Diabetes Mengancam, Ini 6 Cara Efektif Mencegah Penyakit Ini

7 Maret 2022, 21:00 WIB
Penulis: Estu Santoso
Editor: Estu Santoso
Ilustrasi para penderita diabetes harus menjaga kadar gula tetap terkendali.
Ilustrasi para penderita diabetes harus menjaga kadar gula tetap terkendali. /dok. Twitter @NewsMedical

  • Penderita diabetes di Indonesia dapat mencapai 30 juta orang pada 2030 sesuai prediksi Kementerian Kesehatan RI.
  • Hal itu terkait gaya hidup termasuk makan banyak serta merokok tidak dikurangi.
  • Saat ini, penderita kencing manis, penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

SKOR.id - Terkait Diabetes, ini adalah penyakit di mana kadar gula meningkat secara drastis sehingga berakibat buruk pada fungsi organ-organ tubuh lainnya.

Penyebab kadar gula tinggi efek berkurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Fungsi dari insulin adalah untuk memecahkan karbohidrat di dalam tubuh menjadi glukosa supaya keseimbangan kadar gula selalu terjaga.

Meskipun penyakit ini sejatinya menyerang orang tua, sekarang ini mulai banyak penderita diabetes di bawah umur 40 tahun.

Hal ini dikarenakan oleh gaya hidup jaman sekarang. Tetapi, tidak perlu khawatir akan ancaman penyakit ini.

Dikutip Skor.id dari situs deltomed.id, pencegahan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah sederhana seperti di bawah ini:

1. Jaga Berat Badan

Salah satu akibat dari berat badan berlebihan adalah kadar lemak darah yang tinggi yang mengganggu daya kerja insulin untuk menyerap glukosa.

Lemak berlebih khususnya di bagian perut meningkatkan resiko diabetes.

2. Rajin Olahraga

Aktif bergerak dapat meningkatkan metabolisme gula dan hormon insulin serta membakar kelebihan energi berupa glukosa.

Olahraga rutin juga dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Melakukan aktivitas joging ditempat dapat menyehatkan jantung.
Melakukan aktivitas joging ditempat dapat menyehatkan jantung. (mejorconsalud.com)

3. Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Konsumsi gula putih atau pemanis buatan sebaiknya tidak terlalu sering karena dapat meningkatkan kadar glukosa.

Sebaiknya hindari soda, teh manis, permen, dan cemilan-cemilan yang terlalu manis.

4. Pola Makan Yang Seimbang

Buah dan sayuran adalah dua tipe makanan wajib yang sebaiknya ada di setiap waktu makan dikarenakan kandungan serat yang tinggi.

Serat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan sehingga metabolisme tubuh juga lancar.

5. Wajib Sarapan

Kebiasaan sarapan terbukti dapat menjaga kadar gula agar lebih rendah dan juga mengurangi porsi makan sepanjang hari.

Tentunya diikuti dengan menu santapan yang sehat seperti yang dianjurkan di atas.

6. Rajin Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis mengandung zat anti inflamasi yang dapat meringankan stres oksidatif penyebab kencing manis.

Konsumsi reguler terbukti dapat menurunkan kadar gula dan mencegah diabetes.

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Mulailah menjalankan semua kegiatan yang disarankan supaya kesehatan selalu terjaga.

Baca Juga Berita Diabetes lainnya:

Petai: Bau, tapi Sahabat Manusia untuk Menangkal Penyakit, Termasuk Diabetes Tipe 2

Peringatan bagi Penderita Diabetes: 5 Makanan Tinggi Lemak yang Perlu Dihindari

Panduan Makan Rendah Karbohidrat Sehat bagi Mereka yang Memiliki Diabetes

 

  • Sumber: deltomed.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 28 September 2021

    Perhatikan, Ini Asupan Gula dalam Sehari Agar Terhindar dari Diabetes

    Setiap orang hanya boleh mengonsumsi 5-9 sendok teh gula per hari agar terhindar dari diabetes melitus.

    Bugar

    Jumat, 1 Oktober 2021

    CRIPE, Metode Olahraga yang Baik untuk Penderita Diabetes

    Metode Cripe dapat membantu penderita diabetes ditambah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan berolahraga teratur.

    Bugar

    Jumat, 22 Oktober 2021

    Termasuk Sayuran Hijau, Ini Beberapa Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

    Sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

    Bugar

    Minggu, 2 Januari 2022

    Diabetes: Tiga Sensasi di Tangan dan Kaki yang Bisa Menjadi Tanda Kadar Gula Darah Tidak Normal

    Bagi kebanyakan penderita diabetes, ada tiga sensasi utama di tangan dan kaki Anda yang bisa menjadi tanda neuropati diabetik.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 4 Juli 2022

    Alasan Makan Apel di Pagi Hari Lebih Baik daripada Minum Kopi

    Ternyata, makan apel pada pagi hari lebih baik ketimbang meminum secangkir kopi.

    Bugar

    Senin, 4 Juli 2022

    Apakah Anak Anda Menderita Kecanduan Game? Kenali Tanda-tanda Awal Ini

    Baik itu perilaku anti-sosial atau peningkatan waktu di depan layar, ada beberapa tanda awal untuk mengetahui apakah anak Anda adalah pecandu game.

    Bugar

    Senin, 4 Juli 2022

    Berikut 7 Bukti Sains bahwa Teh Serai Harus Jadi Bagian dari Diet Anda

    Teh serai adalah minuman yang tidak hanya menenangkan, tetapi juga menawarkan manfaat yang luar biasa. Berikut adalah delapan alasan mengapa Anda harus minum teh serai secara teratur.

    Bugar

    Minggu, 3 Juli 2022

    7 Kudapan Protein yang Bisa Tingkatkan Massa Otot

    Terdapat beberapa kudapan atau snack yang dapat meningkatkan massa otot.

    Bugar

    Minggu, 3 Juli 2022

    Tak Boleh Asal, Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Memakai Obat Kumur

    Obat kumur baik untuk menjaga kesehatan mulut, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

    Bugar

    Minggu, 3 Juli 2022

    Cara Sederhana untuk Melindungi Diri dari Gangguan Pendengaran

    Menurut WHO sekitar 1,5 miliar orang hidup dengan gangguan pendengaran.

    Bugar

    Minggu, 3 Juli 2022

    Deretan Manfaat Tahu yang Jarang Diketahui

    Selain rasanya yang enak, tahu juga mengandung banyak manfaat nutris.

    Bugar

    Sabtu, 2 Juli 2022

    Kenali 5 Bahan Rumahan yang Tak Terbukti Efektif Hilangkan Karang Gigi

    Kenali lima bahan yang tidak terbukti bisa membantu menghilangkan karang gigi.

    Bugar

    Sabtu, 2 Juli 2022

    5 Dampak yang Bisa Timbul karena Mengonsumsi Obat Sembarangan

    Mengonsumsi obat secara sembarangan dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

    Bugar

    Sabtu, 2 Juli 2022

    Mandi Air Dingin vs Air Panas, Ini Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

    Berikut ini adalah perbandingan manfaat antara mandi air dingin vs mandi air hangat untuk kesehatan tubuh.
    X