Hari Kesehatan Mulut Sedunia: Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

21 Maret 2022, 13:34 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi dokter sedang melakukan pemeriksaan gigi pada seorang anak.
Ilustrasi dokter sedang melakukan pemeriksaan gigi pada seorang anak. /Pixabay.com

  • Mulut dan gigi adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh kita.
  • WHO menyatakan hampir 3,5 miliar orang memiliki beberapa jenis penyakit mulut.
  • Menyikat gigi, menggunakan benang gigi (floss) dan obat kumur, pergi ke dokter gigi secara teratur adalah tips untuk kesehatan mulut yang baik.

SKOR.id - Mulut dan gigi adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh kita.

Bayangkan ketika Anda melihat seseorang dengan senyum yang rapi, tanpa gigi kekuningan karena karang gigi, Anda selalu memiliki kesan yang lebih baik daripada seseorang yang memang memiliki karakteristik tersebut.

Tetapi selain itu, mereka juga sangat penting karena dapat mengkondisikan kualitas hidup: jika Anda tidak menjaga kesehatan mulut Anda, Anda dapat mengalami bau mulut, gigi berlubang yang menyebabkan rasa sakit saat makan, gusi bengkak, dan lain-lain.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hampir 3,5 miliar orang memiliki beberapa jenis penyakit mulut, termasuk karies gigi, penyakit periodontal, kanker mulut, trauma, celah langit-langit.

Salah satu alasan utama untuk angka tinggi itu adalah biaya perawatan medis.

Pergi ke dokter gigi biasanya memakan biaya yang cukup mahal secara finansial.

Tetapi satu hal yang harus diperhatikan: biasanya kita pergi ke dokter gigi ketika kita sudah melihat ada sesuatu yang tidak beres pada mulut dan gigi kita, entah karena ada rongga, gusi bengkak, atau sebab lainnya.

Jadi perawatannya selalu lebih kompleks. Namun, pergi ke dokter gigi secara teratur adalah cara yang baik untuk mencegah penyakit mulut dan menghemat uang.

Menjaga kesehatan mulut yang baik juga sangatlah penting untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius di mana gigi harus dicabut, misalnya.

Kondisi tersebut akan mempengaruhi cara Anda makan, karena dapat menentukan makanan apa yang dapat Anda giling dengan gigi.

Gigi terawat juga akan mempengaruhi harga diri Anda: seseorang akan selalu merasa lebih percaya diri jika memiliki gigi yang rata, putih, tanpa karang gigi, dengan nafas yang tak berbau apa pun.

Tips untuk menjaga kesehatan mulut yang baik
Tanggal 20 Maret diperingati sebagai Hari Kesehatan Mulut Sedunia - World Oral Health Day. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 oleh FDI World Dental Federation, yang juga menandai peluncuran kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mulut dan pencegahan penyakit mulut.

Menjaga kesehatan mulut yang baik tidak terlalu sulit jika Anda mengikuti tips berikut:

  • Sikat gigi Anda setiap hari: menyikat gigi sangat penting jika Anda ingin menjaga kesehatan mulut Anda. Berkat itu, Anda akan dapat menghilangkan plak bakteri. Sikat gigi Anda setelah setiap makan, antara dua dan tiga menit. Lebih disarankan agar Anda menggunakan sikat listrik, karena dapat menghilangkan lebih banyak plak dibandingkan dengan sikat manual.
  • Ganti sikat gigi Anda secara teratur: di luar fakta bahwa bulu sikat menjadi aus dan berhenti menjalankan fungsinya dengan benar, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 60% sikat gigi mengandung bakteri tinja yang tertinggal di udara setelah dievakuasi dan berakhir di sikat Anda. Tetapi masalahnya adalah bakteri itu bukan milik Anda, tetapi milik orang lain: "Perhatian utama bukanlah keberadaan kotoran Anda sendiri di sikat gigi Anda, tetapi ketika sikat gigi terkontaminasi dengan kotoran orang lain, yang mengandung bakteri, virus atau parasit yang bukan bagian dari flora normalnya," jelas Lauren Aber, penulis studi ini. Oleh karena itu, gantilah setiap tiga hingga empat bulan sekali untuk mencegah penumpukan bakteri.
  • Gunakan benang gigi dan obat kumur: keduanya adalah pelengkap sempurna untuk menyelesaikan pekerjaan sikat gigi. Dengan benang gigi, Anda menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal di antara gigi dan yang belum berhasil Anda keluarkan dengan sikat, dan dengan bilas obat kumur, Anda dapat menyelesaikan membunuh semua bakteri dan mendapatkan napas yang baik.
  • Hati-hati dengan gula: konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan munculnya gigi berlubang, jadi disarankan untuk membatasi asupannya.
  • Pergi ke dokter gigi secara teratur: Sangat penting bagi Anda untuk pergi ke dokter gigi secara teratur. Hanya dengan cara ini mereka dapat mendeteksi Anda jika ada sesuatu yang salah di mulut dan gigi Anda. Pergi ke dokter gigi tepat waktu dapat menyelamatkan Anda dari penyakit utama (dan biaya keuangan) di masa depan.***

Berita Bugar Lainnya:

7 Ciri-ciri Anak yang Membutuhkan Kawat Gigi

Membedah Mitos Permen Karet yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi

Kebiasaan Menyikat Gigi yang Buruk Bisa Meningkatkan Peluang Terkena Kanker

  • Sumber: Mundo Deportivo
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Latihan Senam Kegel untuk Pria: Simak Semua Manfaatnya

    Gerakan senam Kegel bagi pria akan membantu memperkuat semua otot yang bergerak dari tulang ekor ke tulang kemaluan di depan.

    Bugar

    Sabtu, 19 Maret 2022

    Inilah Alasan Mengapa Prebiotik Sangat Penting

    Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme usus Anda - dan mereka perlu melewati pencernaan dan membuatnya sampai ke usus besar Anda.

    Bugar

    Minggu, 20 Maret 2022

    7 Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

    Untuk menjaga agar ginjal tetap aman adalah merawat tubuh untuk mengurangi peluang terkena penyakit yang membebani ginjal Anda.

    Bugar

    Minggu, 20 Maret 2022

    Jangan Pernah Katakan Enam Hal Ini kepada Seseorang yang Memiliki Masalah Kesehatan Mental

    Enam hal yang tidak pernah boleh diucapkan kepada seseorang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X