9 Mitos Makan Sehat yang Harus Diabaikan, Mana yang Fiksi dan yang Fakta

19 Januari 2022, 13:14 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi sushi, salah satu makanan yang dianggap mahal dan mewah.
Ilustrasi sushi, salah satu makanan yang dianggap mahal dan mewah. /(pixabay)

  • Ahli gizi mengungkap kebenaran beberapa mitos nutrisi yang diyakini orang.
  • Dari menghindari roti hingga tidak pernah makan di malam hari.
  • Pada dasarnya, di balik mitos-mitos soal makan sehat, ada sejumlah fakta klinis yang melandasinya.    

SKOR.id - Apakah Anda tahu semua yang perlu diketahui tentang diet yang baik?

Ahli gizi Tracey Raye memeriksa beberapa kepercayaan umum untuk memisahkan mana yang merupakan fakta, mana yang fiksi atau hanya mitos, dilansir dari Mirror.

Makan enak itu mahal
Jajaran makanan super, suplemen, dan bedak di rak-rak toko membuat orang berpikir makan sehat itu mahal.

Tetapi dengan mengikuti prinsip-prinsip sederhana, seperti berpegang teguh pada produk musiman dan beku, membeli merek generik, perencanaan makan, dan mengenyangkan hidangan dengan protein nabati, Anda dapat dengan mudah membuat makanan lezat dengan harga lebih murah.

Lupakan makanan penutup
Membatasi semua makanan dari diet Anda dapat membuatnya sangat sulit untuk mempertahankan rutinitas yang sehat dalam jangka panjang. Dan tubuh yang bergizi baik biasanya akan menangani makanan sesekali dengan baik.

Beberapa mungkin memilih makanan kecil setiap hari, yang lain mungkin memilih hari tertentu, mungkin menikmati makanan penutup favorit mereka setiap hari Sabtu.

Ilustrasi es krim.
Ilustrasi es krim. Cleanroomtechnology.com/

Kuncinya adalah mengatur frekuensi dan ukuran porsi Anda.

Juga, cobalah untuk menemukan pilihan yang lebih sehat yang dibuat dengan cokelat hitam, atau gunakan yogurt sebagai pengganti krim.

Dan selalu luangkan waktu untuk menikmati setiap gigitan daripada makan sembarangan.

Vegan adalah orang yang paling sehat
Ada banyak manfaat dari pola makan vegan, seperti konsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang lebih tinggi.

Namun, pola makan vegan tidak secara otomatis diterjemahkan menjadi pola makan yang sehat. Dari perspektif nutrisi, manfaatnya benar-benar turun ke peningkatan fokus pada makanan nabati. Tapi itu tergantung dengan apa Anda mengganti daging dalam makanan Anda.

Ilustrasi makanan untuk diet vegan.
Ilustrasi makanan untuk diet vegan. (pixabay)

Banyak pengganti daging yang diproses atau mengandung banyak garam atau lemak, jadi jika Anda menjadi vegan, cobalah memasak dari awal menggunakan lentil, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan.

Anda dapat melakukan diet yang buruk
Olahraga menawarkan berbagai manfaat, tetapi itu tidak akan mengarah pada kesejahteraan yang berkelanjutan atau penurunan berat badan dengan sendirinya. Bahkan, Anda bisa berolahraga sepanjang hari dan tetap merasa lelah dan kelebihan berat badan.

Sementara sikap sehat untuk berolahraga bisa sangat membantu ketika mencoba menurunkan berat badan dan meningkatkan energi, tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang tepat dari protein, lemak sehat dan nutrisi lain untuk mengisi kembali tubuh Anda setelah berolahraga.

Tanpa ini, Anda mungkin kesulitan untuk mempertahankan rutinitas dan akhirnya mengemil junk food lebih banyak lagi untuk mengisi setelah berolahraga.

Roti itu buruk
Roti mendapat reputasi buruk dalam hal nutrisi, namun sangat mungkin untuk menikmatinya sebagai bagian dari diet sehat. Seperti biasa, ini tentang membuat pilihan yang bijak.

Ilustrasi roti gandum.
Ilustrasi roti gandum. (INSTAGRAM)

Varietas yang diproses lebih lanjut cenderung lebih mudah untuk dinikmati secara berlebihan lantaran kurang memuaskan, seringkali membuat kita merasa lelah dan lesu setelah beberapa potong.

Namun, memilih varietas yang diproses secara minimal, seperti roti sourdough, pitta, atau soda, adalah cara yang bagus untuk menikmati roti sambil memaksimalkan kandungan nutrisi, membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah dan sayuran mentah lebih baik daripada dimasak
Faktanya, memasak dapat menurunkan nutrisi tertentu, tetapi justru meningkatkan nutrisi lainnya.

Memasak tomat, misalnya, meningkatkan tingkat antioksidan likopen, sementara nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan kalsium yang ditemukan dalam bayam lebih mudah diserap saat dimasak.

Ilustrasi bayam, jenis makanan (sayuran) yang dapat meningkatkan massa otot.
Ilustrasi bayam, jenis makanan (sayuran) yang dapat meningkatkan massa otot. (Pixabay)

Khususnya bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, memasak buah dan sayuran dapat mempermudah tubuh untuk memecahnya dan mengekstrak nutrisinya.

Dengan demikian, produk tertentu seperti brokoli dan bawang putih, mungkin menawarkan lebih banyak manfaat saat mentah, jadi pendekatan yang ideal adalah campuran keduanya – dan tidak terlalu matang, yang akan membuat Anda kehilangan beberapa poin plus dan, yang lebih penting rasanya dan tekstur.

Makanan olahan tidak sehat
Kita cenderung mendengar banyak tentang kerugian pengolahan, tetapi ada dua kategori makanan yang termasuk dalam payung ini: olahan dan ultra-olahan.

Makanan ultra-olahan, seperti kue kemasan, biskuit, dan keripik, cenderung tinggi gula, garam, dan lemak, namun tidak mengandung nutrisi.

Metode pemrosesan lain dapat menawarkan kenyamanan yang sangat dibutuhkan dengan dampak minimal pada nutrisi.

Misalnya, jika waktu adalah faktor yang menghambat Anda untuk makan lebih sehat, tidak ada salahnya bersandar pada makanan seperti nasi dan kacang yang sudah dimasak, saus seperti houmous dan salsa atau sayuran beku yang dapat mendukung Anda mendapatkan makanan bergizi di meja pagi hari dengan cepat.

Makan di malam hari membuat gemuk
Secara fisiologis, kalori tidak dihitung lebih banyak saat dikonsumsi di malam hari – makan berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan terlepas dari waktunya.

Apa yang disarankan oleh para penelitian adalah bahwa kita cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan membuat pilihan makanan yang lebih buruk saat makan larut malam versus selama tengah hari.

Ilustrasi makan.
Ilustrasi makan. news medical

Penelitian sedang berlangsung, tapi sebagian besar ahli setuju bahwa ada baiknya memiliki jeda dua atau tiga jam antara waktu makan terakhir dan waktu tidur untuk memberikan waktu bagi sistem pencernaan untuk memproses makanan dan memastikan tidur malam yang lebih baik.

Semua kalori sama
Meskipun benar bahwa semua kalori memiliki jumlah energi yang sama, gagasan bahwa semuanya sama sangatlah menyesatkan.

Sumber kalori yang berbeda dapat memiliki efek yang berbeda secara signifikan pada hal-hal seperti keluaran energi, hormon, dan bahkan fungsi otak.

Protein membutuhkan lebih banyak energi untuk dipecah daripada karbohidrat dan lemak, tetapi juga lebih mengenyangkan, sementara makanan ultra-olahan membutuhkan lebih sedikit energi untuk dipecah daripada makanan utuh, yang juga menawarkan serat, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan yang baik.

Itu sebabnya Anda akan sering mendengar ungkapan 'kalori kosong' mengenai junk food dan alkohol. Satu pint bir, misalnya, memiliki kalori yang sama dengan 100g sirloin steak tetapi tidak ada nutrisinya.

Jadi, bukan hanya kalori yang harus diperhatikan jika Anda mencoba menahan lapar.***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

6 Makanan yang Tidak Boleh Anda Makan sebelum Pergi Berolahraga

5 Makanan yang Mengandung Kolagen

5 Makanan yang Baik untuk Mempercepat Pemulihan Patah Tulang

Makanan Ini Baik untuk Hati

Menjaga Fungsi dan Kesehatan Pankreas dengan Makanan Ini

  • Sumber: Mirror
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 18 Januari 2022

    Manfaat Tenis untuk Tubuh

    Tenis akan membuat seluruh tubuh pemainnya bergerak dan hal tersebut merupakan sesuatu yang positif.

    Bugar

    Selasa, 18 Januari 2022

    Jangan Dibuang, Inilah Manfaat dari Kulit Udang

    Kulit udang baik untuk dikonsumsi karena mengandung kitosan.

    Bugar

    Selasa, 18 Januari 2022

    6 Makanan yang Tidak Boleh Anda Makan sebelum Pergi Berolahraga

    Beberapa makanan yang harus dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik apa pun: yang berlemak, kaya akan gula rafinasi, atau pun alkohol.

    Bugar

    Selasa, 18 Januari 2022

    8 Manfaat Anggur Hitam yang Harus Anda Ketahui

    Anggur hitam menyehatkan rambut dan kulit, meningkatkan kesehatan jantung Anda, dan bahkan melindungi sel-sel Anda dari kanker.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

    Hubungan yang memuaskan adalah hubungan di mana kedua pasangan merasa dihargai, dicintai, dihormati, dan aman.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    7 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

    Ada sejumlah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan,

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

    Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Sederet Fakta yang Perlu Diketahui tentang Virus Hendra, Gejala dan Cara Pencegahan

    Berikut ini adalah sederet fakta yang perlu diketahui tentang virus Hendra.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Memiliki Alergi atau Asma Mungkin Terkait dengan Risiko Penyakit Jantung

    Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang mengejutkan antara asma dan alergi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

    Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

    Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

    Bugar

    Jumat, 20 Mei 2022

    Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

    Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Makan Terlalu Banyak Daging Tingkatkan Risiko Pria Menjadi Tidak Subur

    Makan terlalu banyak daging meningkatkan risiko pria menjadi tidak subur, klaim penelitian yang dilakukan di University of Woncester, Inggris.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Alasan Mengapa Kepanasan Membuat Tubuh Terasa Lelah

    Tubuh pasti merasa cepat lelah ketika terpapar panasnya matahari.
    X