Chris Hemsworth Cuti Akting setelah Tes Alzheimer Tidak Memuaskan: 14 Gejala Awal yang Perlu Diwaspadai

23 November 2022, 18:40 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Chris Hemsworth mengetahui dirinya memiliki kemungkinan mengembangkan penyakit Alzheimer saat syuting serial dokumenter Limitless dari Disney+ dan National Geographic.
Chris Hemsworth mengetahui dirinya memiliki kemungkinan mengembangkan penyakit Alzheimer saat syuting serial dokumenter Limitless dari Disney+ dan National Geographic. /

  • Aktor Chris Hemsworth mengungkapkan bahwa dia berpeluang kuat, 8 hinga 10 kali lipat, mengembangkan penyakit degeneratif Alzheimer di masa depan.
  • Ini, menurut National Institute on Aging (NIA), merupakan kondisi kelainan otak yang perlahan-lahan merusak daya ingat dan kemampuan berpikir.
  • Sang aktor mewarisi dua gen pemicu dari pihak ayah dan pihak ibu.

SKOR.id - Berita buruk telah datang ke dalam kehidupan Chris Hemsworth.

Aktor Australia itu mengakui kepada Vanity Fair bahwa dia memiliki risiko lebih tinggi terkena Alzheimer, jadi dia telah memutuskan untuk mengambil istirahat sementara untuk mengakomodasi berita itu dan mengatur kembali hidupnya mengingat fakta bahwa di masa depan dia mungkin akan terkena penyakit degeneratf tersebut.

Hemsworth, yang berusia 39 tahun, mengetahui saat syuting Limitless, yang akan tayang di Disney+, bahwa dia memiliki peluang 8 hingga 10 kali lipat mengembangkan eAlzheimer dengan mewarisi dua salinan gen APOE4, yang secara luas sangat terkait dengan timbulnya penyakit degeneratif itu.

Sang aktor melakukan rekaman dengan Peter Attia, seorang dokter spesialis umur panjang, dan menjalani serangkaian tes genetik. Hasilnya tidak memuaskan Hemsworth.

"Kami memiliki semua tes darah yang dapat dilakukan. Dan Anda (Hemsworth) memiliki dua salinan APOE4. Satu dari ibu Anda dan satu dari ayah Anda," komentar ahli tersebut. Ini sangat mengkhawatirkan, karena satu salinan sangat meningkatkan kemungkinan Alzheimer, tetapi Hemsworth bahkan langsung mewarisi dua gen.

"Itu benar-benar memicu sesuatu dalam diri saya untuk segera mengambil rehat. Dan, sejak kami menyelesaikan show ini (Limitless), saya telah merampungkan semua hal yang sudah saya pesan. Sekarang ketika saya menyelesaikan tur minggu ini, saya akan pulang dan saya akan bersenang-senang."

"Saya akan bebas membangun kembali hidup saya. Bersama anak-anak, bersama istri saya," kata aktor yang juga juru bahasa terkenal itu kepada Vanity Fair.

Hemsworth telah menjelaskan bahwa dia ingin hasilnya dipublikasikan untuk membuat orang lain sadar akan pentingnya menjalani tes.

Ternyata penyakit ini sudah mendarah daging dalam keluarganya. Kakeknya tidak mengingat siapa pun. "Dia tidak ingat siapa kita, lho, cucu-cucunya, bahkan juga anak-anaknya sendiri, selama bertahun-tahun. Ini memilukan," Hemsworth menuturkan.

Untuk alasan ini, sang aktor ingin beristirahat sejenak dalam kariernya untuk "membuat beberapa perubahan" dan "menjalani hidup yang lebih baik dan lebih sehat".

Apa Hubungan antara Gen APOE4 dan Alzheimer?
Terbukti bahwa gen APOE4 dan Alzheimer terkait erat. Penelitian dari McGill University, yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of American Medical Association: Neurology, menetapkan bahwa gen APOE4 terkait erat dengan endapan toksik protein Tau di otak.

Kerusakan protein ini menyebabkan neuron menjadi tidak teratur dan akhirnya mati, itulah sebabnya gejala demensia muncul.

Para ilmuwan memantau dua kelompok berbeda untuk MRI dan tomografi emisi positron (PET). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di area otak yang memproses memori terdapat jumlah protein Tau yang jauh lebih tinggi - kelebihan menyebabkan kematian neuron - pada pembawa gen APOE4.

Apakah Sang Aktor Akan Kehilangan Memori?
Hemsworth sama sekali tidak menderita Alzheimer saat ini. Hasil ini hanya memperingatkan bahwa, di masa mendatang, dia memiliki kemungkinan besar untuk mengembangkannya.

Meskipun ini juga belum pasti: memiliki lebih banyak gen APOE4 tidak berarti penyakit akan berkembang. Skenario lain adalah bahwa gen deterministik telah terdeteksi, yang menyebabkan penyakit dan terdapat pada 1% populasi.

Namun, aktor tersebut memahami bahwa merupakan "berkah" untuk mengetahui tentang genetikanya lebih awal, karena dia memiliki waktu untuk mengambil tindakan untuk mengendalikan risiko, menjaga kesehatan fisik dan mental dan, mungkin saja, menunda perkembangan selamanya atau, di masa depan. kasus terburuk, selama mungkin.

Hemsworth, yang ketakutan terbesarnya adalah melupakan orang-orang tercintanya, patut dipuji bahwa dia selalu menjalani gaya hidup sehat.

Telah terbukti bahwa makan dengan benar, olahraga, dan meningkatkan daya ingat sangat membantu mencegah perkembangan Alzheimer.

Faktanya, kebiasaan buruk memiliki dampak yang lebih besar daripada genetika. Apa yang akan dilakukan protagonis Thor adalah lebih meningkatkan poin-poin ini dengan tujuan meminimalkan kemungkinan terkena Alzheimer.

Gejala Peringatan Awal
Penyakit Alzheimer, menurut National Institute on Aging (NIA), merupakan kondisi kelainan otak yang perlahan-lahan merusak daya ingat dan kemampuan berpikir. Gejalanya memburuk dari waktu ke waktu, sampai benar-benar akan mengganggu tugas sehari-hari.

Menurut Spanish Society of Neurology (SEN), sekitar 40.000 kasus baru penyakit ini didiagnosis setiap tahun di Spanyol, tetapi menunjukkan bahwa pengendalian diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, merokok, gaya hidup menetap, depresi, inaktivitas kognitif, pendengaran kehilangan dan isolasi sosial berpotensi mencegah antara 1 dan 3 juta kasus di dunia.

Ini juga bentuk demensia yang paling umum, di mana diagnosis yang benar harus dilakukan untuk mendapatkan perawatan yang tepat, perhatian medis, dan pendidikan keluarga.

Biasanya didiagnosis dengan pemeriksaan medis yang dipadukan dengan bantuan keluarga dan teman untuk mempelajari lebih lanjut tentang gejala dan perilaku. Dengan demikian, ada sederet tanda yang menjadi panduan untuk mendeteksi kemungkinan kasus alzheimer.

Tanda-tanda apa yang menunjukkan bahwa seseorang menderita Alzheimer?
Fundació Pasqual Maragall menetapkan tanda-tanda yang harus diperhatikan, karena dapat menunjukkan gejala Alzheimer:

  • Lupa atau kesulitan mengingat informasi. Melupakan tanggal yang relevan, detail penting dari situasi atau percakapan terkini, apa yang dimakan atau membingungkan hari dalam seminggu, bulan atau tahun.
  • Butuh bantuan dari luar untuk mengingat. Ada kebutuhan yang lebih besar untuk menggunakan agenda, kalender, ataupun alarm agar tidak melupakan aktivitas yang harus dilakukan.
  • Ulangi pertanyaan yang sama dalam satu lingkaran. Membicarakan topik yang sama berulang kali atau tidak mengingat bahwa suatu pertanyaan telah ditanyakan, dan bahkan telah dijawab.
  • Mengalami kesulitan mengikuti petunjuk atau merencanakan kegiatan sehari-hari. Orang tersebut mungkin membutuhkan bantuan untuk melakukan hal-hal yang biasa mereka lakukan sendiri, meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukannya, atau membuat kesalahan. Misalnya memasak, berbelanja, atau salah minum obat.
  • Menjadi bingung di tempat-tempat yang sudah dikenal. Bingung dalam rute biasa atau di tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi atau berada pada saat yang tepat.
  • Membuat kesalahan dalam persepsi berlalunya waktu. Membingungkan kenalan dengan orang lain yang merupakan bagian dari masa lalu orang tersebut.
  • Tunjukkan kesulitan untuk mengikuti percakapan. Bahasa yang lebih buruk, kesulitan yang sering terjadi dalam membangkitkan kata-kata tertentu, dalam menamai objek atau meninggalkan percakapan tanpa menyadarinya.
  • Kehilangan barang atau uang pribadi. Meningkatnya kesulitan dalam menemukan barang-barang pribadi.
  • Menyajikan penurunan kapasitas penilaian. Orang tersebut menjadi lebih rentan atau rentan untuk ditipu oleh orang lain.
  • Lebih ceroboh. Kurang memperhatikan penampilan dan kebersihan pribadi atau rumah.
  • Kehilangan minat dalam aktivitas. Meninggalkan aktivitas yang sebelumnya disukai atau mengalami kesulitan dalam menjalankannya.
  • Tunjukkan perubahan dalam cara Anda berhubungan dengan orang lain. Kesulitan menafsirkan lelucon atau memahami suasana hati orang lain.
  • Hadirkan perubahan suasana hati atau humor. Lebih banyak ketidakpercayaan, kekesalan atau kesedihan, bahkan menangis tanpa alasan yang jelas.
  • Tunjukkan kegugupan di lingkungan asing atau dalam situasi baru. Adalah umum untuk mencoba menghindari situasi ini dengan membuat alasan.

Oleh karena itu, jika gejala-gejala ini muncul dan ada kecurigaan bahwa seseorang mungkin menderita Alzheimer atau gangguan kognitif lainnya, penting untuk segera menemui dokter sehingga dapat menilai tingkat kerusakan dan bertindak sesuai dengan itu, karena beberapa tanda dapat membingungkan. dengan kesulitan penuaan.***

Berita Chris Hemsworth Lainnya:

Chris Hemsworth Akan Hadapi Tantangan Terberat oleh Manusia dalam Serial Baru 'Limitless'

Personal Trainer Aktor Chris Hemsworth Berbagi Tips untuk Capai Kebugaran Anda

Chris Hemsworth, Seleb yang Latihan Kebugarannya Paling Menginspirasi

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 21 November 2022

    5 Kiat Bekerja dari Rumah untuk Dapatkan Ruang Kerja Jarak Jauh yang Sempurna

    Lakukan lima tips ini untuk mendapatkan ruang kerja jarak jauh yang sempurna jika Anda bekerja dari rumah.

    Bugar

    Selasa, 22 November 2022

    3 Tips Mudah untuk Menghindari Kenaikan Berat Badan saat Bekerja di Rumah

    Selama bulan-bulan pengurungan, berat badan kami rata-rata naik sekitar enam kilo, jadi kami harus mengambil tindakan jika kami terus bekerja dari rumah

    Bugar

    Selasa, 22 November 2022

    Ini yang Terjadi jika Anda Berjalan 30 Menit Sehari

    Apa yang terjadi jika Anda berjalan 30 menit sehari? Manfaat jalan kaki minimal setengah jam sehari berkisar dari menurunkan berat badan hingga mencegah beberapa penyakit.

    Bugar

    Selasa, 22 November 2022

    Gandeng RRQ, MILO E-Activ Academy Luncurkan Tutorial Latihan Fisik untuk Pencinta Esports

    MILO E-Activ Academy mendukung pencinta esports di Tanah Air untuk semakin mengembangkan kemampuan.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X