Curcumin: Tiga Fakta Tidak Umum dari Senyawa Pewarna Ini yang Bersifat Anti-Inflamasi

16 Februari 2022, 16:15 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi kunyit, Zat pewarna yang terkandung di dalam kunyit dinamakan curcumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.
Ilustrasi kunyit, Zat pewarna yang terkandung di dalam kunyit dinamakan curcumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. /Pixabay.com

  • Curcumin merupakan senyawa antiperadangan alami yang biasanya diperoleh pada bumbu masakan seperti kunyit dan temulawak.
  • Curcumin dikenal karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antinyeri.
  • Tetapi, zat-zat ini hanya merupakan pelengkap diet yang sehat dan seimbang.

SKOR.id - Kunyit menikmati popularitas yang baik. Bumbu berwarna oranye ini yang banyak digunakan dalam masakan India - khususnya - untuk membumbui nasi, daging, dan kari.

Yang jarang dikenali orang adalah curcumin, senyawa dalam rimpang kunyit yang bertugas memblokir salah satu faktor metabolisme yang meningkatkan peradangan serta dapat mengurangi efek dari beberapa penyakit seperti osteoarthritis ataupun sindrom metabolik.

Ringkasnya, curcumin merupakan senyawa antiperadangan alami yang biasanya diperoleh pada bumbu masakan seperti kunyit dan temulawak.

Curcumin dikenal karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan anti nyeri.

Peradangan dan Oksidasi
Curcumin mengandung polifenol, molekul yang bekerja pada tingkat sel dalam peradangan dan oksidasi, dan mengurangi efek beberapa penyakit seperti radang sendi, kecemasan, kadar lemak tinggi dalam darah, atau sindrom metabolik, seperti yang dijelaskan Hospital Barcelona Clinic.

Penyakit terkait peradangan yang telah diidentifikasi adalah Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis (MLS), epilepsi atau kanker.

Namun, menurut pusat medis di atas, curcumin juga memiliki efek positif pada orang tanpa penyakit yang didiagnosis, seperti peningkatan kinerja fisik, konsentrasi, dan penurunan stres.

Bagaimana cara mengonsumsi kurkumin?
Curcumin bekerja pada tingkat sel pada peradangan, hampir seperti ibuprofen alami.

Masalahnya adalah bahwa, curcumin memiliki penyerapan yang buruk selama pencernaan, dan metabolisme serta eliminasi yang cepat.

Hasil pengamatan menyatakan bahwa ada beberapa zat seperti piperin yang meningkatkan bioavailabilitas spesies ini, yang membantu tubuh untuk menyerapnya (curcumin) dan supaya tubuh mendapatkan manfaat dari efek positifnya.

Oleh karena itulah, klinik merekomendasikan untuk mengonsumsi zat ini dalam kombinasi dengan piperin atau dalam kapsul curcumin liposom.

Penting untuk dicatat bahwa zat-zat ini merupakan pelengkap diet yang sehat dan seimbang. Maksudnya, bukan indikasi sebagai super food - makanan utama.

Maka, konsumsinya harus dilakukan dalam kerangka makan sehat seperti diet mediterania, dan dalam hal minum obat, selalu tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

Osteoarthritis, trigliserida dan suasana hati
Beberapa penelitian ilmiah juga telah mempelajari efek kurkumin.

Dalam kasus osteoartritis, patologi penyakit berkaitan dengan peradangan, yang penurunan kualitas tulang rawan sendi terutama karena faktor penuaan atau kelebihan berat badan.

Penyakit osteoartritis memiliki beberapa pilihan terapi, tetapi mereka tetap menghasilkan beberapa efek samping.

Dalam hal ini, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan harian sebanyak satu gram curcumin selama 8 sampai 12 minggu mengurangi gejala osteoarthritis dan memiliki efek yang mirip dengan ibuprofen dalam meredam gejalanya.

Dalam penelitian yang dilakukan pada orang dewasa sehat antara usia 40 dan 60 yang diberi dosis harian 80 mg kurkumin, tercatat pengurangan kadar trigliserida dan penurunan amilase saliva, enzim yang berfungsi sebagai biomarker stres.

Bukti ilmiah lainnya, pada orang di atas usia enam puluh, kurkumin terbukti secara signifikan meningkatkan suasana hati, atensi, dan kinerja tugas memori dibandingkan dengan efek plasebo.***

Berita Bugar Lainnya:

Efek Samping Kunyit yang Harus Diwaspadai

5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Kunyit untuk Kesehatan

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 14 Februari 2022

    Inilah Alasan Hari Valentine Identik dengan Coklat, Ternyata Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jantung

    Penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat hitam lebih dari lima kali per minggu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 57%.

    Bugar

    Senin, 14 Februari 2022

    5 Kebiasaan Utama untuk Membersihkan Hati dan Kantong Empedu

    Ada serangkaian rutinitas sederhana sehari-hari, yang dengan sedikit usaha, dapat berkontribusi besar untuk meningkatkan kesehatan hati.

    Bugar

    Selasa, 15 Februari 2022

    Puasa Intermiten: Apakah Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

    Penelitian menunjukkan puasa intermiten itu cara untuk mengatur berat badan Anda dan mencegah atau bahkan menghindarkan beberapa penyakit.

    Bugar

    Selasa, 15 Februari 2022

    10 Tips untuk Dapatkan Tidur Malam yang Nyenyak Versi Legenda Lompat Jauh Greg Rutherford

    Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan tidur malam yang baik dan Greg Rutherford memiliki beberapa tips terbaik.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X