8 Kebiasaan Lifestyle Sehat yang Harus Anda Adopsi di Tahun 2022

10 Januari 2022, 09:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Perbanyak sayuran dalam diet juga merupakan satu langkah kecil untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat di tahun 2022.
Perbanyak sayuran dalam diet juga merupakan satu langkah kecil untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat di tahun 2022. /(Pixabay)

  • Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kesehatan dan kesegaran hidup Anda.
  • Alih-alih memilih resolusi yang rumit dan sulit tercapai, fokuslah pada hal-hal kecil.
  • Di antaranya perbanyak sayuran dan air putih, bermeditasi, meminta bantuan, memiliki hobi, dan mematikan gadget sebelum tidur.

SKOR.id - Mengembangkan kebiasaan gaya hidup sederhana bisa jauh lebih mudah dan lebih efektif daripada menuliskan resolusi tradisional.

Januari 2022 lebih dari sekadar awal tahun baru, ini juga adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi rutinitas kesehatan dan menyegarkan hidup Anda.

Alih-alih mencoba melakukan perubahan gaya hidup seperti berhenti dari media sosial atau menurunkan berat badan, fokuslah pada hal-hal kecil, seperti meluangkan waktu untuk teratur melakukan aktivitas yang Anda sukai, makan lebih banyak sayuran, atau membatasi penggunaan telepon.

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

Dengan begitu, Anda akan melangkah menuju tujuan Anda yang lebih besar tanpa merasa kewalahan, dan mempelajari sesuatu yang baru tentang diri Anda selama proses yang tak terlalu membuat stres. Ini benar-benar situasi yang saling menguntungkan.

Simrun Chopra, Pelatih dan Pendiri Deep Health, Nourish With Sim mencantumkan beberapa kebiasaan gaya hidup yang harus Anda terapkan pada tahun 2022:

Sertakan sayuran dalam diet harian Anda
Makan sayuran setiap hari sangat penting. Sayuran dikemas dengan nutrisi dan antioksidan, yang membantu Anda tetap sehat dan mencegah penyakit, serta membantu Anda menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Dua cangkir sayuran disarankan untuk dikonsumsi setiap hari, tetapi ini bisa jadi sulit bagi sebagian dari Anda. Beberapa dari Anda merasa sulit untuk mengonsumsi cukup sayuran setiap hari, sementara yang lain tidak yakin bagaimana menyiapkannya dengan cara yang menggugah selera.

Minum air putih 2-3 liter setiap hari
Bahkan dehidrasi ringan dapat mempengaruhi Anda secara mental dan fisik. Ini secara signifikan mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak Anda. Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mempertahankan energi, mengurangi sakit kepala dan banyak lagi.

Pastikan Anda mendapatkan cukup air setiap hari. Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Coba tambahkan segelas air saat bangun tidur dan atur pengingat sepanjang hari untuk memastikan Anda menyelesaikan kuota yang diberikan.

Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur. (TRIBUNNEWS)

Dapatkan jadwal tidur yang lebih baik
Biarkan 2022 menjadi tahun di mana Anda akhirnya mengambil kendali atas jadwal tidur Anda. Tidur yang cukup memengaruhi banyak bidang kehidupan Anda, termasuk nafsu makan, suasana hati, hormon, dan kesejahteraan umum.

Dan begitu Anda mulai memprioritaskan tidur, kemungkinan Anda untuk mudah tersinggung, stres, atau cenderung ngemil, semakin kecil.

Aktivitas 30 menit sesuai pilihan
Bukan rahasia lagi bahwa bergerak lebih banyak membantu kita menjadi lebih bugar dan sehat. Penelitian menunjukkan bahwa sedikitnya 30 menit aktivitas per hari dapat menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan hormonal dan banyak lagi.

Anda dapat memilih untuk menari, berlatih, atau berjalan-jalan jika Anda tidak bisa berolahraga. Setelah 30 hari, Anda akan melihat peningkatan kekuatan otot, daya tahan, dan keseimbangan. Plus, perhatikan perbedaan dalam ukuran pakaian Anda nantinya.

Setiap hari, luangkan waktu untuk menghilangkan stres
Jika stres membuat Anda cemas, tegang, dan khawatir, pertimbangkan untuk mencoba meditasi. Menghabiskan bahkan 10 menit dalam meditasi dapat memulihkan ketenangan dan kedamaian batin Anda.

Siapapun dapat berlatih meditasi. Ini sederhana dan murah, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Mulailah dengan menggunakan aplikasi gratis sederhana pada waktu yang nyaman bagi Anda.

Ilustrasi olahraga berjalan kaki dan bersepeda, salah satu opsi untuk gaya hidup lebih sehat di tahun 2022.
Ilustrasi olahraga berjalan kaki dan bersepeda, salah satu opsi untuk gaya hidup lebih sehat di tahun 2022. Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Minta bantuan dan merasa nyaman melakukannya
Kita harus tahu bagaimana meminta bantuan. Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan. Itu tidak mengganggu siapa pun. Itu hanya mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan untuk mengatasi masalah dan mencapai tujuan.

Orang-orang sangat bersedia menawarkan bantuan jika diminta. Tetapi kita cenderung menghindari situasi di mana perlu untuk meminta bantuan seseorang.

Dan itu menciptakan siklus negatif — kita tidak pernah meminta bantuan, jadi kita tidak pernah merasa nyaman untuk meminta bantuan. Dan karena kami tidak nyaman bertanya, kami terus menghindarinya.

Sertakan satu hal yang Anda nikmati di hari santai atau akhir pekan Anda.
Ini bisa sesederhana kelas dansa atau mempelajari hobi atau keterampilan baru atau bergabung dengan klub buku. Lakukan lebih banyak hal yang membuat Anda merasa bahagia dan Anda akan melihat hidup Anda berubah menjadi lebih baik.

Jika ini tampak terlalu menakutkan, mulailah dengan sesuatu yang lebih kecil. Mungkin beberapa waktu memanjakan diri dengan masker wajah, scrub kaki atau bahkan hanya 10 menit untuk diri sendiri minum teh atau kopi.

Ilustrasi memainkan HP atau gadget saat akan tidur.
Ilustrasi memainkan HP atau gadget saat akan tidur. (pixabay.com)

30 menit sebelum tidur, hindari menggunakan gadget atau perangkat apa pun
Ini adalah rutinitas sebelum tidur bagi banyak dari kita: memakai piyama, matikan lampu, merangkak ke tempat tidur dan kemudian meraih ponsel.

Kita semua bersalah karenanya. Dan hei, Anda bahkan mungkin merasa bersalah saat membaca artikel ini. Tetapi karena Anda di sini, Anda sebaiknya menyerap pengetahuan yang berguna ini — lalu tidur!

Meskipun menggoda untuk menggunakan komputer atau ponsel sebelum tidur, penelitian telah menunjukkan bahwa perangkat ini dapat mengganggu tidur dengan menekan produksi melatonin, hormon alami yang dilepaskan.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Makanan dan Gaya Hidup untuk Membuat Mata Lebih Tajam dan Sehat

Mulai Gaya Hidup Sehat, Ini Tips Berhenti Merokok

8 Rekomendasi Buah yang Mengandung Protein untuk Variasi Gaya Hidup Sehat

  • Sumber: india.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 8 Januari 2022

    Apa yang Harus Diketahui tentang 'Flurona', Mengalami Flu dan COVID pada Saat yang Sama

    Tak ada gejala khusus untuk "flurona" saja. Tapi seorang pasien mungkin mengalami gejala umum flu dan COVID. Banyak yang tumpang tindih.

    Bugar

    Sabtu, 8 Januari 2022

    3 Alasan Pentingnya Self-Love

    Meski terlihat remeh namun banyak yang belum bisa mencintai diri sendiri.

    Bugar

    Sabtu, 8 Januari 2022

    Menjaga Fungsi dan Kesehatan Pankreas dengan Makanan Ini

    Satu organ yang tidak menonjol seperti jantung atau paru-paru, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia: pankreas.

    Bugar

    Minggu, 9 Januari 2022

    Berdamai dengan Rasa Trauma? Begini Caranya

    Sebaiknya hinder alkohol dan obat-obatan terlarang.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

    Hubungan yang memuaskan adalah hubungan di mana kedua pasangan merasa dihargai, dicintai, dihormati, dan aman.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    7 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

    Ada sejumlah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan,

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Sederet Fakta yang Perlu Diketahui tentang Virus Hendra, Gejala dan Cara Pencegahan

    Berikut ini adalah sederet fakta yang perlu diketahui tentang virus Hendra.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Memiliki Alergi atau Asma Mungkin Terkait dengan Risiko Penyakit Jantung

    Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang mengejutkan antara asma dan alergi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

    Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

    Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

    Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Makan Terlalu Banyak Daging Tingkatkan Risiko Pria Menjadi Tidak Subur

    Makan terlalu banyak daging meningkatkan risiko pria menjadi tidak subur, klaim penelitian yang dilakukan di University of Woncester, Inggris.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Alasan Mengapa Kepanasan Membuat Tubuh Terasa Lelah

    Tubuh pasti merasa cepat lelah ketika terpapar panasnya matahari.
    X