Awas, Terlalu Serius Mengikuti Berita Politik Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anda, Kata Penelitian

23 Januari 2023, 22:10 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang tampak sangat serius membaca koran di pojokan.
Ilustrasi seseorang tampak sangat serius membaca koran di pojokan. /Pixabay

  • Ada banyak cara untuk menerima masukan terkait berita politik negara atau dunia.
  • Di satu sisi, itu bisa menjadi hal yang positif, karena mengetahui dan memiliki informasi dianggap sebagai hal yang baik dan bergizi.
  • Bagaimana jika itu justru menjadikan masalah bagi orang yang mengikuti berita politik setiap hari.

SKOR.id - Beberapa orang suka mengikuti olahraga atau gosip saat ini, sementara beberapa lainnya lebih memilih untuk melepaskan diri dari kebosanan dengan menonton serial atau film di waktu luang mereka. Tapi, banyak juga yang mengikuti berita politik harian, sampai-sampai hampir ketagihan.

Koran adalah hal pertama mereka di pagi hari, radio di mobil, menonton televisi saat berada di rumah sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau bekerja, dan ponsel aktif sepanjang hari. Ada banyak cara lain untuk menerima masukan terkait berita politik negara atau dunia.

Di permukaan, ini bisa menjadi hal yang positif, karena mengetahui serta memiliki informasi dianggap sebagai hal yang baik dan bergizi. Namun, sebaliknya, itu juga bisa menjadi masalah bagi orang yang mengikuti berita politik setiap hari.

Sebuah studi memastikan bahwa mengikuti berita politik harian juga bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan masyarakat.

Disengaging juga memiliki kelemahan, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Psychological Association dalam Journal of Personality and Social Psychology, berjudul The Political Is Personal: The Costs of Daily Politics.

"Dalam politik, ada pertukaran antara merasa baik dan berbuat baik. Melindungi diri sendiri dari tekanan politik dapat membantu mempromosikan kesejahteraan, tetapi juga ada konsekuensi untuk tetap terlibat dan aktif dalam proses demokrasi," kata Dr. Brett Q. Ford, Associate Professor of Psychology di University of Toronto.

Ford dan rekan-rekannya ingin mengeksplorasi efek kesehatan emosional dan mental dari berita politik sehari-hari dan bagaimana orang menggunakan berbagai strategi untuk mengelola emosi negatif tersebut. Studi lainnya yang dilakukan sebelumnya berfokus pada peristiwa politik penting.

Pembelajaran
Para peneliti mulai dengan meminta 198 sampel orang Amerika yang beragam secara politik untuk menjawab serangkaian pertanyaan setiap malam selama dua minggu tentang peristiwa politik yang paling mereka pikirkan hari itu, emosi yang mereka rasakan sebagai tanggapan, bagaimana mereka mengelola emosi itu, sikap umum mereka. kesejahteraan psikologis dan fisik hari itu, dan seberapa termotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam aksi politik.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa memikirkan peristiwa politik sehari-hari telah membangkitkan emosi negatif pada peserta. Lebih lanjut, mereka mampu menentukannya meski pertanyaan survei tidak meminta mereka memikirkan peristiwa politik negatif.

Para peserta yang mengalami lebih banyak emosi negatif terkait politik menunjukkan kondisi kesehatan psikologis dan fisik yang lebih buruk dari hari ke hari.

Selain itu, mereka juga lebih termotivasi untuk bertindak dalam tujuan politik, di antaranya seperti menjadi sukarelawan atau menyumbang untuk kampanye politik.

Strategi untuk memeranginya
Survei tersebut juga menanyakan kepada peserta tentang berbagai strategi yang mungkin mereka gunakan untuk mengelola emosi negatif mereka.

Ini adalah metode seperti mengalihkan perhatian dari berita dan 'penilaian kembali kognitif', yaitu, membingkai ulang apa yang mereka pikirkan mengenai suatu peristiwa berita sehingga tampak kurang negatif.

Mereplikasi hasil studi buku harian, para peneliti menemukan bahwa dua dari strategi itu, gangguan dan penilaian ulang kognitif, secara konsisten mengurangi emosi negatif peserta, yang pada gilirannya memprediksi kesejahteraan yang lebih besar. Namun, secara tidak langsung mengurangi kemungkinan bahwa mereka ingin mengambil tindakan politik.

Hasil
Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa politik memiliki efek harian yang signifikan terhadap kesehatan dan kesejahteraan banyak orang Amerika, menurut penulis: "Politik modern, dengan kontroversi sehari-hari, ketidaksopanan, dan ketidakmampuannya, menimbulkan beban emosional pada orang Amerika," kata Matthew Feinberg, rekan penulis studi dan profesor Perilaku Organisasi di Rotman School of Management di University of Toronto.

Menurut para peneliti itu, hal tersebut memiliki implikasi penting, terutama bagi para aktivis yang ingin melibatkan masyarakat dalam mengadvokasi tujuan politik tanpa mengganggu kesehatan mental mereka.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Kecanduan Berita Dapat Membahayakan Kesehatan Mental dan Fisik Seseorang: Hasil Studi

Apakah Anak Anda Menderita Kecanduan Game? Kenali Tanda-tanda Awal Ini

Selfie Obsesif Bisa Jadi Pertanda Penyakit? Para Ilmuwan Bedakan Tiga Tahap Kecanduan

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 21 Januari 2023

    Belajar dari Kesalahan Sendiri, Michael Phelps Ajari Tiga Putranya untuk Hadapi Stres

    Michael Phelps memegang rekor sepanjang masa untuk medali emas Olimpiade, menghasilkan 23 kemenangan tingkat atas untuk talentanya yang melegenda di kolam renang, tetapi dia yakini bisa memiliki lebih banyak medali jika tidak menekan perasaannya.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Trik asal Jepang yang Efektif untuk Dapatkan Perut Rata: handuk dan Waktu 5 Menit

    Seorang dokter Jepang, Toshiki Fukutsudzi, menciptakan sebuah latihan yang menjanjikan untuk menghilangkan lemak perut dan memperbaiki postur tubuh hanya dengan menggunakan handuk.

    Bugar

    Minggu, 22 Januari 2023

    Kraken, Varian Baru dari Virus Corona, Menurut Ahli Virologi, Imunologi, dan Epidemiologi

    Kraken adalah nama subvarian terakhir dari omicron yang telah melonjak hingga saat ini telah ditetapkan secara tidak resmi. Apakah itu pantas diributkan? Mungkin bukan dari sudut pandang media, tapi dari sudut pandang ilmiah dan medis.

    Bugar

    Senin, 23 Januari 2023

    8 Cara Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023

    Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang membuat resolusi cenderung meninggalkannya dengan cepat – yang tidak mengherankan mengingat tujuan yang seringkali tidak dapat dicapai - yang kita tetapkan sendiri.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X