IIMS

Anda Pejalan Lambat atau Cepat? Ini yang Terjadi pada Tubuh ketika Anda Melakukan Keduanya

13 Januari 2022, 11:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Berjalan kaki setiap hari memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.
Berjalan kaki setiap hari memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. /(247WallSt/Twitter)

  • Berjalan adalah cara yang sangat baik dan mudah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.
  • Tidak ada cara yang salah untuk berjalan.
  • Jalan lambat atau jalan cepat tetap memiliki manfaat bagi tubuh Anda.

SKOR.id - Sebuah argumen terus-menerus bergulir: antara berjalan lambat (slow walker) versus power walking (jalan cepat), mana yang menang? Maka, kami meminta para ahli untuk memberikan putusan akhir.

Hal pertama yang harus diingat, menurut Michael Weinrauch, MD, seorang ahli jantung yang tinggal di New Jersey, adalah bahwa tidak ada cara yang salah untuk berjalan.

"Berjalan kaki apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali, meskipun dosis minimum tampaknya adalah 10 menit tanpa gangguan," jelas sang dokter.

Bahkan interval jalan paling pendek telah terbukti meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda, mencegah radang sendi pada orang dewasa yang lebih tua, meningkatkan energi dan meningkatkan suasana hati Anda — dan daftarnya terus berlanjut.

Jadi sebelum kita menyelami lebih dalam tentang manfaat utama jalan lambat dan jalan cepat, ingatlah bahwa Anda tidak perlu mengadu domba keduanya.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki yang kecepatannya bervariasi dari cepat hingga berjalan santai memiliki manfaat tersendiri.

"Berjalan lambat dan cepat pasti berdampak berbeda pada tubuh, tetapi yang paling penting untuk diingat adalah bahwa itu semua masalah derajat," kata Dr. Weinrauch. Ingatlah itu sebelum Anda menekankan irama langkah Anda, oke?

Manfaat berjalan dengan kecepatan normal
Ketika Dr. Weinrauch bekerja dengan pasien dengan kehidupan menetap, dia akan selalu menyarankan berjalan lambat ketika mereka baru memulainya.

"Saya memberi tahu pasien yang tidak berolahraga secara teratur untuk memastikan mereka berjalan 30 menit sehari tanpa gangguan pada sebagian besar hari dalam seminggu."

"Jika mereka benar-benar tidak bergerak, mereka harus membangun ke level ini secara perlahan. Setelah level ini tercapai, mereka dapat meningkatkan intensitasnya untuk mendapatkan lebih banyak manfaat."

Tetapi jika Anda baru mulai berjalan, tidak perlu khawatir untuk mempercepat langkah Anda.

"Jalan kaki secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini meningkatkan kebugaran kardiovaskular, risiko kardiovaskular, kontrol glikemik, tingkat stres, dan dapat membantu mencegah demensia," kata Dr. Weinrauch.

Maka itu, jika Anda baru memulai, jalan lambat akan memberikan manfaat maksimal sampai Anda meningkatkan kebugaran dan tubuh Anda siap untuk tantangan berikutnya.

Manfaat power walking
Dr. Weinrauch mendefinisikan power walking atau berjalan cepat (dengan kekuatan) sebagai jalan yang membutuhkan usaha sedang atau berat.

"Biasanya, dengan aktivitas intensitas sedang, Anda akan dapat berbicara, tetapi tidak menyanyikan kata-kata untuk lagu favorit Anda," jelasnya.

"Sama halnya dengan aktivitas intensitas tinggi, seseorang perlu berhenti sejenak untuk menarik napas setelah hanya mengucapkan beberapa kata."

Jadi, jika perlu upaya Sisyphean untuk menyanyikan lagu Lil Nas X di daftar putar jalan kaki Anda, selamat, Anda telah secara resmi melewati ambang batas menjadi jalan cepat (atau jalan cepat).

Satu hal hebat tentang jalan kaki sedang hingga berat adalah bahwa ia memenuhi kriteria untuk aktivitas aerobik intensitas sedang yang direkomendasikan pemerintah.

"Pemerintah AS merekomendasikan 150 menit per minggu aktivitas aerobik intensitas sedang (atau 30 menit, lima hari seminggu), 75 menit seminggu aktivitas aerobik intensitas kuat, atau kombinasi keduanya yang setara," kata Dr. Weinrauch.

Artinya, Anda dapat berjalan kaki 30 menit per hari, lima hari seminggu dan mencapai kuota aerobik Anda—kemenangan total untuk kesehatan Anda.

Saat Anda menekan pedal dengan kecepatan Anda, Anda akan merasakan semua manfaat yang disebutkan di atas (menghilangkan stres, kebugaran kardiovaskular, dan sebagainya), tetapi lebih dari itu.

Seperti yang disebutkan Dr. Weinrauch di awal, manfaat ini terjadi dalam skala besar.

Sebagai contoh, sebuah penelitian terhadap 13.535 perawat berusia 70 tahun ke atas menemukan bahwa pejalan kaki cepat (atau wanita yang bergerak dengan kecepatan sekitar tiga mil per jam) memiliki kemungkinan 2,68 kali lebih besar untuk menua dengan sehat daripada mereka yang berjalan dengan kecepatan sedang.

Meskipun, perlu disebutkan bahwa pejalan kaki dengan kecepatan sedang itu juga mendapat banyak manfaat dari rejimen mereka dalam penelitian yang sama.

Anda juga dapat menambahkan lebih banyak tantangan lagi pada rutinitas berjalan Anda dengan mendaki bukit di lingkungan Anda.

"Jalan cepat, dan lebih khusus lagi, berjalan dengan tanjakan, membakar kalori dan membangun serta memperkuat otot-otot di rantai posterior Anda, alias otot-otot dari betis hingga punggung," kata pelatih New York Road Runners, Roberto Mandje, sebelumnya kepada Well+Good.

Dengan begitu, jalan kaki Anda juga berfungsi sebagai sesi latihan kekuatan.

Kesimpulannya:
Sederhananya: Berjalan adalah cara yang sangat baik dan mudah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Saat pertama kali memulai, jangan khawatir tentang angka di jam tangan kebugaran Anda. Baru mulai. Dan jika Anda memiliki lebih dari 150 menit per minggu untuk didedikasikan untuk rejimen kebugaran, Dr. Weinrauch merekomendasikan untuk memasukkan latihan kekuatan ke dalam jadwal Anda juga.

"Idealnya, pemerintah AS juga merekomendasikan agar orang dewasa yang lebih tua melakukan latihan kekuatan setidaknya dua hari seminggu yang melibatkan semua kelompok otot utama: punggung, pinggul, lengan, perut, lengan, dan kaki," tambahnya.

Yang paling penting: Dapatkan langkah-langkah itu...lalu lakukan repetisinya.***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

Manfaat Memulai Hari Anda dengan Jalan Kaki

7 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan

5 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas, Bisa Perbaiki Postur Tubuh

6 Perubahan Fisik dan Emosional yang Didapat dari Berjalan Kaki Setiap Hari

  • Sumber: wellandgood.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Apakah Masker Saya Melindungi Saya jika Tidak Ada Orang Lain yang Memakainya?

    Masker berfungsi paling baik saat semua orang di ruangan mengenakannya, tapi Anda tetap terlindungi meski orang di sekitar Anda tidak.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Setengah Sendok Makan Minyak Zaitun Sehari Menjauhkan Anda dari Penyakit Kadiovaskular

    7 gram minyak zaitun sehari menurunkan risiko kematian dari penyakit kardiovaskular, kanker, neurodegeneratif, dan penyakit pernapasan.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Model Kebugaran Monica Huldt Berbagi Tips Meningkatkan Libido, Ayo ke Gym!

    Model OnlyFans dan influencer kebugaran Monica Huldt berbagi tips. Dia mengungkapkan pergi ke gym telah meningkatkan libidonya setelah berjuang di kamar tidur.

    Bugar

    Rabu, 12 Januari 2022

    Kenali Gejala dan Penyebab Bronkitis

    Penyebab bronkitis terbagi menjadi dua yakni infeksi dan noninfeksi.

    Terbaru

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Mengenal Penyakit OCD yang Dialami Aliando

    Untuk pengobatannya sendiri sampai saat ini masih belum ada.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Benjolan di Leher: Apa Penyebabnya dan Kapan Saya Harus Khawatir?

    Dalam kebanyakan kasus bejolan di leher biasanya jinak dan disebabkan oleh penyakit inflamasi atau faktor bawaan atau pada kasus lainnya, kanker.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Gangguan Makan: Apa Itu dan Mengapa Jumlah Kasus Terus Bertambah

    Gangguan makan adalah kondisi medis serius dengan pengaruh biologis dan ditandai dengan gangguan parah dalam perilaku makan.

    Bugar

    Jumat, 28 Januari 2022

    Ini yang Harus Anda Makan sebelum Pergi ke Gym untuk Latihan Membentuk Otot

    Menyesuaikan nutrisi sama pentingnya dengan olahraga dalam hal meningkatkan massa otot: termasuk protein, karbohidrat, dan lemak.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Penyebab Terjadinya Usus Buntu

    Penyebab usus buntu sebenarnya bukan lah makanan pedas.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Dehidrasi Dapat Memengaruhi Kesehatan Anda

    Sekitar 60% dari berat badan pria dewasa dan 50-55% pada wanita adalah air, menurut komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Aktor Henry Cavill Membagikan Saran Kebugaran Terbaik kepada Para Pemula

    Dalam video untuk situs bodybuilding.com, aktor Henry Carvill berbicara soal pendekatannya terhadap program kebugaran dan kesehatannya.

    Bugar

    Kamis, 27 Januari 2022

    Suplemen Vitamin D: Kapan Saya Harus Mengkonsumsinya?

    Vitamin D mengurangi risiko tertular osteoporosis, tapi tidak disarankan mengosumsinya dengan dosis tinggi, terutama yang punya isu kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Baik untuk Kesehatan Mata dan Otak, Inilah Berbagai Manfaat dari Telur Ikan

    Kandungan DHA dan EPA dalam telur ikan penting untuk perkembangan visual pada bayi dan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa.

    Bugar

    Rabu, 26 Januari 2022

    Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

    Setidaknya ada enam manfaat mendengarkan musik.
    X