Apakah Menangis Baik untuk Kulit Anda?

11 Februari 2022, 14:35 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang menangis. Perlakuan selama dan setelah mengeluarkan air mata bisa sangat mempengaruhi kulit dan kesehatan mata.
Ilustrasi seseorang menangis. Perlakuan selama dan setelah mengeluarkan air mata bisa sangat mempengaruhi kulit dan kesehatan mata. /Pixabay.com

  • Menangis sangat penting untuk kesehatan mata.
  • Ekspresi rasa sakit dan emosi ini telah lama juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.
  • Tetapi,praktik selama dan setelah menangis bisa membuat perbedaan pada reaksi kulit Anda.

SKOR.id - Menangis sangat penting untuk kesehatan mata.

Ini proses biologis alami yang membantu Anda mengekspresikan dan memproses rasa sakit dan emosi. Dan tidak peduli seberapa sering Anda meneteskan air mata, Anda mungkin bertanya-tanya apakah menangis juga baik untuk kulit Anda.

Ternyata, mempraktikkan kebiasaan tertentu selama dan setelah menangis dapat membuat perbedaan dalam reaksi kulit Anda.

Kami berbicara dengan beberapa dokter untuk menjelaskan bagaimana kebersihan dan skin care yang baik dapat menjaga kulit Anda bersih, terlepas dari kaitan dengan air.

Efek pada kulit
Bagi kebanyakan orang, menangis tidak bisa dihindari. Dan sementara sekotak tisu (atau lengan baju Anda) dapat membantu menghapus sebagian air mata, tidak jarang kita mengalami iritasi wajah ringan setelah menangis.

Salah satu alasan iritasi ringan ini, menurut Melanie Palm, MD, dokter kulit bersertifikat di Art of Skin MD, adalah bahwa air mata bersifat isotonik (mendekati salin normal yang digunakan dalam sediaan cairan intravena [IV]), tetapi pH air mata kita lebih tinggi dari kulit kita.

“Air mata biasanya mendekati 7, dan kulit mendekati 5,5 atau 6,” kata Palm. Jadi, sementara paparan air mata jangka pendek tidak berbahaya, paparan jangka panjang dapat menyebabkan perubahan hidrasi kulit atau iritasi ringan karena perbedaan pH.

Tapi bukan hanya pH yang penting. Apa yang Anda lakukan selama dan setelah menangis dapat membuat perbedaan.

“Menggosok mata atau menggunakan tisu tertentu untuk menyeka wajah bisa memengaruhi kulit dan menyebabkan peradangan, menggelapkan kulit, dan bahkan mengiritasi jerawat dalam beberapa kasus,” Angie Seelal, PA-C, dari Advanced Dermatology PC, memperingatkan.

Produksi air mata dan pengeluarannya memiliki pengaruh pada seluruh wajah Anda.

“Ketika menangis, pembuluh darah di sekitar mata, wajah, dan hidung pun melebar dengan peningkatan aliran darah yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan,” ujar Dagny Zhu, MD, dokter mata bersertifikat.

Untuk membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi gejala setelah menangis, Zhu merekomendasikan untuk mencuci muka dengan air dingin ataupun mengoleskan kompres dingin di atas kelopak mata.

Karena menangis bikin Anda dehidrasi karena kehilangan elektrolit, Seelal juga menyarankan untuk minum air dan mengoleskan pelembab. Dia merekomendasikan menggunakan pelembab dengan squalene, ceramides, atau asam hialuronat untuk menghidrasi kulit dan mengurangi iritasi.

Terbuat dari apakah air mata?
Untuk lebih memahami bagaimana kulit wajah Anda merespons air mata, penting untuk mengetahui terbuat dari apa air mata itu.

Seperti yang dijelaskan oleh National Eye Institute, air mata sebagian besar adalah air, tetapi sebenarnya memiliki tiga lapisan:

  • lendir
  • encer
  • berminyak

Lapisan luar yang berminyak mencegah air mata mengering terlalu cepat, sedangkan lapisan lendir bagian dalam memungkinkan lapisan air mata menempel pada mata Anda.

Tear film adalah lapisan tipis air mata yang selalu melapisi mata kita di sekitar kornea (lapisan luar bening bola mata). Lapisan berair tengah adalah yang paling tebal, menjaga mata tetap basah, dan memberi nutrisi pada jaringan mereka.

Ada tiga kategori utama air mata, yang ditentukan oleh pemicu dan komposisi yang berbeda.

Air mata basal dan refleks melindungi mata dari kotoran atau iritasi, sementara air mata emosional merespons perasaan. Manusia sebenarnya adalah satu-satunya spesies yang diketahui menghasilkan air mata emosional.

Air mata juga diisi dengan elektrolit, yang menjelaskan rasa asinnya.

Elektrolit adalah mineral penting yang memiliki muatan listrik dan diperlukan untuk banyak fungsi tubuh. Mereka ada dalam darah, keringat, dan urin Anda.

Ketika Anda kehilangan banyak elektrolit melalui keringat, menangis, atau menggunakan kamar mandi, Anda perlu mengisinya kembali dengan minum air dan makan makanan kaya elektrolit.

Manfaat menangis untuk kesehatan
Bukan rahasia lagi bahwa tangisan yang baik bisa terasa sangat hebat. Meskipun pada awalnya Anda mungkin merasa lelah setelah air mata berhenti mengalir, menangis telah lama dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental.

Ini termasuk:

  • penghilang stres
  • meningkatkan suasana hati Anda
  • detoksifikasi tubuh
  • melepaskan endorfin (bahan kimia "merasa baik")

Menangis merupakan cara alami tubuh untuk mengatasi rasa sakit dan emosi. Tetapi praktik menangis setiap orang berbeda, dan penelitian masih berlangsung.

Tampaknya menangis sangat membantu menenangkan seseorang ketika disertai dengan dukungan dan kenyamanan dari luar.

Menangis terlalu banyak atau tidak terkendali dapat menjadi gejala dari kondisi kesehatan fisik atau mental yang lebih serius. Mengenai kesehatan mental, peningkatan tangisan mungkin merupakan tanda Anda membutuhkan lebih banyak dukungan saat ini.

Periksa diri Anda untuk melihat bagaimana perasaan Anda jika Anda mengalami satu atau lebih kondisi berikut:

  • depresi
  • kecemasan
  • sakit kronis
  • sindrom mata kering
  • afek pseudobulbar (PBA), yang dapat menyebabkan tangisan dan tawa yang tidak terkendali
  • urtikaria aquagenic, reaksi alergi yang jarang terjadi terhadap air
  • Ketidakmampuan menangis yang diinduksi secara medis karena obat-obatan atau infeksi

Jangan ragu untuk mencari bantuan, terutama jika masalahnya kronis atau memburuk.

Perawatan kulit untuk sekitar mata Anda
Kulit di sekitar mata sangatlah tipis dan sering rentan terhadap lingkaran hitam dan bengkak yang tidak diinginkan. Banyak orang khawatir bahwa lingkaran hitam membuat mereka terlihat lebih tua atau terus-menerus lelah.

Beberapa pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas dapat membantu menjinakkan jenis peradangan ini. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang direkomendasikan dokter untuk merawat mata dan kulit di sekitarnya.

Periksa kulkas Anda
Seelal mengatakan beberapa cara yang sangat mudah dan murah untuk merawat kulit di sekitar mata dapat ditemukan di lemari es Anda.

“Sepotong kentang dan mentimun dapat membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata,” katanya.

Berikut cara kerjanya:

  1. Mulailah dengan mengoleskan irisan mentimun ke area mata Anda selama 5 menit.
  2. Kemudian, ganti dengan irisan kentang selama 5 menit.
  3. Ulangi dua atau tiga kali.

Mentimun mengandung antioksidan kuat yang mengurangi iritasi, dan kentang mengandung enzim yang disebut katekolase yang membantu mencerahkan kulit.

Fokus pada blotting
Tip lainnya, kata Seelal menambahkan, adalah fokus pada blotting di bawah mata alih-alih menggosok. Blotting berarti dengan lembut, berulang kali mengusap kulit Anda dengan produk atau lap.

"Ini mengurangi gesekan dan peradangan pada area tersebut," katanya.

Seelal juga merekomendasikan menyimpan krim untuk wajah Anda pada suhu yang lebih dingin atau bahkan di lemari es, yang juga dapat membantu mengurangi bengkak dan peradangan.

Tidur dan stres
Tidur yang cukup dan mengelola stres adalah kunci dalam merawat kulit di bawah mata Anda.

"Kurangnya istirahat yang tepat atau peristiwa kehidupan yang penuh tekanan dapat menyebabkan perubahan fisik di sekitar area mata, membuat kita terlihat lebih lelah," kata Palm.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa umumnya membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur malam.

Gunakan krim mata yang berkualitas
“Krim mata yang tepat digunakan dua kali sehari dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan kerutan serta [mengurangi] bengkak,” kata Palm.

Ada banyak krim mata di pasaran, jadi cara terbaik untuk menemukan krim mata yang tepat adalah berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit.

Diet dan alkohol
Palm merekomendasikan untuk menghindari asupan alkohol atau garam yang berlebihan, karena ini dapat memperburuk lingkaran atau bengkak.

Perawatan mata dengan alergi
Jika Anda ingin mengurangi pigmentasi di bawah mata, Zhu menyarankan untuk tidak menggosok mata.

“Alergi dapat menyebabkan Anda menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal, tetapi menggosok menyebabkan kulit halus di sekitar mata melorot, mengakibatkan kapiler rusak dan menggelapkan kulit di sekitar mata Anda,” katanya.

Untuk membantu mengatasi alergi mata, dia merekomendasikan penggunaan obat tetes mata antihistamin dan obat tetes mata buatan untuk mengurangi rasa gatal.

Atau, katanya Anda bisa mencoba krim mata yang mengandung kafein, yang menyempitkan kapiler.

Kesimpulan: 
Menangis adalah bagian dari hidup. Untuk sebagian orang, itu terjadi secara teratur, tetapi untuk yang lain mungkin hanya sesekali.

Terlepas dari seberapa sering Anda menangis, merawat kulit di bawah dan di sekitar mata Anda selama (dan setelah) menangis dapat membuat perbedaan dalam reaksi kulit Anda.

Sebisa mungkin, hindari menggosok mata Anda. Ini bisa memicu bengkak dan perubahan warna, dan dapat memperburuk jerawat yang mungkin Anda miliki. Anda juga berisiko terkena kotoran dan bakteri di mata Anda, yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi.

Sebagai gantinya, oleskan kompres dingin atau basuh wajah dengan air dingin secara lembut setelah air mata hilang. Ikuti ini dengan pelembab dan hidrasi untuk mengisi kembali elektrolit.***

Berita Bugar Lainnya:

Pemindaian Retina Mata Bisa Memprediksi Risiko Serangan Jantung yang Mematikan

Beginilah Pengaruh Berjam-jam di Depan Komputer terhadap Kesehatan Mata

  • Sumber: healthline.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 9 Februari 2022

    Tips Mencegah Kerusakan Rambut dengan Minyak Biji Bunga Matahari

    Lemak dan antioksidan dalam minyak bunga matahari menjadikannya pilihan yang baik untuk rambut kering dan kusam.

    Bugar

    Rabu, 9 Februari 2022

    Ahli Urologi Ini Menjelaskan Apakah Covid-19 Dapat Mengecilkan Ukuran Penis

    Satu efek samping yang jarang memiliki penjelasan medis dan tidak menguntungkan dari virus corona adalah penyusutan alat kelamin pria.

    Bugar

    Rabu, 9 Februari 2022

    Jus Hijau Dua Bahan Ini Bantu Membakar Lemak Tersembunyi dengan Cepat, Kata Pakar Kesehatan

    Ada minuman kaya nutrisi yang mudah disiapkan yang dapat membantu mempercepat pencernaan dan mengatasi lemak tubuh yang berbahaya.

    Bugar

    Kamis, 10 Februari 2022

    Merasa Pusing saat Berdiri? Cobalah Menyilangkan Kaki Anda Segera setelah Bangun

    Sebuah penelitian tim dari Kanada terhadap 22 wanita menemukan bahwa menyilangkan kaki setelah berdiri dapat mengurangi rasa pusing.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X