IIMS

Apakah Lupus Terjadi pada Pria? Video Dokumenter Nick Cannon Ini Bisa Menjadi Acuan

14 Januari 2022, 06:00 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Aktor dan presenter TV Nick Cannon bersama keempat buah hatinya dalam perayaan Natal lalu. Pria itu didiagnosis Lupus pada 2012.
Aktor dan presenter TV Nick Cannon bersama keempat buah hatinya dalam perayaan Natal lalu. Pria itu didiagnosis Lupus pada 2012. /Instagram @nickcannon

  • Aktor Nick Cannon telah menderita penyakit Lupus sejak 10 tahun yang lalu.
  • Sejak itu dia mengalami perubahan fisik dan harus mengubah gaya hidupnya.
  • Penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 10 penderita lupus adalah laki-laki. 

SKOR.id - Nick Cannon mengatakan bahwa dia harus mengubah "segalanya" yang terkait gaya hidupnya setelah diagnosis penyakit lupus yang diterimanya 10 tahun lalu.

Cannon, 41, menandai satu dekade sejak menerima diagnosis itu dengan video throwback yang ditampilkannya dalam di The Nick Cannon Show pada hari Selasa.

Dalam video enam menit, yang difilmkan dalam nuansa hitam-putih, Cannon berkonsultasi dengan dokter, mengalami perubahan fisik, dan mengubah pola makannya.

"Sepuluh tahun lalu, saya mengalami penyakit misterius dan tiba-tiba yang nyaris merenggut nyawa saya," kata Cannon kepada penontonnya sebelum memutar video tersebut.

"Pada saat itu, saya tidak tahu itu lupus. Dan, Anda tahu saya, saya selalu harus memiliki kamera. Jadi saya benar-benar akan membuka ponsel saya, mengambil kamera saya dan saya akan berbicara dengan kamera, dan mendokumentasikan seluruh perjalanan medis ini."

Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan yang mempengaruhi "sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru" seseorang, menurut Mayo Clinic. Dan, sampai saat ini tidak ada obat untuk penyakit tersebut.

Dalam video yang dimulai 3 Januari 2012, Cannon bertanya dalam sulih suara, "Bagaimana saya bisa sampai di sini? Maksud saya, hanya beberapa hari yang lalu saya bersama keluarga saya menikmati salju, bermain, bersenang-senang."

Pada saat itu, dia masih menikah dengan sang diva Mariah Carey; keduanya lalu pisah pada 2016. Mereka berbagi dua anak bersama: Monroe dan Maroko, keduanya 10.

Saat Cannon sedang menikmati perjalanan musim dingin bersama keluarga, dia menjelaskan dalam klip bahwa dia terkapar di rumah sakit setelah mengalami sesak napas, bengkak-bengkak, dan nyeri. Dokter kemudian memberi tahu dia bahwa dia mengalami gagal ginjal.

Dan di satu titik, pria yang dikenal sebagai aktor, komedia, rapper, dan presenter televisi itu bahkan menghadapi situasi yang fatal ketika dokternya menemukan gumpalan darah di paru-parunya.

Di kamar rumah sakit sendirian, Cannon memberi tahu kamera, "Ini adalah tempat terakhir yang Anda inginkan, kawan. Dokter memberi tahu Anda bahwa Anda bisa mati."

Setelah dokter menemukan gumpalan di paru-parunya itu, Cannon terpaksa membatalkan komitmen kerja dan fokus pada kesehatannya.

"Saya didiagnosis dengan lupus dan setelah satu dekade panggilan maut itu, transfusi darah, kemoterapi, dan rawat inap, saya terus melangkah maju," katanya dalam sulih suara.

"Sepanjang perjalanan ini, saya harus mengubah segalanya tentang cara saya menjalani hidup, dan itu tidak mudah."

Meskipun Cannon harus membuat beberapa perubahan hidup yang dramatis, dia keluar lebih kuat pada akhirnya, "Hari demi hari saya meletakkan dasar baik, mental maupun fisik untuk membangun kembali kehidupan yang hampir hilang karena penyakit ini."

Menyerang Siapa Saja
Satu hal yang perlu diperhatikan, lupus dapat berkembang pada siapa saja, pria atau wanita, dari segala usia, termasuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Banyak informasi salah tentang lupus, dan pria dengan penyakit ini mungkin menemukan bahwa orang sering kali terkejut ketika mengetahui bahwa mereka memilikinya karena kepercayaan yang salah bahwa lupus hanya terjadi pada wanita.

Penelitian menunjukkan 1 dari 10 penderita lupus adalah laki-laki. Pria mengembangkan manifestasi klinis khas lupus yang sama dengan wanita, namun gejala utama tertentu mungkin lebih menonjol pada pria daripada wanita.

Misalnya, ketika pria dengan lupus memiliki keterlibatan ginjal cenderung lebih parah..

Apa saja gejala penyakit lupus pada pria?
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria dengan penyakit lupus umumnya mengalami:

  • Jumlah darah rendah
  • Komplikasi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
  • Demam yang tidak dapat dijelaskan dan penurunan berat badan
  • Antibodi antifosfolipid (yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah)
  • Penyakit ginjal (ginjal)
  • Serositis (radang selaput serosa yang sering menyebabkan nyeri dada saat menarik napas dalam-dalam)

Tanda dan gejala umum lupus lainnya dapat meliputi:

  • Kelelahan ekstrim
  • Nyeri atau bengkak pada persendian
  • Pembengkakan di tangan, kaki, atau di sekitar mata
  • Sakit kepala

Para ahli tidak tahu apa yang menyebabkan lupus atau mengapa hal itu mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria, tetapi penyakit ini dan penyakit autoimun lainnya memang diturunkan dalam keluarga.

Kelompok etnis tertentu: seperti Afrika Amerika, Asia Amerika, Hispanik/Latino, dan Amerika Pasifik, berada pada risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini daripada populasi lainnya.

Pengobatan lupus pada pria hampir identik dengan pengobatan pada wanita. Namun, obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati lupus, seperti cyclophosphamide (Cytoxan®), dapat mempengaruhi jumlah sperma.

Sebelum Anda mulai minum obat apa pun, bicarakan dengan dokter Anda soal bagaimana obat itu dapat memengaruhi Anda. Baca lebih lanjut tentang pengobatan lupus.***

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Skor.id (@skorindonesia)

Berita Bugar Lainnya:

Mengenal Beragam Khasiat dari Jeruk Keprok, Termasuk Melawan Batu Ginjal

Deretan Buah yang Dapat Membantu Menyehatkan Ginjal

Kenali 5 Jenis Penyakit Ginjal, Jangan Anggap Sepele

5 Manfaat Minum Air Lemon, Punya Efek Samping ke Ginjal hingga Kulit

Tag

Video

Berita Terkait

Entertainment

Rabu, 12 Januari 2022

Harga Jam Tangan Mewah Favorit Lionel Messi Tidak Sampai Seperempat Miliar

Jam tangan Rolex Oyster Perpetual Cosmograph Daytona yang dipakai Lionel Messi saat liburan dikenal sebagai model ikonik berumur 39 tahun.

Entertainment

Rabu, 12 Januari 2022

Arturo Vidal Romantis di Depan Fiat Panda

Arturo Vidal menunjukkan kecintaannya pada dua hal penting dalam hidupnya - pacarnya Sonia Isaza dan Fiat Panda-nya.

Entertainment

Kamis, 13 Januari 2022

Intip Romansa Ronaldo dan Georgina Rodriguez di Hotel Mewah Madrid

Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez terbang ke Madrid. Sejoli ini makan malam romantis di sebuah hotel mewah.

Entertainment

Kamis, 13 Januari 2022

Presenter Cantik Teman Kencan Tony Parker Ini Masih Bergairah di Tenis

Alize Lim yang mempersembahkan Australia Terbuka di Discovery dan Eurosport dan berkencan dengan legenda NBA Tony Parker

Terbaru

Bugar

Jumat, 28 Januari 2022

Mengenal Penyakit OCD yang Dialami Aliando

Untuk pengobatannya sendiri sampai saat ini masih belum ada.

Bugar

Jumat, 28 Januari 2022

Benjolan di Leher: Apa Penyebabnya dan Kapan Saya Harus Khawatir?

Dalam kebanyakan kasus bejolan di leher biasanya jinak dan disebabkan oleh penyakit inflamasi atau faktor bawaan atau pada kasus lainnya, kanker.

Bugar

Jumat, 28 Januari 2022

Gangguan Makan: Apa Itu dan Mengapa Jumlah Kasus Terus Bertambah

Gangguan makan adalah kondisi medis serius dengan pengaruh biologis dan ditandai dengan gangguan parah dalam perilaku makan.

Bugar

Jumat, 28 Januari 2022

Ini yang Harus Anda Makan sebelum Pergi ke Gym untuk Latihan Membentuk Otot

Menyesuaikan nutrisi sama pentingnya dengan olahraga dalam hal meningkatkan massa otot: termasuk protein, karbohidrat, dan lemak.

Bugar

Kamis, 27 Januari 2022

Penyebab Terjadinya Usus Buntu

Penyebab usus buntu sebenarnya bukan lah makanan pedas.

Bugar

Kamis, 27 Januari 2022

Dehidrasi Dapat Memengaruhi Kesehatan Anda

Sekitar 60% dari berat badan pria dewasa dan 50-55% pada wanita adalah air, menurut komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

Bugar

Kamis, 27 Januari 2022

Aktor Henry Cavill Membagikan Saran Kebugaran Terbaik kepada Para Pemula

Dalam video untuk situs bodybuilding.com, aktor Henry Carvill berbicara soal pendekatannya terhadap program kebugaran dan kesehatannya.

Bugar

Kamis, 27 Januari 2022

Suplemen Vitamin D: Kapan Saya Harus Mengkonsumsinya?

Vitamin D mengurangi risiko tertular osteoporosis, tapi tidak disarankan mengosumsinya dengan dosis tinggi, terutama yang punya isu kesehatan.

Bugar

Rabu, 26 Januari 2022

Baik untuk Kesehatan Mata dan Otak, Inilah Berbagai Manfaat dari Telur Ikan

Kandungan DHA dan EPA dalam telur ikan penting untuk perkembangan visual pada bayi dan fungsi retina pada anak-anak dan orang dewasa.

Bugar

Rabu, 26 Januari 2022

Manfaat Mendengar Lagu Galau untuk Psikologis

Setidaknya ada enam manfaat mendengarkan musik.
X