau bahan kimia berbahaya lainnya, dengan cara yang enak dan mudah,” katanya.

Dengan 5,4g serat beragam dalam setiap sajian, bersama antioksidan, vitamin, dan mineral yang tersedia secara hayati, ini adalah cara mudah untuk meningkatkan pola makan Anda.

*Jadikan meminyaki rambut sebagai ritual mingguan
Menurut Akash Mehta, CEO Fable & Mane, 2023 adalah meminyaki rambut akan jadi praktik umum di setiap rumah tangga. “Baik itu pada diri Anda atau orang yang Anda cintai, meminyaki rambut sudah berusia berabad-abad, tapi baru-baru ini mendapatkan popularitas di TikTok berkat tren 'hair slugging',” katanya.

“Ini dapat memperkuat dan menutrisi akar, merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, serta mengurangi stres.” Pijat minyak rambut ke kulit kepala dan akar, lalu sapukanlah sisa minyak dengan jari melalui bagian tengah dan ujung – Anda bisa membiarkannya semalaman atau bilas setelah 10 menit.

*Susun kebiasaan Anda
Untuk mempertahankan kebiasaan baik, mengapa tidak mencoba menumpuk kebiasaan? “Penumpukan kebiasaan adalah saat Anda mengidentifikasi kebiasaan yang ada, lalu menumpuk perilaku (atau kebiasaan) baru yang diinginkan di atasnya,” kata Anna Samuels, pendiri Boxx.

“Misalnya, jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi setiap pagi pada pukul 6 pagi, dan ingin mulai berolahraga setiap hari, kopi pagi berfungsi sebagai isyarat untuk memulai kebiasaan baru Anda berolahraga."

"Cara ini mengambil keuntungan dari bagaimana otak terhubung – dengan mengasosiasikan kebiasaan baru dengan perilaku lama, itu membutuhkan lebih sedikit kemauan, sehingga peluang Anda untuk tetap berpegang pada perilaku baru meningkat.”

*Meningkatkan kesehatan gusi
Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan gusi dan gigi yang buruk bisa menyebabkan percabangan di seluruh tubuh – satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa mereka yang memiliki riwayat penyakit periodontal memiliki 37 persen peningkatan risiko masalah kesehatan mental dan 18 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Sangat layak (dan mudah) untuk memastikan kesehatan gigi Anda prima.

“Kebanyakan orang tampaknya hanya membersihkan gigi, tetapi kuncinya adalah garis gusi karena di situlah bakteri terperangkap,” kata Dr Reena Wadia, pendiri RW Perio. “Ingatlah gigi, lidah, dan gusi Anda, dan pikirkan mulut secara keseluruhan. Selain menggunakan obat kumur pada waktu yang berbeda dengan menyikat (karena mengurangi efek pasta gigi), pastikan Anda juga membersihkan sela-sela gigi. Sikat interdental ideal, tapi jika tidak pas, gunakan benang. Sekali sehari adalah kuncinya.”***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Kesehatan Mental di Tempat Kerja: Prediksi Tren Tahun 2023

Resolusi Tahun Baru: 23 Ide untuk Menjaga Diri dan Menjadi Lebih Tampan di Tahun 2023

10 Tren Kesehatan yang Diharapkan Viral Sepanjang Tahun 2023

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Kompas TV, Vogue UK
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Khawatir tentang Kesehatan Mental Seseorang? Ini Cara Membantu Mereka

    Meskipun Anda mungkin memikirkan kesehatan mental Anda sendiri, mungkin ada saatnya dalam hidup Anda ketika Anda mengkhawatirkan kesehatan mental orang lain.

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    5 Kesalahan yang Dilakukan Orang yang Baru Mulai Pergi Nge-gym

    Ketika kita pergi ke gym biasanya kita ingin memperkuat otot kita dan mendapatkan tubuh yang kencang. Namun, meskipun kita memberikan 100% dari diri kita sendiri, kita tidak selalu dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Belajar dari Kesalahan Sendiri, Michael Phelps Ajari Tiga Putranya untuk Hadapi Stres

    Michael Phelps memegang rekor sepanjang masa untuk medali emas Olimpiade, menghasilkan 23 kemenangan tingkat atas untuk talentanya yang melegenda di kolam renang, tetapi dia yakini bisa memiliki lebih banyak medali jika tidak menekan perasaannya.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Trik asal Jepang yang Efektif untuk Dapatkan Perut Rata: handuk dan Waktu 5 Menit

    Seorang dokter Jepang, Toshiki Fukutsudzi, menciptakan sebuah latihan yang menjanjikan untuk menghilangkan lemak perut dan memperbaiki postur tubuh hanya dengan menggunakan handuk.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X