Apakah Baik Hidup dengan Hewan? Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Mental

19 September 2022, 13:45 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Keberadaan seekor anjing membawa manfaat besar dan memfasilitasi pengobatan beberapa penyakit mental.
Keberadaan seekor anjing membawa manfaat besar dan memfasilitasi pengobatan beberapa penyakit mental. /Pixabay.com

  • Hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, dianggap membawa banyak manfaat bagi orang-orang yang tinggal bersama mereka.
  • Sebuah penelitian semakin menegaskan terapi dengan bantuan hewan efektif dalam merawat pasien dengan masalah kesehatan mental parah.
  • Memiliki anjing terapi sangat bermanfaat untuk melibatkan pasien yang sulit penelitian tentang perawatan dan penanganan penyakit mereka.

SKOR.id - Selama ini selalu dikatakan bahwa hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, membawa banyak manfaat bagi orang-orang yang tinggal bersama mereka.

Secara khusus, hidup dengan binatang peliharaan membawa manfaat besar bagi kesehatan mental, karena membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, mengurangi perasaan kesepian, dan bahkan meningkatkan sosialisasi yang lebih baik.

Juga, berkat hewan, ada beberapa orang yang merasa lebih berguna dan dibutuhkan. Dan, ini adalah kasus orang-orang dengan penyakit mental.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Pusat Ketergantungan dan Kesehatan Mental Toronto dan Purina, divisi makanan hewan peliharaan Nestlé, menegaskan bahwa terapi bantuan hewan akan efektif dalam merawat pasien dengan masalah kesehatan mental yang parah, seperti yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE.

Penelitian, yang dilakukan terhadap 38 pria dan wanita berusia antara 18 dan 88 tahun dari 7 kelompok terapi yang berbeda, menemukan bagaimana anjing terapi memberikan dukungan emosional kepada pasien yang sulit dijangkau dengan penyakit mental serius.

Anjing terapi untuk kesehatan mental pasien
Untuk melakukan penelitian, para ahli merekam interaksi sosial antara pasien dan peneliti selama terapi mereka. Seekor anjing terapi bersertifikat disertakan dalam sesi ini menggunakan metodologi penelitian partisipatif untuk mengukur keterlibatan pasien dalam kegiatan terapi hewan peliharaan.

Para peneliti, dokter, dan pasien sama-sama percaya bahwa keberadaan anjing terapi dalam diskusi mereka sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Akhirnya, di akhir analisis, para ahli menemukan bahwa anjing terapi sangatlah bermanfaat.

Pertama, mereka memberikan motivasi pada pasien sakit jiwa untuk melakukan pengobatan dengan melawan kecenderungan mereka untuk mengasingkan diri dan membangkitkan perasaan positif.

Ketika terapi berakhir, para pasien tersebut melaporkan perasaan gembira dan cinta dan juga perasaan berenergi dan gembira.

Selain itu, anjing terapi membantu menghubungkan pasien satu sama lain dan juga peneliti, dengan menciptakan suasana yang aman dan terbuka yang mendorong diskusi yang bijaksana. Menurut pasien, anjing sangat membantu memecahkan kebekuan dalam sesi, mempromosikan sosialisasi dan memfasilitasi percakapan aktif selama sesi.

Di sisi lain, keberadaan anjing menghibur pasien sehingga mereka dapat menghubungkan pengalaman mereka sendiri dan mengarahkan interaksi sosial mereka dengan pasien dan peneliti lain, karena anjing membantu mereka membangun kepercayaan, membuka hati, dan merasa didengarkan.

Pada akhirnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memiliki anjing terapi dapat sangat bermanfaat untuk melibatkan pasien yang sulit dijangkau dalam penelitian tentang perawatan dan perawatan mereka.

Yang sebenarnya adalah bahwa kehadiran anjing-anjing ini meningkatkan motivasi pasien, membantu mereka membangun hubungan yang baik dan memudahkan mereka untuk membuat koneksi.

Apa dampak hewan terhadap kesehatan mental manusia?
Dengan kesimpulan tersebut, Purina menegaskan bahwa hewan peliharaan, dan khususnya anjing, memiliki manfaat yang berbeda bagi kesehatan mental manusia.

Bahwa hidup dengan hewan menawarkan manfaat motivasi, membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Kehadiran mereka juga memberikan manfaat terapeutik, mempercepat pemulihan dari penyakit kesehatan mental.

Demikian juga, hidup dengan seekor anjing memberikan dampak emosional yang besar bagi orangtua yang hidup sendiri dan bagi mereka yang menderita episode atau gangguan depresi.

Terakhir, terapi hewan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses fisioterapi dan rehabilitasi fisik, serta memfasilitasi sosialisasi dan keterampilan empati masyarakat.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Hewan Peliharaan Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak Anda, Menurut Penelitian

10 Bahaya Kesehatan untuk Hewan Peliharaan di Musim Panas dan Cara Pencegahannya

Bahaya Tidur Bersama Hewan Peliharaan saat Malam Hari

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Marc Márquez Mencapai Akhir Pemulihan Lengan Kanan akibat Patah Tulang Humerus

    Hanya dalam waktu dua tahun, Marc Márquez menjalani 4 kali operasi pada lengan kanannya. Kecelakaan serius pada tahun 2020 meninggalkan konsekuensi serius bagi pembalap.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Perhatikan Waktu saat Buang Air Kecil: 'Aturan 21 Detik' untuk Memantau Kesehatan Anda

    Perbedaan laju aliran urine bisa menandakan masalah kesehatan, termasuk batu kandung kemih, sistitis, dan bahkan masalah prostat.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Ini Alasan Mengapa Tanggal 10 September Ditandai dengan Pita Kuning

    Ini fakta yang tidak semua orang mengetahuinya. Bahwa setiap 10 September, akan ditandai sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia dan telah menjadi pusat perhatian di arena kesehatan masyarakat.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Cara Mengencangkan Vagina di Rumah, Bisa Bikin Orgasme yang Luar Biasa

    Vagina adalah bagian tubuh yang paling elastis yang berarti dapat meregang lebih lebar untuk menampung penis atau menjalani proses kelahiran, tetapi juga dapat kembali ke bentuk semula.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X