Billie Eilish Berbicara tentang Self-Esteem yang Rendah: 5 Tips untuk Menerima Diri Sendiri

18 Januari 2023, 17:00 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Penyanyi Billie Eilish merasa lebih percaya diri dan tidak peduli opini orang setelah bertahun-tahun menganggap fisiknya berbeda dibanding gadis-gadis lain.
Penyanyi Billie Eilish merasa lebih percaya diri dan tidak peduli opini orang setelah bertahun-tahun menganggap fisiknya berbeda dibanding gadis-gadis lain. /Instagram @billieeilish

  • Penerimaan diri adalah proses seumur hidup yang membutuhkan waktu dan latihan.
  • Namun, sebagian besar populasi dunia lebih mempercayai standar kecantikan di masyarakat hingga membuat mereka tidak percaya diri.
  • Salah satunya dirasakan penyanyi Billie Eillish yang sudah lama mengalami depresi karena menganggap dirinya berbeda dibanding gadis lain.

SKOR.id - Salah satu pelajaran hidup terpenting adalah mengetahui bahwa kecantikan sejati seseorang ada di dalam diri mereka. Namun, pada kenyataannya, mementingkan fisik seringkali meninggalkan kepribadian di belakang layar.

Maka, wajar jika banyak orang yang mengkhawatirkan penampilannya. Faktanya, beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa penampilan fisik dapat secara signifikan mempengaruhi harga diri dan kepercayaan diri seseorang di depan layak umum.

Dalam konteks ini, sebagian besar populasi dunia memiliki masalah harga diri (self-esteem).

Mereka melihat ke cermin dan tidak menyukai apa yang mereka lihat. Mereka percaya bahwa mereka tidak memenuhi standar kecantikan yang dipromosikan dalam masyarakat dan oleh karena itu mereka akan ditolak oleh orang lain.

Mengutip dari situs gramedia, dikatakan self-esteem adalah sebuah pikiran, perasaan, dan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Kesehatan self-esteem ini ditentukan oleh seberapa Anda dapat percaya dengan diri sendiri, mencintai diri sendiri, mengapresiasi diri sendiri, dan menghargai diri sendiri.

Penyanyi Billie Eilish tidak pernah menyembunyikan bahwa dia sudah lama merasa depresi karena memiliki corak fisik yang berbeda dari gadis lain. Malu pada dirinya sendiri, dia menggunakan pakaian longgar untuk menyembunyikan berat badannya. Namun, sepertinya akhir-akhir ini dia telah menerima dirinya sendiri dan merasa jauh lebih percaya diri.

Artis muda yang baru berusia 21 tahun itu kembali bicara tentang hubungan buruk dengan tubuhnya untuk Vogue dan menyoroti pembelajaran yang harus dia lakukan.

"Saya merasa seolah-olah tubuh saya menyinari saya selama bertahun-tahun. Saya harus melalui proses di mana saya menyadari bahwa tubuh saya adalah saya. Dan itu tidak melawan saya."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Vogue (@voguemagazine)

Pernyataan baru ini memperjelas perjalanan intens yang telah dilakukan penyanyi tersebut dalam beberapa tahun terakhir. “Saya melihat orang-orang di jejaring sosial, dan saya menyadari bahwa saya tidak pernah memiliki tubuh seperti ini. Saya tahu seluk beluk industri (hiburan) dan apa yang dikenakan orang di foto. Namun, saya melihatnya dan itu membuat saya merasa tidak enak,” katanya kepada The Guardian pada tahun 2021.

Tahapan yang dilalui Eilish sangat umum, terutama di kalangan anak muda, karena mereka merupakan kelompok populasi yang sangat mementingkan fisik.

Perubahan selalu baik, terutama jika itu menjadi lebih baik. Tetapi itu tidak harus menjadi obsesi. Seperti yang ditunjukkan Eilish, penting juga untuk fokus pada pengembangan penerimaan diri dan cinta diri sendiri, daripada mencoba menyesuaikan diri dengan standar kecantikan yang ditetapkan dengan segala cara.

Memahami ini adalah kuncinya. Penampilan luar seringkali cerminan dari keadaan batin kita.

Saat kita merasa percaya diri, bahagia, dan nyaman dengan diri sendiri, itu tercermin dalam postur tubuh, bahasa tubuh, dan sikap kita secara umum.

Sebaliknya, ketika kita kurang percaya diri dan merasa minder atau tidak aman, hal ini dapat terwujud dalam kebiasaan fisik yang negatif seperti membungkuk, menghindari kontak mata, dan gelisah.

Melatih kepercayaan diri
Penerimaan diri adalah proses seumur hidup yang membutuhkan waktu dan latihan. Berikut beberapa tips untuk bisa bercermin dan bangga dengan tubuhmu, apapun itu:

  • Bersikaplah realistis: Waspadai gambar kecantikan ideal yang tidak realistis yang Anda alami. Perlu diingat bahwa mereka adalah model, dibuat-buat dan bahkan dapat diperbaiki - untungnya sudah ada model dari semua ukuran -. Dalam kasus jejaring sosial juga sangat sering terjadi.
  • Akui tubuh Anda: Buatlah daftar hal-hal yang Anda sukai dari tubuh Anda, betapapun kecilnya. Anda akan menyadari bahwa Anda tidak mengalami kegagalan sebanyak yang Anda pikirkan.
  • Hindari perbandingan: cobalah untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain dan fokuslah pada kemajuan dan peningkatan Anda.
  • Jaga tubuh Anda: mengeluh bukanlah solusi, membuat perubahan dalam hidup Anda bisa. Mungkin Anda tidak memiliki kebiasaan baik, yang membuat Anda terlihat buruk. Karena itu, disarankan untuk makan dengan baik, berolahraga secara teratur, dan tidur pada jam yang diperlukan. Anda mungkin tidak mendapatkan gambar yang sempurna, tetapi Anda akan merasa lebih baik.
  • Mencari bantuan profesional: Jika citra tubuh Anda secara signifikan memengaruhi kehidupan sehari-hari dan harga diri Anda, mencari bantuan dari terapis yang berspesialisasi dalam masalah citra tubuh dan harga diri mungkin akan membantu.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Ini Alasan Anak-anak yang Tidur dengan Orangtua Mereka Tumbuh Menjadi Lebih Percaya Diri

Kurang Percaya Diri karena Bau Badan, Ini Cara Mengatasinya

5 Tips agar Semakin Percaya Diri Saat Bermain Futsal

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo, gramedia.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 16 Januari 2023

    Lisa Marie Presley Meninggal akibat Serangan Jantung, Apa Penyebabnya dan Siapa yang Berisiko

    Lisa Marie Presley, putri legenda rock 'n' roll Elvis Presley, telah meninggal setelah mengalami serangan jantung pada usia 54 tahun, menurut laporan.

    Bugar

    Senin, 16 Januari 2023

    Pangeran Harry, Pangeran William, dan Perseteruan Antar Saudara Kandung yang Tiada Akhir

    Hubungan saudara kandung yang sehat dibangun atas dasar saling respek, dan penelitian pun menunjukkan bahwa itu adalah indikator kesejahteraan emosional secara keseluruhan.

    Bugar

    Selasa, 17 Januari 2023

    Meditasi Mindfulness, Pelatihan Baru Chris Hemsworth untuk Meningkatkan Kualitas Fisik dan Mental

    Chris Hemsworth mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk berlatih untuk menjaga bentuk tubuhnya, dan baru-baru ini, dalam serial Limitless yang dibintanginya, dia menunjukkan bahwa 'tanpa jubah' juga dapat memiliki "kekuatan besar".

    Bugar

    Selasa, 17 Januari 2023

    Tren TikTok 'Lion Diet' Disebut 'Obat untuk Semua Alergi', tetapi Apakah Itu Aman?

    TikTok, platform video terkenal tempat semua jenis trik makan dan diet terus-menerus muncul, baru-baru ini menjadi tempat pamer yang bagus untuk rencana makan ini. Ternyata, menurut kesaksian beberapa orang yang telah menjadikan daging sebagai agama mereka, anugerah dari diet berbasis protein dan lemak berkualitas ini ternyata memiliki kemampuan untuk membalikkan…

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    10 Merek Raket Bulu Tangkis Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan, dari Li-Ning hingga Yonex

    Tentunya, tiap merek raket memiliki ciri khas masing-masing dengan sedikit variasi pada bobot, keseimbangan, dan kelenturan.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Diet dan Bunga Bach, Rahasia Lionel Messi Mengatasi Muntah dan Menjadi Bintang Elite di Lapangan

    Dokter asal Italia, Giuliano Poser mengubah cara makan Lionel Messi dan membiarkannya terus menjadi pemain sepak bola elite hingga hari ini.

    Bugar

    Minggu, 29 Januari 2023

    Mengukur Berapa Banyak Olahraga yang Harus Dilakukan Berdasarkan Umur, Kata WHO

    WHO telah memberikan penjelasan jenis olahraga apa yang harus dilakukan berdasarkan usia dan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan dalam sehari.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Tips Memilih Raket Bulu Tangkis Sesuai Karakter Permainan Anda

    Memilih raket bulu tangkis yang tepat atau terbaik untuk diri Anda sendiri bisa menjadi hal yang membingungkan pada awalnya.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Perlu Tahu, Risiko Duduk untuk Waktu yang Lama

    Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh majalah The Lancet, yang menganalisis data dari lebih dari satu juta orang, menyimpulkan bahwa duduk selama lebih dari delapan jam setiap hari tanpa aktivitas fisik menghasilkan risiko kematian yang serupa dengan yang disebabkan oleh merokok dan obesitas.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Kenakan Sepatu Anda dan Mulailah Berjalan: Ini Tren yang Akan Memberi Anda Manfaat Mental dan Fisik

    Anda telah melihat "Hot Girl Walk" di seluruh media sosial sepanjang tahun lalu, tetapi apakah tren ini bermanfaat?

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Veronika Rajek Ungkap Rahasia Kebugaran

    Veronika Rajek mengungkapkan rahasia kebugarannya kepada The U.S. Sun.

    Bugar

    Sabtu, 28 Januari 2023

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma: Lindungilah Penglihatan Anda

    Januari adalah Bulan Kesadaran Glaukoma Nasional, waktu yang penting untuk menyebarkan berita tentang penyakit yang mencuri penglihatan ini.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Retinopati Diabetik: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit mata serta gangguan penglihatan karena suatu kondisi yang dikenal sebagai retinopati diabetik.

    Bugar

    Jumat, 27 Januari 2023

    Bagaimana Cara Kita untuk Dapat Meningkatkan Self-Esteem

    Harga diri adalah seperangkat keyakinan, persepsi, evaluasi, dan pemikiran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Ini adalah penilaian yang kita buat tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman kita.
    X