Aktris Eva Longoria Memilih Trampolin sebagai Olahraga Ideal, Ini Manfaatnya Menurut Para Ahli

27 Februari 2022, 12:28 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Eva Longoria memiliki jenis rekomendasi latihan yang berbeda untuk mempertahankan kebugarannya, yakni dengan trampolin.
Eva Longoria memiliki jenis rekomendasi latihan yang berbeda untuk mempertahankan kebugarannya, yakni dengan trampolin. /Instagram @evalongoria

  • Aktris Eva Longoria memilih melompat-lompat di atas trampolin sebagai bentuk aktivitas berolahraga yang ideal untuknya.
  • Selain mendapatkan keringat, latihan ini tidak terlalu membebani sendi lutut.
  • Ini juga sebagai latihan aerobik yang mampu meningkatkan detak jantung.

SKOR.id - Di kala banyak selebriti begitu terpikat oleh gerakan-gerakan Pilates ataupun spin class mereka, Eva Longoria menyodorkan jenis rekomendasi latihan fisik yang berbeda.

Untuk sang aktris mantan bintang serial Desperate Housewives tersebut, cara ideal untuk berkeringat adalah dengan melompat-lompat di atas trampolin mini.

Dalam wawancaranya baru-baru ini dengan Women's Health, produser Grand Hotel — yang menggunakan rutinitas latihan dari studio kebugaran trampolin The Ness setidaknya lima hari seminggu — menjelaskan hasratnya, "Melonjak-lonjak di atas trampolin ini berdampak rendah. Anda mendapatkan latihan yang berkeringat tanpa semua hentakan di lutut Anda."

Longoria sangat berkomitmen pada rutinitasnya itu sehingga dia bahkan selalu membawa trampolin mininya saat bepergian.

Tetapi apakah trampolin ini benar-benar exercise yang hebat? Dr. Nina Shapiro, penulis The Ultimate Kids' Guide to Being Super Healthy dan profesor di UCLA School of Medicine, memberikan persetujuannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eva Longoria Baston (@evalongoria)

"Trampolining adalah bentuk latihan aerobik yang hebat, karena aktivitas tingkat tinggi dapat meningkatkan detak jantung dan juga bahkan menyebabkan berkeringat," kata Shapiro kepada Yahoo Life.

“Selain itu, banyak orang, terutama yang mungkin enggan olahraga, menganggapnya sangat menyenangkan. Ini benar-benar dapat berdampak pada manfaat keseluruhan, karena jika aktivitas itu berlangsung menyenangkan dan tidak menakutkan, orang akan lebih cenderung melakukannya lebih sering dan untuk jangka waktu yang lebih lama." 

"Pantulan rebounder, atau trampolin mini, juga mengurangi beberapa tekanan di sendi, yang dapat meminimalkan cedera berlebihan dari aktivitas seperti berlari atau joging."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eva Longoria Baston (@evalongoria)Aly Giampolo, pendiri dan direktur metode The Ness, menegaskan bahwa manfaat kesehatan mental hanyalah salah satu alasan klien seperti Longoria menyukai latihan fisik mereka.

"Dari sekian banyak alasan mengapa orang menyukai latihan trampolin, kegembiraan yang melekat pada mereka adalah yang teratas dalam daftar," katanya kepada Yahoo Life.

"Hampir tidak mungkin untuk tidak tersenyum saat Anda berada di atas trampolin! Banyak klien kami yang menyadari bahwa selain menyenangkan, trampolin dengan cara yang kami lakukan di The Ness dapat bersifat meditatif meskipun gerakan-gerakan dalam latihan itu sendiri adalah energi yang sangat tinggi." 

"Dalam metode kami, kami mengurutkan serangkaian gerakan yang berbeda bersama-sama untuk menciptakan rutinitas koreografi di seluruh kelas." 

"Dengan melakukan itu, klien tidak hanya mendapatkan dorongan kardio intensitas tinggi, tapi juga dapat tetap sepenuhnya hadir dalam sesi latihan mereka dengan menantang koordinasi dan memori keterampilan mereka."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Eva Longoria Baston (@evalongoria)

Namun, satu hal yang diperdebatkan adalah apakah trampolin benar-benar akan mendorong drainase limfatik — suatu proses yang, menurut Healthline, mempercepat penyerapan dan pengangkutan cairan limfatik yang mengandung racun, bakteri, virus, dan protein.

Ini adalah salah satu manfaat yang Longoria katakan membuatnya terus melompat kembali.

Shapiro menjelaskan, "Meskipun mungkin tidak ada hubungan khusus dengan peningkatan drainase limfatik dari aktivitas ini, manfaat keseluruhan untuk kesehatan dan kebugaran kardiovaskular, dan penguatan otot, akan memiliki manfaat sekunder untuk sistem limfatik."

Aktris Eva Longoria nyaris tidak pernah lupa membawa serta peralatan trampolin mini dalam setiap perjalanan yang dilakukannya.
Aktris Eva Longoria nyaris tidak pernah lupa membawa serta peralatan trampolin mini dalam setiap perjalanan yang dilakukannya. Instagram @evalongoria

"Mereka yang menjalani gaya hidup tidak banyak bergerak, dan banyak yang lain, terutama yang hidup dengan obesitas, cenderung memiliki drainase limfatik yang lebih buruk, terutama di ekstremitas bawah."

Pertanyaannya, bagaimana seseorang bisa memasukkan latihan trampolin ke dalam rutinitas latihan mereka sendiri?

Pelatih pribadi bersertifikat Tony Coffey, pemilik Bloom Training, mengatakan kepada Yahoo Life bahwa bagi banyak orang, trampolin mungkin bekerja paling baik jika dipasangkan dengan latihan lain karena sifatnya yang berintensitas tinggi.

"Saat membandingkan tren trampolin dengan metode kardio populer lain, ada kekurangan dalam seberapa banyak Anda bisa keluar darinya," jelas Coffey.

"Meskipun Anda mungkin membakar lebih banyak kalori pada saat itu, Anda mungkin tidak bisa trampolin selama 20 atau 30 menit seperti berjalan kaki atau jogging."

"Saya akan menggunakan ini lebih sebagai pemanasan untuk latihan normal atau latihan rutin Anda, bukan keseluruhan latihan."

"Secara optimal saya akan memasangkan latihan trampolin sebagai pemanasan untuk setiap rutinitas latihan beban padat untuk membuat darah mengalir dan membangunkan sistem saraf pusat Anda sebelum berolahraga."***

Berita Bugar Lainnya:

Ragam Manfaat Bermain Trampolin

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Jumat, 25 Februari 2022

Benarkah Berendam Air Panas Dapat Mengurangi Kesuburan

Dengan berendam maka sel sperma juga akan ikut menjadi panas.

Bugar

Sabtu, 26 Februari 2022

Wajib Tahu, Ini Penyebab Rambut Rontok Berlebih

Permasalahan rambut rontok berlebihan ini juga tak memandang usia.

Bugar

Sabtu, 26 Februari 2022

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Mempercepat Faktor Penuaan

Apa yang kita makan, seberapa banyak kita bergerak, suasana hati kita, kepribadian kita, dapat berdampak pada seberapa cepat kita menua. Apakah Anda juga melakukan kesalahan ini?

Bugar

Sabtu, 26 Februari 2022

Inilah Penyebab Mengapa Anda Selalu Menggoyangkan Kaki

Menggoyangkan kaki kadang terjadi tanpa disadari, maka perlu diketahui dorongan konstan dan cara mengatasinya.

Terbaru

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
X