Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

14 Agustus 2022, 17:27 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi garam.
Ilustrasi garam. /Pixabay.com

  • Membatasi konsumsi garam bisa menjadi sangat positif bagi kesehatan.
  • Terutama bagi penderita hipertensi atau yang sensitif terhadap natrium.
  • Di bawah ini adalah sejumlah tips dalam mengurangi konsumsi garam.

SKOR.id - Konsumsi salah satu bahan untuk memasak ini harus dikurangi terutama ketika situasi hipertensi telah berkembang atau pada mereka yang sensitif terhadap natrium.

Membatasi keberadaan garam bisa menjadi sangat positif bagi kesehatan, jadi berikut adalah beberapa kunci yang akan membuat hidup Anda lebih mudah:

1. Gunakan bumbu rempah untuk penyedap rasa
Garam banyak digunakan untuk membumbui masakan. Jika diganti dengan rempah-rempah, karakteristik organoleptik dari banyak masakan akan meningkat.

Tidak hanya rasa yang enak akan tercapai, tetapi efek antioksidan juga akan ditingkatkan, karena rempah-rempah merupakan sumber fitokimia yang penting.

Banyak rempah-rempah, seperti kunyit, terbukti mampu meningkatkan kesehatan dalam jangka menengah. Mereka tidak hanya dapat mencegah penyakit, tetapi mereka dapat membantu mengobatinya.

2. Jangan mengkonsumsi produk olahan
Jenis produk ini mengandung sejumlah besar garam di dalamnya, yakni garam halus yang berdampak negatif pada fungsi tubuh karena dapat meningkatkan keadaan oksidasi dan peradangan lingkungan internal.

Dengan cara yang sama, produk olahan memiliki persentase gula sederhana dan lemak trans yang tinggi. Senyawa ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko patologi kompleks seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Ilustrasi minuman bersoda.
Ilustrasi minuman bersoda. (Pixabay)

3. Hilangkan minuman bersoda
Jenis minuman ini semakin dalam masuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, kendati bukan pilihan yang sehat atau direkomendasikan untuk berfungsinya tubuh manusia.

Selain mengandung jumlah yang tidak proporsional dari gula sederhana dan juga garam.

Untuk menjamin hidrasi yang baik, pilihan terbaik adalah selalu air mineral.

4. Hati-hati dengan saus
Meskipun mereka benar-benar enak, mereka juga tinggi garam, sebagian besar, ketika kita berbicara tentang versi industri yang sudah dipersiapkan.

Produk saus itu tidak memberikan banyak nutrisi dan para ahli merekomendasikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, melainkan membatasinya sebanyak mungkin.

Bagaimana pengaruh konsumsi garam?
Terlepas dari apa yang dikatakan para ahli, konsumsi garam sebenarnya tidak selalu negatif.

Padahal, selama berasal dari garam laut dan tidak dimurnikan, Anda bisa mengonsumsi hingga enam gram sodium per hari dalam rangka diet yang seimbang. Ada sejumlah pengecualian tertentu untuk ini:

  • Asupan natrium harus seimbang dengan asupan kalium. Jika perbedaannya mencolok, itu dapat mengubah tekanan darah secara negatif.
  • Juga seimbangkan dengan asam omega 3 dan omega 6-
  • Jika beberapa penyakit jantung atau ginjal telah berkembang, kebutuhannya dapat dimodifikasi.

Saat memasak, berapa banyak garam yang bisa saya gunakan?
Meskipun memasukkan satu atau dua sendok teh garam setiap harinya tidak menyebabkan masalah besar dalam jangka menengah, ini memerlukan asupan natrium total yang lebih tinggi di penghujung hari.

Meski begitu, beberapa sendok makan garam yang ditambahkan ke makanan tidaklah boleh melebihi rekomendasi yang ditetapkan, sehingga sistem kardiovaskular akan berfungsi dengan baik dari waktu ke waktu.***

Berita Bugar Lainnya:

Hipertensi: Berapa Kali Jantung Kita Berdetak per Tahun

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita HIpertensi

Mengenal DASH Diet, Kurangi Garam demi Turunkan Hipertensi

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Kamis, 11 Agustus 2022

    3 Manfaat Luar Biasa Memakai Cuka Apel untuk Kulit

    Berikut ini Skor.id menyajikan uraian soal cuka apel, yang memiliki tiga manfaat luar biasa untuk kulit.

    Bugar

    Jumat, 12 Agustus 2022

    Deretan Cara untuk Menaikan Metabolisme Tubuh

    Meningkatkan metabolisme dapat dilakukan dengan berbagai cara.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

    Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    15 Cara Sehat dalam Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

    Baik lemon maupun limau adalah buah jeruk yang sangat populer dinikmati dalam banyak cara di seluruh dunia, baik dalam hiasan, hidangan gurih, makanan penutup, atau minuman. Mereka sangat terkait erat dan memiliki banyak nilai gizi yang tumpang tindih.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X