Alasan Sehat untuk Memilih Apel daripada Keripik Kentang, Menurut Penelitian

22 September 2022, 11:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
ILustrasi potato chips atau keripik kentang.
ILustrasi potato chips atau keripik kentang. /Pixabay.com

  • Lebih sering makan buah dan tidak mengemil keripik kentang adalah salah satu cara agar kita merasa sedikit lebih positif dari hari ke hari.
  • Pemahaman itu diperoleh dari studi Aston University di Birmingham, Inggris.
  • Para peneliti menyatakan konsumsi snack garing seperti keripik kentang yang miskin nutrisi, dikaitkan dengan penurunan kognisi.

SKOR.id - Sering ngemil buah-buahan dapat membuat Anda merasa lebih baik, sementara camilan enak tapi kurang sehat seperti potato chips atau keripik kentang justru dapat menyebabkan kerusakan psikologis dan masalah memori, menurut penelitian baru.

Para peneliti dari Aston University di Birmingham, Inggris, mempublikasikan temuan mereka tersebut dalam British Journal of Nutrition musim semi lalu.

Penelitian ini melibatkan 428 orang dewasa sehat yang mengisi kuesioner terkait dengan diet mingguan mereka selama setahun terakhir, termasuk konsumsi buah, sayuran, permen, biskuit, kue, dan cokelat, serta camilan gurih seperti keripik.

Mereka juga diminta menjawab pertanyaan mengenai kesehatan psikologis, asupan alkohol, olahraga, dan status merokok mereka.

Dan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang makan buah lebih sering menunjukkan gejala depresi yang berkurang dan kesejahteraan psikologis positif yang lebih besar.

Sebaliknya, lebih sering ngemil keripik kentang dan camilan gurih lainnya dikaitkan dengan peningkatan kecemasan, depresi, stres dan penurunan kesejahteraan psikologis.

"Kami hanya mengatakan bahwa ada kebiasaan yang mudah dimodifikasi yang dapat kita ubah untuk berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental kita dan mengurangi risiko berpotensi mengalami suasana hati yang buruk dan mengembangkan depresi," kata Nicola-Jayne Tuck, seorang peneliti doktoral dan seorang rekan penulis studi tersebut. 

Lebih banyak alasan untuk memilih buah, sayuran daripada keripik kentang
Peserta makan buah dan sayuran rata-rata empat hingga enam kali seminggu, dan camilan manis dan gurih dua hingga tiga kali seminggu.

Temuan yang menarik adalah bahwa makan satu porsi buah dengan ukuran berapa pun (untuk anggur, satu porsi adalah "segenggam anggur") baik untuk kesehatan mental, kata Tuck. Makan buah dua kali sehari lebih baik daripada makan empat kali seminggu, misalnya.

"Jumlah total yang kita konsumsi tidak sepenting seberapa sering kita mengonsumsi buah. Itu benar-benar mengejutkan karena Anda berharap jumlah dan frekuensinya akan sama. Tapi ternyata tidak."

Ilustrasi buah apel hijau, yang dipercaya dengan cepat membantu menurunkan berat badan.
Ilustrasi buah apel hijau, yang dipercaya dengan cepat membantu menurunkan berat badan. pixabay.com

Para peneliti mengatakan sering mengonsumsi buah dalam bentuk mentah - buah utuh, misalnya-, dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi dengan sifat antioksidan, meningkatkan pengaruhnya terhadap kesehatan psikologis.

Mengemil makanan gurih, terutama keripik kentang, dikaitkan dengan perjuangan kognitif, termasuk kegagalan memori, serta lebih banyak contoh depresi, kecemasan, stres dan penurunan kesejahteraan mental secara keseluruhan, kata Tuck.

Meskipun makan lebih banyak buah tidak secara langsung terkait peningkatan kognisi dalam temuan, "kita dapat mengatakan bahwa konsumsi garing (keripik kentang) yang miskin nutrisi ini" dikaitkan dengan penurunan kognisi, katanya kepada USA TODAY.

Penelitian lama dan keterbatasan
Penelitian sebelumnya juga telah menghasilkan hasil yang serupa termasuk studi tahun 2020 yang menemukan makan buah beri, pisang, dan buah-buahan kering secara signifikan mengurangi gejala depresi.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan hasil kesehatan mental yang buruk di antara orang-orang yang mengkonsumsi minuman manis setidaknya sekali sehari.

Namun, masalah kesehatan mental yang buruk tidak ditemukan di antara mereka yang telah minum jus buah 100% setidaknya sekali sehari.

Studi yang lebih baru memang memiliki keterbatasan terutama karena ini adalah studi cross-sectional yang menggunakan data dari snapshot dalam waktu - dan tidak secara langsung mengatakan buah dan sayuran, atau makanan ringan, secara langsung turut mempengaruhi kesejahteraan mental, kata Tuck.

Tetapi sebuah studi baru yang sedang dia kerjakan "mengeksplorasi kausalitas dengan cara yang lebih baik ... melihat hubungan dari waktu ke waktu," katanya.

Untuk saat ini, hasil penelitian menunjukkan kebiasaan sehat tampaknya memiliki manfaat. "Makan buah lebih sering dan menolak keripik kentang adalah salah satu cara agar kita merasa sedikit lebih positif dari hari ke hari," kata Tuck.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

4 Alasan Keripik Kentang Buruk untuk Kesehatan

Meski Enak, Keripik Kentang Ternyata Menyimpan Bahaya yang Mengancam Tubuh

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: news.yahoo.com, usa today
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 19 September 2022

    6 Makanan yang Harus Dihindari ketika Anda Memakai Kawat Gigi

    Jika Anda memakai kawat gigi, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. Dengan cara ini, Anda akan dapat menjaga alat dan mulut Anda dalam kondisi baik.

    Bugar

    Senin, 19 September 2022

    Payudara Kendur Bukan karena Menyusui, Apa Penyebabnya?

    Terlepas dari kenyataan ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa payudara tidak melorot karena menyusui, banyak ibu tidak ingin menyusui karena takut akan perubahan penampilannya. Ini mitos yang harus dibuang.

    Bugar

    Selasa, 20 September 2022

    5 Pilihan Buah untuk Penderita Darah Rendah

    Darah rendah disebabkan berbagai hal, termasuk dehidrasi dan kurangnya asupan nutrisi tertentu.

    Bugar

    Selasa, 20 September 2022

    Wajib Diketahui, Ini Pemicu Kanker Paru-paru Selain Punya Kebiasaan Merokok

    Kanker paru-paru bisa mengintai siapa saja meskipun bukan perokok aktif.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X