Haruskah Sepatu Dipakai di Dalam Ruangan? Ini Apa Kata Sains

15 April 2022, 13:39 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi seseorang mengenakan sepatu di dalam ruangan.
Ilustrasi seseorang mengenakan sepatu di dalam ruangan. /Pixabay.com

  • Sekelompok ahli kimia lingkungan menerbitkan satu penelitian tentang baik tidaknya sepatu dipakai di dalam rumah.
  • Penelitian itu bahwa menunjukkan sepatu yang dipakai di luaran sebaiknya dilepas di luar rumah.
  • Bahwa sepatu yang dipakai di luar, penuh dengan racun.

SKOR.id - Sekelompok ahli kimia lingkungan baru-baru ini telah menerbitkan satu penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang 'lepas sepatu' mungkin benar.

Apakah Anda melepas sepatu Anda di dalam rumah dan memaksa orang lain melakukan hal yang sama, atau Anda tetap memakainya? Ada banyak hal yang suka diperdebatkan oleh orang Inggris, tetapi ada sedikit yang lebih memecah belah daripada "Sepatu on atau tidak?"

Bagi sebagian orang, tidak dapat dipahami bahwa ada orang yang ingin sepatu luarnya yang kotor menginjak-injak bagian dalam ruangan.

Bagi yang lain, ada tirani dalam rumah tangga tanpa sepatu, kengerian sosial baik dalam meminta orang lain untuk melepas sepatu indah mereka maupun diminta untuk tetap melakukannya.

Seorang teman saya mengatakan dia diajari saat tumbuh dewasa bahwa itu "snooty" untuk meminta orang melepas sepatu sebelum datang ke rumah Anda, dan bahwa orang-orang yang melakukannya "terlalu bangga dan berharga".

Tetapi seorang rekan yang dulu adalah seorang yang suka memakai sepatu telah mengubah pendiriannya secara drastis sejak tinggal bersama pacarnya yang berkebangsaan Swedia.

Di tanah kelahirannya, seperti di Jepang, Iran dan banyak negara lain, semua orang melepas sepatu mereka – dan dianggap sangat tidak sopan untuk tidak melakukannya.

Seorang fans program properti Channel 4: 'Location, Location, Location' bahkan mengaku di Twitter bahwa dia selalu berteriak "Sepatu!" dengan frustrasi setiap kali ahli perumahan Kirstie dan Phil melihat rumah orang tanpa menanggalkan alas kaki mereka di lorong.

Penelitian ini mungkin tidak akan menghentikan semua kemarahan sosial ini, tetapi para ahli kimia lingkungan tersebut telah menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang "lepas sepatu" mungkin benar.

Para ilmuwan menghabiskan waktu satu dekade untuk memeriksa lingkungan dalam ruangan dan kontaminan yang terpapar di rumah mereka sendiri.

Memiliki beberapa kotoran dalam hidup kita mungkin bagus - penelitian telah menunjukkan bahwa itu membantu sistem kekebalan berkembang dan mengurangi risiko alergi - tetapi keahlian mereka masih menunjukkan bahwa kita semua lebih baik melepas sepatu di dalam ruangan.

”Masalah yang menumpuk di dalam rumah Anda tidak hanya mencakup debu dan kotoran dari manusia dan hewan peliharaan yang merontokkan rambut dan kulit,” ilmuwan Mark Patrick Taylor dan Gabriel Filippelli, memberikan penjelasan.

“Sekitar sepertiganya berasal dari luar, entah tertiup ke dalam atau terinjak-injak di bagian bawah sepatu yang kotor tersebut."

"Beberapa mikroorganisme yang tertempel di sepatu dan lantai adalah patogen yang resistan terhadap obat, termasuk agen infeksi (kuman) terkait rumah sakit yang sangat sulit untuk diobati."

"Tambahkan ke campuran racun penyebab kanker dari residu jalanan aspal dan bahan kimia rumput yang mengganggu endokrin, dan Anda mungkin melihat kotoran pada sepatu Anda dengan cara baru.”

Jika gagasan tentang racun di karpet tak cukup untuk menyelesaikan perdebatan, Liz Wyse, editor buku pegangan etiket Debrett, menyarankan beberapa tips untuk menangani situasi tersebut.

“Pertanyaan on/off sepatu cukup menantang,” katanya kepada Yahoo.

“Ini bukan etiket tradisional Inggris untuk melepas sepatu saat memasuki rumah seseorang, meskipun tampaknya menjadi praktik yang lebih umum."

“Seperti biasa, ketika etiket menjadi lebih ambigu, pendekatan terbaik adalah mengatasi dilema secara langsung dan bertanya dengan sopan. Jelas, Anda harus selalu waspada dengan keadaan sepatu Anda, dan jika Anda tiba di rumah seseorang dalam cuaca buruk, dengan sepatu yang lembap atau berlumpur, Anda harus melepasnya.”

Jadi apa yang Anda lakukan jika Anda adalah tuan rumah yang terlalu malu untuk meminta tamu untuk melepas sepatu mereka di depan pintu?

“Sambut tamu Anda di pintu depan dengan memakai sandal atau sendal berkaos kaki, atau tempatkanlah rak sepatu di sebelah pintu depan, yang berisikan deretan sepatu anggota keluarga yang rapi,” saran Wyse.

"Jika tamu cukup jeli, mereka akan mencatat bahwa ini rumah tangga di mana sepatu tidak dipakai di dalam ruangan."

Jika Anda harus bertanya, dia menyarankan untuk memulai dengan komentar yang mencela diri sendiri seperti: "Maaf, saya benar-benar terpesona pada karpet baru saya."

Dan jika Anda seorang tamu yang “lebih suka memakai sepatu jika memungkinkan (mereka mungkin, bagaimanapun, menjadi sentuhan akhir untuk pakaian Anda), dengan sopan tanyakan pada tuan rumah Anda apakah mereka lebih suka Anda melepas sepatu Anda”.***

Berita Bugar Lainnya:

10 Alasan Penting untuk Menjaga Kebersihan Pribadi

Mengenal Fenomena Alergi Hewan dan Cara Menanganinya

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: iNews.co.uk
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Senin, 11 April 2022

    Tahukah Anda, Tatapan Mengganggu yang Tidak Diinginkan Itu Sudah Tergolong Pelecehan Seksual

    Walikota London dan Transport For London memperingatkan para komuter bahwa “tatapan mengganggu yang bersifat seksual adalah pelecehan seksual dan tidak dapat ditoleransi”.

    Bugar

    Selasa, 12 April 2022

    Deretan Pesepak Bola yang Tak Bisa Menahan Godaan Fast Food

    Bagi banyak pesepak bola, diet ketat sangat penting untuk performa di lapangan. Bahkan, tak sedikit yang pakai koki pribadi.

    Bugar

    Selasa, 12 April 2022

    Pamela Anderson Membagikan Resep Diet Ketat yang Dia Ikuti ... dan Itu Sulit!

    Pamela Anderson telah memukau penggemar dengan sosoknya sejak tahun sembilan puluhan dalam pakaian renang merah yang terkenal itu dan dia baru saja berbagi rahasia untuk tubuhnya yang luar biasa.

    Bugar

    Selasa, 12 April 2022

    Cara Anda Kencing Bisa Jadi Salah dan Itu Sangat Buruk bagi Kesehatan

    Dokter ungkap kebiasaan yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) yang menyakitkan, dan seringkali menjadi penyebab ISK berulang.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Benarkah Tidur di Lantai Bikin Paru-Paru Basah? Begini Penjelasan Dokter Tirta

    Banyak mitos yang berkaitan dengan kesehatan, salah satunya adalah paru-paru basah.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Vibriosis yang Diderita Istri Dani Alves dan Penyebabnya

    Joana Sanz, istri bek Dani Alves, mengaku menderita vibriosis dan mengingatkan para pengikutnya di Instagram untuk berhati-hati ketika makan tiram.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    5 Junk Food yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi

    Jika mendengr junk food, yang ada di benak pikiran orang adalah makanan lezat yang bisa menimbulkan masalah fatal bagi kesehatan.

    Bugar

    Minggu, 22 Mei 2022

    Mengenal Monkeypox: Sederet Fakta dan Cara Pencegahan yang Perlu Diketahui

    Monkeypox menjadi global, para ilmuwan mulai waspada dan mencoba memahami mengapa virus, kerabat cacar yang tak terlalu mematikan itu, telah muncul di banyak populasi di dunia.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Dapat Tingkatkan Daya Ingat

    Makanan yang mengandung vitamin B12 diklaim dapat membantu meningkatkan daya ingat.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Kacang Terbukti Meningkatkan Kualitas Sperma

    Diet Barat telah dikaitkan dengan penurunan progresif kualitas air mani. Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang bisa memperbaikinya.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    5 Makanan untuk Memperkuat Tulang, Tidak Sulit Didapatkan

    Memperkuat atau menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan minuman tertentu.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Menangis lalu Sakit Kepala, Ini Sejumlah Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

    Menangis sangat pasti pernah terjadi pada setiap manusia, tetapi sakit kepala setelahnya ternyata punya banyak penyebab.

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    Olahraga dan Kepribadian: Apa Hubungan Mereka?

    Latihan olahraga adalah kunci dalam pengembangan orang, tetapi ada juga karakteristik yang dapat menentukan jenis atlet kita; kepribadian

    Bugar

    Sabtu, 21 Mei 2022

    James Hetfield Akui 'Kolaps' secara Mental saat Tur Metallica di Brasil: Saya Merasa Insecure

    Vokalis Metallica James Hetfield mengungkapkan beberapa kata yang menghancurkan penggemar mereka, mengakui dia merasa tidak bisa bermain lagi.
    X