Enery Bar: Apakah Sehat seperti yang Dipikirkan atau Haruskah Dihilangkan dari Menu Diet?

21 Januari 2022, 09:51 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilutrasi energy bar, klaim pada kemasan membuat produk ini tidak bisa ditolak.
Ilutrasi energy bar, klaim pada kemasan membuat produk ini tidak bisa ditolak. /(Pixabay.com)

  • Awalnya dirancang untuk atlet, konsumsi energy bar kini telah menyebar luas dalam beberapa tahun terakhir.
  • Hari ini menjadi makanan ringan sehari-hari bagi banyak orang.
  • Namun, ada yang mempertanyakan manfaatnya dan apakah memang ada sesuatu di luar strategi pemasaran pada kemasan.

SKOR.id - Masuk ke supermarket dan tidak melihat ke lorong energi bar, agak rumit. Klaim pada kemasannya membuat mereka praktis tak tertahankan: "kaya serat", "kaya vitamin", "pencernaan", "ringan"...

Bagi Carlota Fernández, apoteker dan ahli gizi, penulis @nutriaconsejame, "pemasaran jenis produk inilah yang membuat kami percaya bahwa kami perlu mengonsumsinya untuk menjalani gaya hidup sehat."

"Lagipula industri makanan pun tak tertarik untuk mengakui bahwa yang benar-benar sehat adalah mendasarkan pola makan kita pada konsumsi buah, sayuran, legume, dan kacang-kacangan".

"Terlepas dari fakta bahwa batangan energi biasanya kurang menarik secara nutrisi, selama bertahun-tahun kita telah menginternalisasikannya sebagai makanan sehat dan perlu, menggantikan, bahkan mendiskreditkan, makanan lain yang jauh lebih menarik."

Meskipun energy bar pada awalnya dirancang untuk atlet berintensitas tinggi, konsumsinya telah meluas dalam beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi oatmeal.
Ilustrasi oatmeal. (INSTAGRAM)

Obsesi terhadap diet bahkan menjadikannya sebagai camilan harian bagi banyak orang.

Tapi apakah enery bar atau pretein bar itu benar-benar sehat?

Para ahli sepakat, tidak semua energy bar memenuhi tujuan menjadi sehat.

Sebagian besar produk itu memiliki komponen atau aditif tertentu yang meningkatkan kadar gula darah ke titik yang mengkhawatirkan.

"Beberapa batangan ini mengandung gula sebanyak kue kering atau sereal sarapan," sang apoteker Fernández menjelaskan lebih lanjut.

“Secara umum, ketika kita berbicara tentang batangan energi, kita berbicara tentang produk ultra-olahan dengan kepadatan energi yang relatif tinggi, sangat kaya akan tambahan gula atau pemanis bebas yang tidak terlalu menarik pada tingkat nutrisi."

"Kadang-kadang, mereka juga mengandung minyak nabati olahan yang kaya lemak jenuh.”

“Kita dapat bandingkan bahan dan nilai gizi dari energy bar dengan kotak sereal sarapan dan kue kering ultra-olahan yang kaya akan gula sederhana."

"Hal yang aneh adalah bahwa batangan energi ini masih dijual sebagai pilihan yang sehat, meskipun berbagai penelitian menunjukkan bahwa mereka tidak sehat."

Ilustrasi buah-buahan untuk menurunkan berat badan.
Ilustrasi buah-buahan untuk menurunkan berat badan. (Pixabay.com)

Parahnya, Fernandez mengungkapkan bahwa kebiasaan konsumsi energy bar sebagai produk ultra-olahan juga telah terkait dengan munculnya beberapa penyakit seperti diabetes mellitus tipe II,  tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Energy bar bukan pengganti makanan
Poin penting adalah fakta bahwa batangan mengandung kata "energi" tidak berarti itu baik atau bermanfaat bagi kesehatan kita. Makanan energi hanya menunjukkan bahwa itu mengandung cukup kalori.

Menurut Fernández, menggunakan batang energi sebagai pengganti makanan itu kesalahan besar: “Produk ultra-olahan ini memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan, secara umum, menggantikan konsumsi makanan dengan kapasitas perlindungan untuk kesehatan, seperti buah.”

Terkait masalah ini, Organization of Consumers and Users (OCU) memperingatkan bahwa "terkadang mengganti makanan konvensional dengan salah satu produk ini tidak berpengaruh pada kesehatan: ini adalah cara untuk memastikan pasokan nutrisi yang cukup dengan cara yang nyaman dan sederhana."

"Tetapi, dalam jangka panjang, secara sistematis menggunakan batangan energi ini sebagai solusi dan membuat asupan produk pengganti makanan menjadi kebiasaan, dapat memiliki efek berbahaya dan bahkan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi."

Apa Penggantinya?
Ada berbagai macam energy bar di pasaran, dan tidak semua pilihan dibuat dengan bahan yang sama. Carlota Fernandez memberikan tip-tipnya.

“Saat ingin membeli energy bar, daripada melihat tabel nilai gizi, kita harus melihat daftar bahannya. Di dalamnya, bahan-bahan muncul dalam urutan dari lebih banyak ke lebih sedikit," ujarnya.

Ilustrasi kacang-kacangan.
Ilustrasi kacang-kacangan. (Maddi Bazzocco/Unsplash)

"Yang paling penting adalah tidak mengandung gula tambahan (biasanya mereka ditemukan dengan berbagai nama seperti: sirup, maltodekstrin, fruktosa, sirup agave, panela, sirup maple, glukosa)."

"Tepung olahan juga harus dihindari, antara lain mengutamakan tepung gandum utuh 100%, dan minyak nabati olahan, seperti minyak sawit, minyak bunga matahari, minyak kapas, minyak lobak, dan lain-lain.”

Sang pakar menunjukkan bahwa jika mengandung salah satu dari tiga kelompok bahan itu, yang ideal adalah mereka tidak muncul di lebih dari 5% dari produk akhir.

“Trik yang baik untuk mengenali produk ultra-olahan adalah dengan melihat jumlah bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Sebagai aturan umum, yang mengandung lebih dari lima adalah ultra-olahan dan sangat tidak menarik pada tingkat gizi.”

Alternatif sehat apa yang bisa menggantikan energy bar?
"Makan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dalam bentuk alami akan selalu jauh lebih sehat dan lebih bergizi daripada menggunakan batangan atau makanan ultra-olahan lainnya sebagai pengganti makanan."

Lebih lanjut, kata Carlota: "Buah segar dan dehidrasi, kacang-kacangan, 85% coklat kakao, yogurt alami, serpihan oat , granola buatan sendiri, quinoa, nasi kembung atau spelt, dan minuman susu atau sayuran adalah alternatif yang sehat dan sangat direkomendasikan."

Si ahli gizi menjelaskan bahwa kombinasi antara beberapa makanan yang disebutkan di atas adalah pilihan sempurna untuk mengisi ulang energi dan berolahraga.

Misalnya, dia merekomendasikan untuk mencampur segenggam kacang dan 1-2 ons cokelat 85%, yogurt alami dengan granola dan buah segar. Atau siapkan bubur oatmeal dengan susu/minuman sayur dan buah atau kacang-kacangan."

Di sisi lain, menurut Carlos Ríos, seorang influencer yang mempromosikan gerakan makanan nyata, mereka menuntut beberapa alternatif yang sehat seperti bar energi Nakd, yang dia definisikan sebagai "satu-satunya bar sehat di supermarket. Produk ini dibuat hanya dengan buah dan kacang-kacangan (kurma, kismis, kacang mete, blueberry…).”

Namun, meskipun mereka mungkin merupakan pilihan yang baik, “tidak boleh dianggap cukup untuk nutrisi yang tepat atau dijadikan alasan untuk melewatkan makan.

Penggunaannya dibatasi untuk tambahan diet sehat dan olahraga”.***

Berita Bugar Lainnya:

5 Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Mood

7 Menu ''Rahasia'' Para Manusia Tertua di Dunia, Makan Sehat dan Panjang Umur

9 Mitos Makan Sehat yang Harus Diabaikan, Mana yang Fiksi dan yang Fakta

Begini Menu Sehat Favorit Amal Clooney, Pengacara Kondang yang juga Istri George Clooney

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Rabu, 19 Januari 2022

4 Latihan Mobilitas Bahu yang Dikatakan Terapis Fisik untuk Menghentikan Krepitasi

Merasakan gerakan bergeser (snap), crackle, suara kretek di bahu Anda? Ini yang disebut krepitasi, dan Anda tidak mengalaminya sendirian.

Bugar

Kamis, 20 Januari 2022

Manfaat Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan dan Dampak yang Harus Diwaspadai

Kopi diketahui populer untuk meningkatkan energi, menyehatkan, dan membantu menurunkan berat badan.

Bugar

Kamis, 20 Januari 2022

Mengenal Manfaat Biji Labu yang Baik untuk Kesehatan Jantung dan Kesuburan Pria

Kandungan zinc yang tinggi pada biji labu mampu meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan.

Bugar

Kamis, 20 Januari 2022

Latihan di Rumah untuk Mendapatkan Kaki yang Lebih Kuat

Miguel Boix, seorang personal trianer asal Barcelona, telah merancang latihan tubuh bagian bawah yang bisa dilakukan semua orang di rumah.

Terbaru

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Kunci untuk Mencapai Hubungan yang Memuaskan, Salah Satunya Sesuaikan Ekspektasi

Hubungan yang memuaskan adalah hubungan di mana kedua pasangan merasa dihargai, dicintai, dihormati, dan aman.

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

7 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

Ada sejumlah cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan,

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Jangan Panik, Begini Tips Cegah Hepatitis Akut Misterius dari IDAI

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membagikan tips agar terhindar dari hepatitis akut.

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Sederet Fakta yang Perlu Diketahui tentang Virus Hendra, Gejala dan Cara Pencegahan

Berikut ini adalah sederet fakta yang perlu diketahui tentang virus Hendra.

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Memiliki Alergi atau Asma Mungkin Terkait dengan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi baru telah menemukan hubungan yang mengejutkan antara asma dan alergi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Ketahui Manfaat dan Risiko Terapi 'Kretek-kretek' alias Chiropractic

Berikut ini adalah manfaat dan risiko yang didapat dari terapi chiropractic.

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Apakah Buah Bisa Membuat Kita Gemuk? Semua yang Perlu Anda Tahu tentang Nutrisinya

Menurut kepercayaan populer, karena buah-buahan juga mengandung gula, mereka tidak cocok untuk diet rendah kalori. Mana yang benar?

Bugar

Jumat, 20 Mei 2022

Berolahraga, Bermeditasi, dan 7 Tips Lain untuk Memulai Gaya Hidup Baru

Ketika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, memiliki pemandu bisa menjadi titik awal untuk perubahan kebiasaan yang pasti, dalam rangka mencapai kesejahteraan umum.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Makan Terlalu Banyak Daging Tingkatkan Risiko Pria Menjadi Tidak Subur

Makan terlalu banyak daging meningkatkan risiko pria menjadi tidak subur, klaim penelitian yang dilakukan di University of Woncester, Inggris.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Alasan Mengapa Kepanasan Membuat Tubuh Terasa Lelah

Tubuh pasti merasa cepat lelah ketika terpapar panasnya matahari.
baindo

Terpopuler Satu Pekan

Keyword Populer

Sepak Pojok

X