Deretan Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

6 Agustus 2022, 09:30 WIB
Penulis: Igor Hakim
Editor: Dini Wulandari
Ilustrasi jamur yang bisa dikonsumsi.
Ilustrasi jamur yang bisa dikonsumsi. /(pixabay.com)

  • Jamur tiram, atau spesies Pleurotus, adalah sekelompok jamur insang.
  • jamur tiram merupakan makanan yang bagus untuk pengganti daging.
  • Ada sederet manfaat dari jamur tiram untuk kesehatan tubuh.

SKOR.id - Jamur tiram atau spesies Pleurotus, adalah sekelompok jamur insang. 

Jamur diklasifikasikan sebagai fungi, yang secara teknis berbeda dari tumbuhan, mereka merupakan makanan yang bagus untuk pengganti daging.

Ada sekitar 40 jenis jamur tiram, termasuk Pleurotus ostreatus (P. ostreatus), umumnya dikenal sebagai jamur tiram Amerika Serikat (AS). Semua jenis dapat dimakan dan biasanya dinikmati dalam hidangan seperti pasta dan tumisan.

Mereka dikenal karena sifatnya yang meningkatkan kesehatan dan mengandung berbagai senyawa kuat. Faktanya, mereka telah digunakan dalam pendekatan pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Berikut adalah deretan manfaat dari jamur tiram untuk kesehatan tubuh:

Kaya Nutrisi

Jamur tiram sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Mereka juga rendah karbohidrat, jadi mereka adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang mengikuti pola diet rendah karbohidrat.

Berikut kandungan nutrisi 1 cangkir (86 gram) jamur tiram mentah:

  • Kalori: 28
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Protein: 3 gram
  • Lemak:
  • Serat: 2 gram
  • Niasin: 27% dari Nilai Harian (DV)
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 22% dari DV
  • Folat: 8% dari DV
  • Kolin: 8% dari DV
  • Kalium: 8% dari DV
  • Besi: 6% dari DV
  • Fosfor: 8% dari DV
  • Zinc: 6% dari DV

Jamur juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lain, termasuk vitamin D dan selenium.

Sumber Antioksidan

Jamur tiram menyediakan antioksidan, yang merupakan zat yang membantu mengurangi kerusakan sel dalam tubuh Anda.

Misalnya, tujuh senyawa fenolik telah terdeteksi dalam ekstrak P. ostreatus, termasuk asam galat, asam klorogenat, dan naringenin - yang semuanya bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

Jamur ini juga mengandung asam amino ergothioneine, yang memiliki efek antioksidan kuat.

Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Jamur tiram dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

P. ostreatus sangat tinggi dalam beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, termasuk serat yang disebut beta-glukan.

Beta-glukan difermentasi oleh bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat membantu mengurangi produksi kolesterol dalam tubuh.

Menariknya, P. ostreatus menyediakan beta-glukan dua kali lebih banyak daripada jamur kancing putih (A. bisporus).

Dapat Meningkatkan Regulasi Gula Darah

Selain meningkatkan kesehatan jantung, jamur tiram dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

Sebuah penelitian pada 22 orang dengan dan tanpa diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi bubuk P. ostreatus mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Para penulis berspekulasi bahwa jamur meningkatkan penggunaan gula dalam jaringan tubuh sambil menghambat protein penambah gula darah tertentu.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur tiram dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam beberapa cara.

Misalnya, pleuran - sejenis serat beta-glukan yang berasal dari P. ostreatus - telah terbukti memiliki sifat modulasi kekebalan.

Plus, jamur dapat meningkatkan efek antivirus dan antibakteri. 

Baca Juga Artikel Wellness Lainnya:

Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Cabai Rawit

Mengenal Manfaat Kacang Panjang, Menjaga Kesehatan Jantung Salah Satunya

  • Sumber: healthline
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Hummus, Hidangan Khas Timur Tengah yang Kaya Akan Nutrisi

    Hummus tidak hanya lezat, tetapi juga serbaguna, dan dikemas dengan nutrisi.

    Bugar

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Apakah Aman Minum Minyak Zaitun? Berapa Takaran yang Direkomendasikan?

    Minyak zaitun dianggap sebagai sumber lemak sehat, tetapi juga kaya antioksidan. Juga menawarkan banyak manfaat daripada hanya antioksidan dan lemak sehatnya.

    Bugar

    Rabu, 3 Agustus 2022

    Fakta Mengejutkan di Balik Air Putih Kemasan, Jangan Dikonsumsi Terlalu Sering

    Di balik kepraktisan yang ditawarkan, ternyata air putih kemasan mengandung beberapa bahaya.

    Bugar

    Jumat, 5 Agustus 2022

    Skortips: Cara Sederhana untuk Menghindari Cedera saat Berlari

    Jika Anda telah berlari sejauh apa pun secara kompetitif, dari 10 k hingga maraton penuh, Anda akan tahu bahwa mencapai hari perlombaan dan menghindari cedera terkadang bisa menjadi setengah pertempuran.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Skortips: Nasihat Kesehatan untuk Anda Jelang Menginjak Usia 60 Tahun

    Skor.id menyoroti beberapa hal-hal yang harus menjadi perhatian setelah berusia 60 tahun.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Minuman Ini Membantu Anda Meningkatkan Kesehatan Usus dan Mengurangi Kadar Gula Darah

    Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat bermanfaat untuk meningkatkan sindrom metabolik.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Kim Kardashian Sebut Psoriasis 'Menyakitkan dan Menakutkan': Siapa yang Berisiko?

    Kim Kardashian telah berbicara tentang psoriasisnya di masa lalu, yang merupakan penyakit peradangan yang menyebabkan bercak bersisik tumbuh di kulit Anda.

    Bugar

    Senin, 15 Agustus 2022

    Jam demi Jam: Waktu Terbaik untuk Melakukan Aktivitas Anda dalam Sehari

    Jam demi jam – waktu terbaik untuk melakukan segalanya- mulai dari sarapan hingga kapan harus tidur, menurut sebuah penelitian.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Banyak Kalori yang Mampu Terbakar oleh Seks: Tergantung Posisi, Waktu, dan Seberapa Aktif Anda

    Seks sering digambarkan sebagai latihan fisik yang hebat, tetapi apakah itu benar-benar membantu Anda menurunkan berat badan?

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Suka Makan Udang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tak hanya lezat, udang juga kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Apakah Anda Menderita Hipertensi? Berikut Langkah Kunci untuk Mengurangi Konsumsi Garam

    Anda dapat mengonsumsi hingga enam gram natrium per hari dalam konteks diet yang seimbang.

    Bugar

    Minggu, 14 Agustus 2022

    The Batman: Ketahui Diet Ketat Robert Pattinson untuk Perannya yang Paling Penting

    Agar sesuai dengan peran ksatria gelap, Robert Pattinson harus menjalani diet sangat ketat dan berlatih fisik lima atau enam hari seminggu.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Seberapa Serius Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Tubuh

    Ketika kebanyakan orang khawatir tentang tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah dapat memiliki konsekuensi yang serius.

    Bugar

    Sabtu, 13 Agustus 2022

    Jangan Salah, Makan Jangkrik Ternyata Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

    Jangkrik adalah salah satu dari banyak serangga yang dimakan di seluruh dunia.
    X