Anggur dan Kolesterol: Antara Cinta dan Benci

11 Januari 2022, 10:23 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi buah anggur.
Ilustrasi buah anggur. /

  • Anggur memberikan kontribusi dalam karbohidrat lebih tinggi daripada buah-buahan lain, karena menyediakan banyak energi.
  • Dan itu adalah karbohidrat yang mudah diasimilasi seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dekstrosa dan levulosa.
  • Para spesialis menunjukkan anggur hitam dan anggur merah memiliki jumlah fitonutrien yang lebih tinggi daripada varietas anggur 

SKOR.id - Anggur tidak pernah kekurangan fungsi. Semuanya bisa dimanfaatkan dari buah ini, bahkan ranting-ranting yang menopangnya. Ini mencakup dunia properti sehat, yang maju tanpa henti menuju penggunaan baru lainnya, dari kosmetik hingga obat-obatan.

Komposisi anggur mungkin sedikit berbeda tergantung apakah itu anggur putih atau hitam.

Secara umum, kontribusi mereka dalam karbohidrat lebih tinggi daripada buah-buahan lain, karena menyediakan banyak energi, kata Spanish Nutrition Foundation (FEN).

Dan, yang menarik, energi itu adalah karbohidrat yang mudah diasimilasi seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dekstrosa dan levulosa.

Terkait nilai gizinya, anggur kaya akan senyawa fenolik, menonjolkan stilbenes (resveratrol) dan flavonoid.

Beberapa spesialis menunjukkan bahwa anggur hitam dan anggur merah memiliki jumlah fitonutrien yang lebih tinggi daripada varietas anggur lainnya.

Manfaat Kesehatan
Anggur memiliki manfaat penting bagi kesehatan kita. Sebuah tim peneliti dari David Geffen School of Medicine dari University of California, telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa memakan buah ini dapat meningkatkan keragaman bioma usus dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam artikel yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kelompok itu menjelaskan eksperimen dengan memberi makan sukarelawan bubuk anggur selama empat minggu.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa makan buah-buahan tertentu, seperti apel dan anggur, dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah karena mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan.

Makan buah-buahan ini juga menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah. Dan dalam beberapa kasus, mengkonsumsi polifenol telah terbukti mengurangi peradangan, faktor penyebab penyakit jantung.

Dalam upaya baru ini, para peneliti berusaha untuk menemukan kemungkinan dari manfaat kesehatan lainnya dari makan buah anggur.

Penurunan Kadar Kolesterol
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemungkinan manfaat kesehatan positif, kelompok tersebut meminta bantuan 19 orang dewasa yang sehat.

Mereka masing-masing makan diet khusus rendah polifenol dan serat selama empat minggu. Kemudian masing-masing subjek makan makanan yang sama tetapi dengan tambahan bubuk anggur.

Relawan-relawan itu menelan 46 gram bubuk per hari, yang setara dengan dua porsi anggur. Para peneliti kemudian mengumpulkan sampel tinja, darah dan urin dari para sukarelawan selama kedua tahap percobaan.

Mereka menemukan bahwa setelah empat minggu makan bubuk anggur, semua sukarelawan mengalami peningkatan keragaman bioma usus.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa peningkatan keragaman bioma usus cenderung dikaitkan dengan sistem kekebalan yang kuat.

Secara khusus, tingkat bakteri Akkermansia, yang diketahui memiliki dampak positif pada kadar glukosa dan metabolisme lipid, meningkat.

Para peneliti juga menemukan penurunan 6,1% dalam kadar kolesterol secara keseluruhan dan penurunan 5,9% pada LDL.

Selain itu, mereka juga menemukan beberapa asam steroid dalam empedu malah berkurang 40,9%; Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mereka berperan dalam metabolisme kolesterol.***

Berita Bugar Lainnya:

Anggur, Disebut Makanan Super yang Baik untuk Kulit sampai Jantung Kita

Studi Mengatakan, Anggur Berguna untuk Lindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Paparan Sinar UV

 

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 9 Januari 2022

    Berdamai dengan Rasa Trauma? Begini Caranya

    Sebaiknya hinder alkohol dan obat-obatan terlarang.

    Bugar

    Minggu, 9 Januari 2022

    Makanan Ini Baik untuk Hati

    Beberapa makanan sangat direkomendasikan untuk beberapa organ. Hati adalah salah satu organ terpenting. Serta salah satu korban utama dari kebiasaan buruk.

    Bugar

    Senin, 10 Januari 2022

    8 Kebiasaan Lifestyle Sehat yang Harus Anda Adopsi di Tahun 2022

    Alih-alih melakukan perubahan di tahun 2022 seperti berhenti dari media sosial atau menurunkan berat badan, fokus pada hal-hal kecil,

    Bugar

    Senin, 10 Januari 2022

    6 Khasiat Bawang Putih Hitam untuk Kesehatan

    Bagi yang tidak biasa, bawah putih hitam itu "bawang putih biasa yang dibiarkan menua di bawah kontrol suhu dan kelembaban ketat."

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X