Bukan Nasi Goreng, Ini 3 Menu Sarapan Sehat yang Nggak Asal Kenyang

13 Mei 2022, 10:30 WIB
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi sarapan.
Ilustrasi sarapan. /(INSTAGRAM)

  • Sarapan sangat dianjurkan oleh ahli gizi.
  • Namun, sarapan sebaiknya tidak asal kenyang.
  • Berikut ini adalah tiga ide menu sarapan sehat yang bisa dibuat di rumah.

SKOR.id - Berikut ini adalah tiga menu sarapan sehat yang nggak asal kenyang.

Sarapan menjadi salah satu aktivitas yang disarankan oleh sebagian besar ahli gizi dunia.

Sebab tanpa disadari, sarapan membawa manfaat buat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mencegah penyakit maag dan memberi tenaga buat tubuh.

Ya, melewatkan sarapan bisa membuat kondisi tubuh tidak stabil.

Alih-alih bisa mengurangi kalori, melewatkan sarapan justru membuat tubuh ingin lebih sering ngemil yang tidak bergizi.

Meski demikian dilansir dari India Today, sarapan sebaiknya tidak asal kenyang.

Sejumlah ahli gizi dunia tidak menyarankan Anda mengonsumsi terlalu banyak kalori ketika sarapan.

Alasannya adalah tubuh akan lelah karena terlalu berat memproses kalori. Jika sudah demikian, maka Anda akan merasakan kantuk di jam-jam kerja.

Laporan tersebut juga menjelaskan tentang tiga menu sarapan sehat yang bisa dicoba di rumah:

Ilustrasi pisang.
Ilustrasi pisang. Tokopedia.com

1. Pisang dan Yogurt

Sudah sejak lama pisang menjadi salah satu menu sarapan terbaik.

Pisang mungkin tinggi kalori yakni sekitar 105 kal, namun buah ini juga mengandung serat alami dan kaya vitamin.

Sarapan pisang dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Apalagi jika ditambah dengan greek yogurt.

Bahan pangan ini juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.

Kombinasi tersebut dapat membantu Anda mengelola tekanan darah.
 
Ilustrasi sarapan sereal, salah satu alternatif makan pagi yang sehat.
Ilustrasi sarapan sereal, salah satu alternatif makan pagi yang sehat. pixabay.com
 
2. Oatmeal dengan tambahan buah kesukaan
 
Ide menu makanan sehat kedua adalah oatmeal. Konsumsi gandum utuh bisa menurunkan risiko Anda untuk mengalami sejumlah masalah kesehatan.
 
Selain memberi rasa kenyang yang cukup lama, oatmeal juga membantu Anda mengendalikan kolsterol dan tekanan darah.
 
Oatmeal juga mengandung lignan, zat kimia nabati yang berpotensi mencegah penyakit jantung.
 
Agar lebih enak, Anda bisa menambahkan susu dan buah kesukaan.
 
Alpukat menjadi bahan dasar makanan.
Alpukat menjadi bahan dasar makanan. Medical News Today
 
3. Susu cokelat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh, dan alpukat
 
Menu ketiga yang bisa Anda coba adalah selembar roti dengan olesan susu coklat dan alpukat.
 
Roti dari gandum utuh memberi Anda karbohidrat, susu cokelat memenuhi asuham gula dan kalsium.
 
Sementara alpukat memiliki kandungan nutrisi seperti lemak sehat, serat, vitamin C, dan beberapa mineral.

Berita Bugar Lainnya:

5 Kebiasaan Buruk Setelah Olahraga yang Bisa Mengancam Kesehatan

Parasetamol Diklaim sebagai Salah Satu 'Obat Paling Berbahaya'

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

 

  • Sumber: India Today
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Gosip

    Jumat, 22 April 2022

    Tiduri 500 Wanita, Tyson Fury Klaim Meningkatkan Kebugaran Otot

    Tyson Fury pernah bilang telah tidur dengan 500 wanita. Dia mengklaim orang gila membantu meningkatkan kebugaran dan ototnya.

    Liga Top Skor

    Rabu, 27 April 2022

    Persiapan Seri Nasional, Kebugaran Pemain Pesik Kuningan Masih Jadi PR

    Pesik belum lama ini menggelar uji tanding menghadapi Trans United Indramayu.

    Bugar

    Senin, 2 Mei 2022

    6 Tips Menjaga Kebugaran saat Kembali dari Mudik

    Hari Raya Idulfitri 1443 H jatuh pada Senin (2/5/2022).

    Terbaru

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

    Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

    Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

    Bugar

    Kamis, 19 Mei 2022

    5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

    Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

    Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

    Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

    Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

    Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

    Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

    Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.

    Bugar

    Rabu, 18 Mei 2022

    5 Makanan Barat di Tiktok yang Sehat dan Mudah Dibuat di Rumah

    Makanan sehat terkadang kurang disukai karena rasanya yang bisa dibilang cukup hambar. Namun sesungguhnya ada beberapa yang nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.
    baindo

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X