Cara Mudah Mengurangi Asupan Karbohidrat

18 September 2022, 10:00 WIB
Penulis: Igor Hakim
Editor: Dini Wulandari
Nasi, pasta, dan kentang adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat.
Nasi, pasta, dan kentang adalah beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat. /(pixabay.com)

  • Ada banyak pembicaraan tentang karbohidrat yang menjadi musuh dalam budaya diet modern.
  • Karbohidrat adalah bagian penting dari sebagian besar diet.
  • Ada sederet cara mudah untuk mengurangi karbohidrat.

SKOR.id - Ada banyak pembicaraan tentang karbohidrat yang menjadi musuh dalam budaya diet modern.

Karbohidrat adalah bagian penting dari sebagian besar diet. Faktanya, karbohidrat kompleks — yang berasal dari makanan nabati utuh yang tidak diproses — biasanya penuh dengan nutrisi.

Namun, dalam beberapa keadaan, mengurangi karbohidrat dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang nyata.

Ini terutama benar jika menyangkut karbohidrat sederhana, yang berasal dari makanan olahan tinggi dan tidak memberikan nutrisi tambahan.

Studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan dan pengaturan diabetes atau pradiabetes yang lebih baik pada orang dewasa dengan berat badan lebih tinggi.

Jika ahli gizi atau dokter Anda menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat sebagai bagian dari perbaikan gaya hidup yang lebih sehat (yang biasanya mencakup aspek lain seperti aktivitas fisik), berikut adalah cara mudah untuk mengurangi karbohidrat.
 
1. Kurangi Asupan Minuman Manis
 
Sebagian besar gula, entah itu fruktosa, laktosa, maltosa, sukrosa, atau glukosa, dianggap sebagai karbohidrat sederhana.
 
Karbohidrat sederhana memberikan energi yang cepat. Ini menyebabkan peningkatan cepat dalam gula darah dan sekresi insulin dari pankreas.
 
Mengkonsumsi minuman manis seperti soda atau es teh manis dapat menambahkan banyak karbohidrat ekstra, dalam bentuk gula, ke dalam diet Anda.
 
Misalnya, satu kaleng (12 ons cairan) cola non-diet mengandung 35 gram karbohidrat, dan satu minuman es teh manis mengandung 29,5 gram karbohidrat.
 
Karbohidrat ini hampir seluruhnya berasal dari gula. Konsumsi minuman manis secara rutin telah dikaitkan dengan timbulnya diabetes tipe 2, jadi mengurangi minuman ini dapat membantu mengurangi risiko kondisi tersebut.
 
2. Kurangi Roti Gandum Halus
 
Banyak jenis roti, terutama roti gandum, mengandung vitamin dan mineral. Roti gandum utuh yang tidak dimurnikan juga dianggap sebagai karbohidrat kompleks, artinya butuh waktu lebih lama untuk dicerna dan memengaruhi gula darah secara bertahap, bukan sekaligus.
 
Sementara roti yang dibuat dengan biji-bijian olahan, seperti roti putih, tidak selalu lebih tinggi karbohidratnya daripada roti gandum utuh, proses pemurnian biji-bijian dapat mengurangi kandungan mikronutrien dan serat roti.
 
Tanpa banyak serat, gula dan karbohidrat dalam roti diproses dengan cepat di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Seiring waktu, ini dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2.
 
Berpegang teguh pada roti gandum utuh dalam jumlah sedang, atau mengurangi asupan roti harian Anda secara umum, dapat membantu menelan lebih sedikit karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah.
 
3. Pertimbangkan Jus Buah
 
Tidak seperti buah utuh, jus buah mengandung sedikit atau tanpa serat dan biasanya tinggi fruktosa, suatu bentuk gula buah yang juga dianggap sebagai karbohidrat sederhana.
 
Meskipun menyediakan beberapa vitamin dan mineral, jus buah sangat mirip dengan minuman manis (seperti soda) dalam hal gula dan karbohidrat.
 
isalnya, satu botol (sekitar 10 ons cairan) jus apel 100% mengandung 35 gram karbohidrat, yang sebagian besar adalah gula.
 
Jika Anda ingin mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, pertimbangkan untuk memilih sepotong buah daripada jus buah. 
 
Buah utuh biasanya sama manisnya, dan mengandung serat, yang dapat membantu meredakan lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.
 
4. Pilih Camilan Rendah Karbohidrat
 
Karbohidrat dapat bertambah dengan cepat dalam makanan ringan seperti keripik, pretzel, dan kerupuk. 
 
Ini karena camilan asin dan gurih ini biasanya rendah protein dan serat, dua makronutrien yang bertanggung jawab atas rasa kenyang itu.
 
Memasukkan lebih banyak camilan rendah karbohidrat yang memiliki porsi protein dan serat yang baik dapat membantu Anda merasa puas.
 
Jika Anda mencari beberapa ide, kacang-kacangan, keju, dan telur cenderung lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi protein.
 
Ada juga banyak kumpulan camilan rendah karbohidrat di market place yang dapat membantu meningkatkan kreativitas Anda.
 
Baca Juga Artikel Wellness Lainnya:

  • Sumber: healthline
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 10 September 2022

    Kandungan Nutrisi pada Daging Buah Kelapa

    Daging buah kelapa menyimpan beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 11 September 2022

    Deretan Cara Menurunkan Tekanan Darah Diastolik

    Jika Anda hanya memiliki tekanan darah diastolik tinggi, Anda tidak dapat menyembuhkannya sendiri.

    Bugar

    Senin, 12 September 2022

    Manfaat Luar Biasa dari Jus Wortel, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mata

    Jus wortel yang diekstrak dari wortel utuh adalah minuman yang sangat bergizi.

    Bugar

    Rabu, 14 September 2022

    6 Rekomendasi Sayuran untuk Dibuat Jus

    Ada enam sayuran terbaik untuk dibuat jus yang bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X