Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Menurut Ahli Kebugaran

1 Agustus 2022, 17:47 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi olahraga bersepeda ternyata memiliki kegunaan besar untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.
Ilustrasi olahraga bersepeda ternyata memiliki kegunaan besar untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan. /Pixabay.com

  • Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan.
  • Olahraga ini bahkan menawarkan manfaat kesehatan yang tak ada habisnya, baik secara fisik maupun mental.
  • Ahli kesehatan menyebut bersepeda memiliki efek cedera lebih kecil pada persendian.

SKOR.id - Penasaran apakah olahraga bersepeda manjur untuk menurunkan berat badan?

Kabar baiknya adalah, jika Anda ingin menjadi lebih bugar dan terlihat lebih ramping dengan menghilangkan lemak, kebugaran dalam bentuk bersepeda mungkin solusi terbaik.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi - seperti yang akan kita ketahui nanti - bersepeda menawarkan manfaat kesehatan yang tak ada habisnya, baik secara fisik maupun mental.

Hal ini juga diakui sebagai favorit di kalangan penggemar kebugaran karena menyenangkan, mudah dimasukkan ke dalam hari yang sibuk, dan sesuatu yang dapat Anda lakukan sepanjang tahun, di dalam atau di luar ruangan.

Tetapi bagaimana tepatnya bersepeda dapat membantu Anda menurunkan berat badan, dan mengapa ini merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki tujuan ini?

Fit&Well telah meminta bantuan dari berbagai ahli kebugaran untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait hal tersebut. 

Apakah Bersepeda Baik untuk Menurunkan Berat Badan?
Sebelum membahas bagaimana bersepeda dapat membantu Anda menurunkan berat badan, mari lihat ide penurunan berat badan secara lebih rinci.

Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama Anda, tentu olahraga dapat menawarkan keuntungan. Ini berkat kemampuannya untuk membakar kalori, yang - secara alami - memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan.

Namun, meskipun berolahraga adalah salah satu strategi paling umum yang digunakan oleh mereka yang mencoba menurunkan berat badan, itu bukan satu-satunya cara.

Seperti dicatat oleh NHS (Pelayanan Kesehatan Nasional di Inggris), mengelola berat badan Anda adalah tindakan penyeimbangan, dan persamaannya sederhana.

Jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dalam sehari, akhirnya Anda hanya akan menambah berat badan.

Di sisi lainnya, jika Anda makan lebih sedikit kalori dan/atau membakar lebih banyak kalori (melalui aktivitas fisik) daripada pengeluaran harian Anda, Anda akan kehilangan berat badan.

Sederhananya, jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, nutrisi ternyata sama pentingnya, jika tidak lebih penting daripada olahraga yang Anda lakukan.

Sebagai pelatih pribadi, human movement, dan spesialis kinerja elit, Luke Worthington telah mencatatkan bahwa olahraga yang direncanakan hanya menghasilkan sekitar 10% dari pengeluaran kalori harian kita.

Jadi, bahkan jika Anda berlatih khusus untuk menghilangkan lemak, Anda juga masih perlu memperhatikan keseimbangan energi dan asupan protein (dengan kata lain, diet) untuk menciptakan perubahan yang terukur pada komposisi tubuh.

“Ketika ingin meningkatkan salah satu penanda kesehatan yang terukur, kombinasi dari pelatihan ketahanan seluruh tubuh, kardio intensitas rendah, dan sejumlah kecil kardio intensitas tinggi dengan margin yang cukup besar, metode yang paling efektif, efisien, dan berkelanjutan," sang personal trainner mengungkapkan.

Namun, jika Anda ingin mengetahui jenis olahraga apa yang bisa membantu diet Anda, Anda akan senang mendengar bahwa bersepeda ada di antara daftarnya.

Fit&Well bicara dengan Pelatih Kepala di Performance Physique, Arj Thiruchelvam, yang telah membantu melatih tim Olimpiade Inggris Raya dan pelatih Lari dan Lompat Atletik Inggris selama 17 tahun di industri kebugaran.

“Sementara bersepeda adalah aktivitas aerobik, berbagai tingkat resistensi berarti otot paha belakang, paha depan, dan betis dapat berkembang,” kata Thiruchelvam.

“Massa otot yang lebih besar berarti ada peningkatan pembakaran kalori dan oleh karena itu bersepeda dapat berkontribusi untuk mencapai defisit kalori.”

Dalam jangka panjang, dia menambahkan, jika Anda lebih cenderung melakukan sesuatu, Anda cenderung mempertahankan aktivitas tersebut dan karenanya berupaya meningkatkan kesehatan Anda dan berpotensi mencapai tujuan penurunan berat badan.

"Di atas segalanya, bersepeda lebih inklusif daripada bentuk latihan lainnya, mudah untuk mengontrol kecepatan dan memberikan kekuatan yang kurang berdampak yang sulit dihadapi oleh banyak orang yang baru berolahraga."

Tidak semua latihan yang efektif harus berdampak tinggi, latihan berdampak rendah sangat ramah pada sendi dan akan mendapatkan hasil.

Apakah bersepeda di luar ruangan akan lebih baik daripada dalam ruangan untuk menurunkan berat badan?
Satu pertanyaan yang banyak ditanyakan orang, terutama yang baru mengenal bersepeda, adalah apakah ada perbedaan antara bersepeda di dalam dan di luar ruangan dalam hal dampaknya terhadap penurunan berat badan.

Pendiri dan pelatih utama studio cycle top London, Boom Cycle. Hilary Rowland, mengatakan tidak ada bedanya jika Anda bersepeda di dalam atau di luar ruangan, terutama dalam hal kesehatan.

“Ada keuntungan dari kedua jenis bersepeda itu,” jelasnya. “Kunci untuk toning dan kebugaran kardio adalah resistensi/gigi yang berat dan kecepatan. Semakin besar jumlah keduanya, semakin Anda akan menantang otot dan sistem kardiovaskular Anda.”

Apakah bersepeda atau berlari yang lebih baik untuk menurunkan berat badan?
Sebagai dua bentuk olahraga paling populer, tidak mengherankan jika bersepeda dan berlari sering dibandingkan satu sama lain. Tetapi mana yang paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Menurut The American College of Sports Medicine, jumlah kalori yang Anda bakar dalam tiap latihan tergantung pada intensitas dan jumlah waktu Anda melakukannya.

Namun, perguruan tinggi itu juga menemukan bahwa berlari membakar sedikit lebih banyak kalori per jam daripada bersepeda, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Umumnya, berlari membakar 566 hingga 839 kalori per jam, sementara bersepeda dengan kecepatan tinggi membakar 498 hingga 738 kalori per jam.

Namun begitu, usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya juga menentukan berapa banyak kalori yang akan Anda bakar selama berpartisipasi dalam salah satu latihan.

Setidaknya, bersepeda secara luas dikenal lebih baik untuk Anda, secara umum. Rowland menjelaskan bahwa ini karena bersepeda adalah latihan "berdampak rendah" dan oleh karena itu, "lebih baik bagi siapa saja yang cedera daripada berlari" karena bisa mengurangi tekanan pada persendian Anda.

Bagaimana mulai bersepeda lebih sering?
Sekarang setelah menyadari manfaat yang dapat diberikan bersepeda dan betapa jauh lebih mudah diakses daripada banyak bentuk kardio lainnya, inilah saatnya untuk melihat bagaimana menjadikannya sebagai bentuk olahraga reguler dalam rutinitas kebugaran mingguan Anda.

Cara paling jelas untuk menjadikannya bagian dari rutinitas harian adalah dengan membeli sepeda olahraga untuk rumah.

Ini membuat naik sepeda lebih mudah dari sebelumnya dan tidak memerlukan keanggotaan gym atau harus bepergian ke sana untuk berolahraga.

Namun, jika sepeda olahraga tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat berinvestasi dalam sepeda yang lebih murah untuk bersepeda dan membakar kalori Anda dengan cara itu.

Menurut penjelasan Dr Edward R. Laskowski, seorang profesor di College of Medicine, Mayo Clinic, manusia hanya membutuhkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang per minggu untuk tetap bugar dan sehat.

Jadi, Anda hanya perlu bersepeda ke kantor tiga kali seminggu selama 20 menit perjalanan, sekali jalan, untuk mendapatkan jumlah olahraga mingguan yang direkomendasikan.

Rowland mengatakan bahwa mengintegrasikan bersepeda ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai moda transportasi utama Anda bisa semudah mengendarai sepeda.

“Ada penyedia persewaan sepeda di banyak kota besar, yang semua membuat penggunaan sepeda lebih mudah dari sebelumnya - terutama jika Anda tidak memiliki ruang untuk menyimpannya di rumah Anda,” katanya.

Jika itu bukan pilihan untuk Anda, sebagian besar gym memiliki sepeda olahraga di bagian mesin kardio jika Anda sudah memiliki keanggotaan dan tidak ingin menyerah.

“Anda juga dapat menjadikan bersepeda dalam ruangan bagian dari rutinitas harian Anda jika Anda memiliki sepeda di rumah atau di studio atau gym di dekat Anda,” tambah Rowland. “Banyak studio kebugaran yang telah menawarkan diskon langganan bulanan.”***

Baca Juga Berita Bugar Lainnya:

Tips Bersepeda saat Melewati Jalur Curam

6 Tips Penting Memilih Helm untuk Aktivitas Bersepeda

5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari, Salah Satunya Panjang Umur

  • Sumber: Fit&Well
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 1 Agustus 2022

    Kenali Penyebab Mata Merah, Termasuk Alergi dan Virus

    Tidak banyak yang memerhatikan penyebab terjadinya mata merah yang cukup sering mengganggu indra penglihatan kita.

    Bugar

    Minggu, 31 Juli 2022

    Kenali Centaurus: Varian Covid Baru yang Memiliki Kapasitas Penularan Lebih Berbahaya

    Dalam sepekan terakhir, para peneliti telah menemukan varian COVID-19 baru yang disebut 'Centaurus'. WHO mendesak agar berhati-hati.

    Bugar

    Minggu, 31 Juli 2022

    Tips Menghilangkan Stres ala Penggemar K-pop Sambil Jelajah Jakarta

    Jalan-jalan menemukan tempat nongkrong bertema Korea Selatan menjadi satu kegiatan asyik untuk pecinta K-pop.

    Bugar

    Senin, 1 Agustus 2022

    Manfaat Mukbang untuk Diet dan Kesehatan

    Mukbang alias makan besar ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X