Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Ketidaksuburan Pria?

20 Maret 2022, 18:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi sperma dan sel telur. Banyak pasangan tidak subur dikarenakan kualitas sperma pria terbukti buruk.
Ilustrasi sperma dan sel telur. Banyak pasangan tidak subur dikarenakan kualitas sperma pria terbukti buruk. /Pixabay.com

  • Tidak semua pria berhasil menjadi ayah.
  • Penelitian pada 2016 menyatakan 30% masalah kesuburan pada pasangan disebabkan oleh pria, yang 90% di antaranya karena kualitas sperma yang buruk.
  • Faktanya, ada banyak kebiasaan yang dapat merusak kualitas sperma.

SKOR.id - Di Spanyol, Hari Ayah dirayakan pada setiap tanggal 19 Maret.

Pada hari itu dimaksudkan untuk menghormati semua ayah dalam keluarga, yang kebetulan juga karena bertepatan dengan perayaan Hari Santo Yosef, ayah Yesus.

Maka itu, asal mula perayaan ini adalah bias bagi penganut Kristiani. Tetapi, itu tidak lantas menghalangi sebagian besar pengguna Instagram dan jejaring sosial lainnya untuk membanjiri aplikasi tersebut dengan ucapan selamat kepada orang tua mereka.

Sayangnya, tidak semua pria berhasil menjadi ayah. Sering kali, pasangan mencoba untuk memiliki anak tetapi tidak mencapainya secara alami, dan masalahnya tidak harus pada kesuburan wanita, tetapi pada pria.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, 30% masalah kesuburan pada pasangan disebabkan oleh para pria, dan hingga 90% terjadi karena kualitas sperma yang buruk.

Apa penyebab infertilitas pria?
Penyebab utama masalah kesuburan pada pria adalah kualitas air mani yang buruk.

Jika kualitasnya tidak baik, itu mungkin berarti sperma yang dihasilkan lebih sedikit ataupun mereka tidak memiliki banyak mobilitas dan lebih sulit bagi mereka untuk membuahi sel telur.

Produksi sperma dianggap rendah bila jumlah sperma per ejakulasi kurang dari 39 juta, atau kurang dari 15 juta per mililiter air mani.

Ada banyak kebiasaan yang bisa merusak kualitas sperma. Di antaranya dapat ditemukan:

  • Gaya hidup menetap: Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, "gaya hidup menetap dan peningkatan ukuran tubuh (BMI atau lingkar pinggang) telah dikaitkan secara negatif dengan parameter mani, mungkin karena kaitan dengan peningkatan suhu di area testis dan efek panas pada perkembangan sel spermatogenik”. Oleh karena itu, gaya hidup yang tidak aktif dan, akibatnya, obesitas, adalah salah satu masalah utama kualitas mani yang rendah.
  • Merokok: Salah satu penyebab utama kemandulan pria adalah tembakau. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh pada ketika merokok mengurangi volume sperma, selain itu juga menurunkan komponen pelindung cairan mani. Jadi jika Anda berpikir untuk menjadi seorang ayah, Anda melihat tembakau diparkir, setidaknya untuk musim yang baik.
  • Alkohol: Bersama dengan tembakau, alkohol juga merupakan elemen lain yang harus Anda hilangkan dari kehidupan sehari-hari Anda jika Anda ingin menambah jumlah keluarga. Apa yang menyebabkan alkohol adalah penurunan testosteron, yang berarti produksi sperma lebih sedikit.
  • Panas: Suhu berlebih juga dapat memengaruhi kualitas air mani, menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit sperma, mobilitasnya lebih sedikit, ataupun bentuknya berubah. Ada banyak aktivitas sehari-hari yang dapat menyebabkan suhu testis naik: duduk berjam-jam, mengenakan pakaian dalam yang sangat ketat, bekerja dengan laptop di antara kedua kaki Anda, sering pergi ke sauna atau jacuzzi.
  • Pencemaran lingkungan: Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Occupational & Environmental Medicine, tingkat partikel halus di udara juga dikaitkan dengan kualitas sperma yang lebih buruk.

Hal-hal tersebut di atas adalah penyebab utama infertilitas pria, tidak termasuk masalah genetik yang mungkin ada atau yang berasal dari perawatan medis tertentu, seperti kemoterapi.***

Berita Bugar Lainnya:

Benarkah Berendam Air Panas Dapat Mengurangi Kesuburan

Mengenal Manfaat Biji Labu yang Baik untuk Kesehatan Jantung dan Kesuburan Pria

Ancaman Bahaya Teratozoospermia pada Kesuburan Pria

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    8 Aturan Diet dan Gaya Hidup Tom Brady untuk Tetap Dominasi NFL

    Bintang NFL legendaris Tom Brady mengikuti salah satu rutinitas kesehatan paling intens dari siapa pun dalam dunia olahraga profesional.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Setop Kebiasaan 'Kretek-kretek' Leher, Para Dokter Peringatkan Risiko dan Bahayanya

    Neck cracking atau popping bisa menyebabkan peregangan ligamen yang mengakibatkan sakit kepala atau nyeri otot di antara tulang belikat atau di leher.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Latihan Senam Kegel untuk Pria: Simak Semua Manfaatnya

    Gerakan senam Kegel bagi pria akan membantu memperkuat semua otot yang bergerak dari tulang ekor ke tulang kemaluan di depan.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Inilah Alasan Mengapa Prebiotik Sangat Penting

    Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme usus Anda - dan mereka perlu melewati pencernaan dan membuatnya sampai ke usus besar Anda.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X