Belajar dari Kesalahan Sendiri, Michael Phelps Ajari Tiga Putranya untuk Hadapi Stres

21 Januari 2023, 17:30 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Michael Phelps dan putra sulungnya Boomer memperlihatkan mimik kocak dalam sebuah postingan di Instagram.
Michael Phelps dan putra sulungnya Boomer memperlihatkan mimik kocak dalam sebuah postingan di Instagram. /Instagram @m_phelps00

  • Michael Phelps menghabiskan waktu bertahun-tahun menekan perasaannya, hingga merusak kesehatan mentalnya.
  • Dia sekarang mengajari putra-putranya cara mengekspresikan diri dan bicara tentang emosi dengan cara yang sehat.
  • Dia mengatakan pria, dan khususnya atlet, sering menghadapi stigma karena rentan.

SKOR.id - Michael Phelps memegang rekor sepanjang masa untuk medali emas Olimpiade, menghasilkan 23 kemenangan tingkat atas untuk talentanya yang melegenda di kolam renang, tetapi dia yakini bisa memiliki lebih banyak medali jika tidak menekan perasaannya.

Sekarang, sebagai pensiunan atlet dan ayah dari tiga anak laki-laki, Phelps mengatakan dia berusaha mencegah putra-putranya melakukan kesalahan yang sama.

"Saya senang menyampaikan buku pedoman saya tentang hal-hal yang saya lakukan dengan baik dan hal-hal yang dapat saya lakukan dengan lebih baik," kata Phelps kepada Insider dalam wawancara soal kemitraan dengan perusahaan kesehatan perilaku online Talkspace.

Anak laki-lakinya, Boomer (6), Beckett (4), dan Maverick (3) telah menunjukkan minat pada olahraga — tetapi Phelps menekankan bahwa mereka sedang mengembangkan strategi untuk kesejahteraan mental dan juga kebugaran fisik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Nicole Michele Phelps (@mrs.nicolephelps)

"Jika Anda melakukan keduanya, pada dasarnya Anda menjadi pahlawan super," katanya.

Dia mengatakan anak laki-laki belajar bicara melalui perasaan mereka, menemukan strategi untuk menenangkan diri di bawah tekanan, dan mengomunikasikan emosi mereka dengan cara yang sehat.

"Saya ingin mereka dapat kapan saja mengungkapkan apa yang mereka alami, tidak lantas menutup-nutupinya. Sejauh ini, kami melihat dua anak tertua kami belajar melakukannya, dan si bungsu juga belajar, sebagian dari menonton saudara laki-lakinya," ujar Phelps.

Ekspresikan perasaan Anda adalah kunci kesehatan mental yang baik
Salah satu hal terbesar yang ditekankan Phelps pada anak laki-lakinya adalah menghindari kompartementalisasi — menekan pikiran dan perasaan yang menantang ataupun tidak nyaman untuk mereka hadapi.

"Jika salah satu perasaan putra saya terluka, kami akan memberi mereka waktu untuk menenangkan diri, lalu kami membicarakannya melalui apa yang mereka rasakan dan mengapa, dan itu sangat penting," kata sang ayah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by boomer phelps (@boomerrphelps)

Phelps mengatakan bahwa baginya, pergi ke terapi dan membuat jurnal secara teratur membantunya menyesuaikan diri dengan emosinya setelah lebih dari satu dekade menghindarinya.

"Saya pikir penting untuk menuliskan semua di atas kertas daripada menutupinya. Saya dapat kembali ke posisi netral jika saya mendapati diri saya berputar-putar, dan itu didasarkan pada pekerjaan yang telah saya lakukan selama 8 tahun terakhir," dia berkata.

Teknik 'nafas singa' berguna untuk menenangkan diri di saat-saat penuh tekanan
Seringkali, sulit untuk berbicara melalui perasaan di saat panas, seperti saat putra-putranya terlibat perkelahian, jadi penting untuk memiliki cara untuk menenangkan diri terlebih dahulu, menurut Phelps.

Dia menggunakan teknik yoga yang dikenal sebagai napas singa dengan ketiga jagoannya, yang melibatkan gerakan menarik napas dalam-dalam dan mengaum untuk melepaskan ketegangan, kemarahan, atau kecemasan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Michael Phelps (@m_phelps00)

"Saat mereka benar-benar frustrasi, mereka bisa melakukan itu, dan kemudian mereka bisa mengungkapkan apa yang terjadi," kata Phelps.

Penelitian menunjukkan teknik pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres pada anak-anak dan orang dewasa.

Pria sering menghadapi stigma karena menunjukkan emosi
Phelps mengatakan sangat penting bagi anak laki-lakinya untuk mengekspresikan diri karena stereotip gender dapat menekan laki-laki dan anak laki-laki untuk mengabaikan perasaan mereka.

"Bagi saya, sebagai atlet pria, dalam karier saya, saya pikir itu akan menunjukkan tanda kelemahan untuk bicara terbuka tentang kesehatan mental," katanya. "Sekarang kebalikannya, dan itu telah menyelamatkan nyawa."

Lebih banyak olahragawan terkenal juga telah bicara: Lebron James telah berbicara tentang pentingnya pria menunjukkan emosi, dan Kevin Love dan DeMar DeRozan juga telah membuka diri tentang masalah kesehatan mental.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Usai Pensiun, Michael Phelps Fokus Perjuangkan Kesehatan Mental Atlet

Kehidupan Liar Michael Phelps dengan Bong, Minuman Keras dan Miss California

Rekor Peraih Medali Olimpiade Terbanyak dalam Satu Edisi, Michael Phelps Tak Sendirian

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: insider.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 17 Januari 2023

    Tren TikTok 'Lion Diet' Disebut 'Obat untuk Semua Alergi', tetapi Apakah Itu Aman?

    TikTok, platform video terkenal tempat semua jenis trik makan dan diet terus-menerus muncul, baru-baru ini menjadi tempat pamer yang bagus untuk rencana makan ini. Ternyata, menurut kesaksian beberapa orang yang telah menjadikan daging sebagai agama mereka, anugerah dari diet berbasis protein dan lemak berkualitas ini ternyata memiliki kemampuan untuk membalikkan…

    Bugar

    Rabu, 18 Januari 2023

    Kesehatan Mental di Tempat Kerja: Prediksi Tren Tahun 2023

    Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak pengusaha yang menyadari bahwa mereka perlu melindungi kesehatan mental dan kesejahteraan karyawannya dan menjadikan upaya ini sebagai bagian dari program daya tarik dan retensi perusahaan.

    Bugar

    Rabu, 18 Januari 2023

    10 Sumber Protein Nabati yang Membantu Menurunkan Kolesterol dan Menurunkan Berat Badan

    Pola makan yang sehat dan seimbang harus mencakup protein dalam jumlah yang cukup, yang dapat diperoleh dari sumber hewani atau nabati.

    Bugar

    Rabu, 18 Januari 2023

    Billie Eilish Berbicara tentang Self-Esteem yang Rendah: 5 Tips untuk Menerima Diri Sendiri

    Penyanyi Billie Eilish tidak pernah menyembunyikan bahwa dia sudah lama merasa depresi karena memiliki corak fisik yang berbeda dari gadis lain.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X