8 Manfaat Penting Minum Air Putih saat Perut Kosong

21 November 2022, 17:00 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Konsumsi air putih penting bagi tubuh untuk setiap hari.
Konsumsi air putih penting bagi tubuh untuk setiap hari. /(pixabay.com)

  • Tubuh kita terdiri dari 70 persen air, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk fungsi tubuh yang teratur.
  • Minum air secara teratur bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.
  • Simak beberapa manfaat minum air putih saat perut kosong.

SKOR.id - Minum air secara teratur bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu menyingkirkan beberapa masalah dalam tubuh Anda. Baik itu sakit kepala, sembelit, atau dehidrasi, minum air putih saat perut kosong punya banyak manfaat.

Tubuh kita terdiri dari 70 persen air, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk fungsi tubuh yang teratur. Baik di pagi hari atau setelah sesi olahraga yang intens, minum air putih saat perut kosong akan membuat Anda tetap sehat dan bercahaya.

Tanpa air, tubuh kita bisa menderita masalah kesehatan nantinya. Pada artikel berikut, kita akan melihat lebih dalam beberapa manfaat minum air putih saat perut kosong: 

1. Mempercepat Metabolisme.
Jika Anda sedang diet, minum air saat perut kosong dapat meningkatkan diet Anda karena dapat membantu meningkatkan laju metabolisme hingga hampir 30 persen. Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Direkomendasikan untuk minum setidaknya empat liter air per hari untuk hasil terbaik.

2. Meningkatkan Kekebalan tubuh.
Kita menyadari fakta bahwa air sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Yang juga perlu kita ketahui adalah bahwa air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasakan minum air putih secara teratur saat perut kosong terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Itu dapat membantu Anda melawan infeksi.

3. Membersihkan Usus Anda.
Minum air putih saat perut kosong dapat membantu mengatur saluran pencernaan. Dan ketika Anda minum banyak air, Anda merasakan dorongan untuk buang air besar. Mempraktikkan ini setiap hari dapat membantu buang air besar secara teratur dan juga berkontribusi untuk membuang limbah dari tubuh Anda. Dengan cara ini, Anda membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Ini juga mencegah kembung.

Menyingkirkan akumulasi kotoran dalam tubuh juga memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat. Ini menghasilkan usus besar yang lebih sehat dan tubuh yang sehat secara keseluruhan.

4. Mencegah Serangan Migrain.
Salah satu alasan utama orang sering menderita sakit kepala dan serangan migrain adalah karena kekurangan air dalam tubuh. Dehidrasi adalah akar penyebab sakit kepala, dan minum air putih secara berkala, terutama saat perut kosong, dapat membantu menghilangkan sakit kepala secara alami. Tidak hanya itu, minum air yang cukup juga membantu mencegah masalah mulut atau gigi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan.
Minum lebih banyak air ketika diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat karena air tidak memiliki kalori sama sekali, dan meminumnya dengan interval yang sering akan membantu menjaga perut Anda tetap kenyang. Juga, itu tidak memiliki konsekuensi negatif. Karena minum banyak air membantu mempercepat metabolisme, ini membantu membakar kalori lebih cepat.

6. Mereda Rasa Lapar Anda.
Minum air saat perut kosong mengisi perut dan meredakan rasa lapar. Menurut penelitian, konsumsi air sebelum makan dapat menurunkan asupan makanan dan membantu dalam manajemen berat badan.

7. Membersihkan Kulit.
Minum banyak air adalah cara termudah untuk mendapatkan kulit bersih dan bercahaya. Noda atau bercak hitam biasanya disebabkan karena penumpukan racun di dalam tubuh. Air dapat membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan ini dari tubuh. Buang air besar secara teratur juga membantu mencapai kulit yang bersih dan jernih. Minum air saat perut kosong dapat membantu mempercepat prosesnya.

8. Membantu Meningkatkan Energi.
Jika Anda merasa mengantuk atau lesu, minum air putih saat perut kosong dapat membuat Anda merasa aktif secara instan. Air akan merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat, yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

Dengan begitu, minum air putih saat perut kosong memiliki banyak manfaat.

Terapi Air
Orang Jepang adalah orang pertama yang memperkenalkan terapi air ke dunia, dan mereka mengikutinya secara religius. Mereka minum air segera setelah bangun tidur, dan terapi ini juga didukung oleh berbagai penelitian. Berikut tutorial yang tepat tentang bagaimana Anda dapat mengikuti terapi air:

  1. Segera setelah Anda bangun di pagi hari, minumlah satu liter air sebelum menyikat gigi. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa mulai dengan jumlah yang lebih kecil.
  2. Setelah minum air, Anda bisa membersihkan dan menyikat gigi. Hindari makan atau minum apa pun selama sekitar 45 menit.
  3. Setelah ini, Anda bisa sarapan.
  4. Setelah makan biasa, jangan minum apa pun selama dua jam. Kemudian, minum satu liter air lagi.

Minum air membantu Anda mencegah banyak penyakit, dan Anda dapat melihat energi dan kesegaran baru dalam beberapa hari. Terapi air juga berkhasiat menyembuhkan tekanan darah, maag, sembelit, dan diabetes tanpa efek samping sama sekali.

Minum air ketika perut kosong adalah kebiasaan yang bisa memberi Anda semua manfaat kesehatan di atas. Tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga membantu menurunkan berat badan dan mencegah serangan migrain.

Meski disarankan untuk meminum satu liter air sebelum sikat gigi, Anda dapat memulainya dengan jumlah yang lebih sedikit untuk kemudian membangun kebiasaan tersebut secara bertahap untuk melihat perbedaan penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan
*Kapan Anda tidak boleh minum air?
Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari. Oleh karena itu, tidak pernah ada waktu yang buruk untuk minum air putih. Namun, minum air dalam jumlah berlebihan tepat sebelum tidur dapat mengganggu tidur Anda. Sehingga dianjurkan untuk setop minum air putih minimal 2 jam sebelum tidur.

*Apakah lebih baik menyesap atau meneguk air?
Lebih baik menyesap air. Minum air secara perlahan memungkinkan air liur, yang memiliki sifat basa, untuk menetralkan kadar asam di perut. Ini akan membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, menelan air sekaligus mencegah air liur turun, kemungkinan menyebabkan kotoran mengendap di ginjal dan kandung kemih.

*Mengapa orang Cina minum air panas?
Pengobatan Tiongkok kuno mengklaim bahwa minum air panas atau hangat dapat menyeimbangkan sifat dingin dan kelembapan. Ini membantu sistem pencernaan berfungsi lebih baik dan meningkatkan sirkulasi darah dan detoksifikasi tubuh.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Deretan Manfaat Air Acar untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Terapi Air Hangat, Jenis Pengobatan yang Tergolong Mudah tapi Sangat Bermanfaat

Inilah Penyebab Anda Mengalami 'Urinary Dribble' setelah Buang Air Kecil

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: stylecraze.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 17 November 2022

    Ingin Stabilkan Kadar Gula Darah? Cobalah Berolahraga di Malam Hari

    Jurnal Diabetologia menyebut bergerak antara tengah hari dan tengah malam adalah jendela terbaik jika ingin mengatur kadar gula darah.

    Bugar

    Jumat, 18 November 2022

    Risiko Alkohol dan Kanker: 5 Jenis Kanker Terkait dengan Konsumsi Alkohol

    Meskipun tidak ada obat untuk kanker, para peneliti bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk menemukan solusinya. Seiring waktu, penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan kanker terkait dengan berbagai faktor risiko seperti genetika, pola makan, dan olahraga.

    Bugar

    Jumat, 18 November 2022

    Cara Terbaik untuk Mengurangi Fatty Liver: Ubah Gaya Hidup

    Penyakit fatty liver, atau pelemakan hati, seperti namanya, adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati.

    Bugar

    Sabtu, 19 November 2022

    Song Joong-ki, Aktor Reborn Rich yang Jatuh Hati pada Pilates

    Aktor tampan, Song Joong-ki, kembali menyapa pencinta drama Korea melalui Reborn Rich.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X