Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita

4 Januari 2022, 19:04 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, juga akan menjaga kesehatan kandung kemih kita.
Banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, juga akan menjaga kesehatan kandung kemih kita. /Twitter

  • Seiring bertambahnya usia, kondisi kandung kemih akan berubah.
  • Fungsinya juga semakin menurun.
  • Tidak menjaga kandung kemih berpotensi untuk menimbulkan infeksi.

SKOR.id - Bagi orang-orang yang bekerja dengan banyak duduk sepanjang hari, masalah kesehatan kandung kemih harus benar-benar menjadi perhatian.

Terkadang, tanpa kita sadari, kebutuhan untuk ke kamar kecil terbilang sangat jarang karena kita tidak merasa haus setelah berada di dalam ruangan.

Atau sebaliknya. Ada kalanya kita menahan buang air kecil, karena situasi hetic. Sementara, organ-organ tubuh kita, termasuk kandung kemih yang menampung urine, telah bekerja sepanjang hari dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kandung kemih, sebagai organ berongga pada sistem ekskresi manusia, akan menampung cairan yang telah disaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan sebagai urine.

Seiring bertambahnya usia, kondisinya akan berubah dan fungsinya semakin menurun.

Oleh sebab itu, kesehatan kandung kemih harus dijaga sejak dini. 

Cara menjaga kesehatan kandung kemih
Seperti organ lain, fungsi kandung kemih juga bisa terganggu akibat penyakit atau kondisi tertentu. Yang paling umum antara lain: infeksi bakteri, sistitis, serta hilangnya kontrol buang air kecil karena inkontinensia urine ataupun kandung kemih overaktif.

Berikut sederet tips yang dapat membantu menjaga kandung kemih tetap sehat.
1. Minum air putih
Air putih mencegah penyakit jantung. Setiap kali Anda kurang minum air putih, tubuh bukan cuma akan mengalami dehidrasi, tapi juga membuat urine jadi lebih pekat dan memicu sembelit. Kedua kondisi ini lambat laun akan mengiritasi kandung kemih dan memicu inkontinensia urine.

Maka, pastikan Anda minum air putih minimal 8 gelas per hari. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan makan sup atau minum jus. Batasi alkohol, kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya, sebab kafein bisa merangsang kontraksi kandung kemih secara berlebihan sehingga menyebabkan kebocoran urine.

2. Tidak menahan buang air kecil
Buang air kecil mengeluarkan bakteri sehingga penting untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Apabila Anda sering menahan kencing, bakteri yang seharusnya dibuang dapat kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi pada sistem perkemihan.

Ketika membuang air kecil, pastikan pula Anda kencing hingga tuntas dan tidak ada lagi urine yang keluar. Air kencing yang tersisa dapat memicu infeksi saluran kemih. Jadi, hindari kencing terburu-buru agar Anda bisa betul-betul mengosongkan kandung kemih.

3. Membuang air kecil setelah berhubungan intim
Setelah berhubungan intim, ada banyak bakteri yang memenuhi area kelamin. Bakteri yang menumpuk pada saluran kencing bisa berkembang biak, kemudian menyebabkan infeksi yang ditandai dengan nyeri dan panas saat buang air kecil.

Anda dapat membilas bakteri keluar dari kandung kemih dengan rutin kencing usai berhubungan intim. Langkah ini juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada saluran kencing. Setelah buang air kecil, jangan lupa bersihkan area organ intim Anda.

4. Menjaga berat badan yang ideal
Semakin bertambah berat badan Anda, timbunan lemak dalam tubuh akan semakin memberi tekanan pada kandung kemih. Akibatnya, urine akan makin terdesak dan membuat Anda susah mengendalikan hasrat buang air kecil.

Inilah pentingnya menjaga berat badan ideal dari sekarang. Caranya bisa melalui olahraga, memperbanyak makan sayur dan buah, serta memantau berat badan secara rutin. Tidak hanya bikin badan tetap bugar, tapi juga menjaga kesehatan kandung kemih.

Ilustrasi merokok, mengurangi kebiasaan ini bisa membantu kesehatan kandung kemih.
Ilustrasi merokok, mengurangi kebiasaan ini bisa membantu kesehatan kandung kemih. (Mejor con salud)

5. Tidak merokok
Setiap tahun, sekitar 50.000 orang didiagnosis menderita kanker kandung kemih. Salah satu faktor utama dalam kasus ini adalah merokok. Perokok berisiko 2 – 3 kali lebih tinggi terkena kanker kandung kemih dibandingkan orang yang tidak merokok.

Mengacu laman Urology Health, kebiasaan merokok juga mengiritasi kandung kemih, bikin Anda lebih sering buang air kecil, dan memperparah inkontinensia urine. Jadi, bila Anda adalah perokok, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini dari sekarang.

6. Melakukan latihan otot panggul
Latihan otot panggul adalah salah satu cara menjaga kesehatan kandung kemih yang paling efektif. Latihan ini mampu menguatkan otot panggul yang menopang organ di area itu, meningkatkan kontrol kandung kemih, dan mencegah inkontinensia urine.

7. Membatasi makanan dan minuman yang mengiritasi kandung kemih
Konsumsi makanan dan minuman tertentu dapat memicu iritasi pada kandung kemih. Bila kebiasaan ini terus dilakukan, iritasi bisa memperparah penyakit yang sudah ada atau membuat Anda lebih sering buang air kecil.

Anda tak harus menghindarinya sama sekali. Cukup konsumsi sesekali dan batasi jumlahnya untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Makanan dan minuman yang perlu dibatasi antara lain:
- Buah-buahan masam, seperti jeruk, lemon, dan nanas.
- Makanan pedas.
- Produk-produk yang terbuat dari tomat.
- Kopi, teh, dan minuman bersoda, bahkan yang tidak mengandung kafein.
- Minuman beralkohol.

8. Membersihkan organ intim dengan benar
Setelah buang air kecil, selalu bersihkan penis maupun vagina dari depan ke belakang. Jangan membersihkan dari arah sebaliknya karena bakteri dari anus dapat berpindah ke organ intim dan menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Wanita berisiko lebih tinggi terkena infeksi karena saluran kencingnya lebih pendek dibandingkan pria. Hal ini membuat bakteri dari feses lebih mudah masuk ke dalam vagina. Jadi, pastikan Anda membersihkan vagina dengan tepat.

Dengan menjaga kesehatan kandung kemih, Anda turut memelihara fungsinya dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Kuncinya adalah mencukupi kebutuhan air, rutin buang air kecil, serta menjalani gaya hidup bersih dan sehat.***

Baca Juga: Lima Kebiasaan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung di Tahun 2022Baca Berita Entertaiment Bugar Lainnya:

5 Penyakit yang Timbul Jika Terlalu Sering Menahan Kencing

  • Sumber: hellosehat.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 3 Januari 2022

    Terbukti Cokelat Hitam Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

    Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

    Bugar

    Senin, 3 Januari 2022

    5 Makanan yang Cocok untuk Menjaga Kesehatan Tulang

    Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang baik dan mengandung banyak kalsium.

    Bugar

    Selasa, 4 Januari 2022

    Macam-macam Aroma Bunga Ini Bisa untuk Relaksasi

    Wewangian bunga dapat membantu menenangkan tubuh.

    Bugar

    Selasa, 4 Januari 2022

    Ingin Buang 500 Kalori per Hari, Ini Olahraga ala Wapres Ma'ruf Amin

    Dalam podcast Deddy Corbuzier, Ma'ruf Amin mengaku rutin bersepeda statis, gym, dan olahraga di kolam air hangat.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X