Hati-hati dengan Makanan Sisa di Lemari Es, Salah Satunya Memicu Penyakit Neisseria Meningitidis

26 Februari 2022, 21:50 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi sisa makanan.
Ilustrasi sisa makanan. /Pixabay.com

  • Seorang remaja lelaki mengalami akibat fatal setelah makan makanan sisa di lemari esnya.
  • Pasien, JC, 19, didiagnosis dengan penyakit meningokokus, disebabkan oleh bakteri, dengan gejala seperti demam mendadak dan muntah.
  • Infeksinya begitu parah sehingga kedua kaki korban harus diamputasi.  

SKOR.id - Setelah makan sisa makanan di lemari es, yang memicu penyakit yang berpotensi mematikan, seorang siswa berusia 19 tahun harus mengamputasi kedua kaki dan sepuluh jarinya.

Dalam video YouTube yang diposting oleh Chubbyemu, Bernard Hsu, seorang dokter dan kreator YouTube, merinci hasil kasus dari The New England Journal of Medicine, yang pertama kali dilaporkan pada Maret 2021.

Menurut penelitian ini, seorang pasien muda telah dirawat di pusat perawatan intensif anak (PICU) "karena syok, kegagalan multiorgan, dan ruam".

Rasa sakitnya pertama kali muncul 20 jam sebelum dia dirawat dan tidak lama setelah dia "makan nasi, ayam, dan sisa makanan dari restoran".

Seperti terekam dalam video Hsu, pasien yang disapa JC, mengalami demam, tekanan darah tinggi, dan kulit pucat. Setelah JC muntah, dokter melihat "ada warna kuning kehijauan, tidak terlihat seperti jenis makanan tertentu".

Namun, pernapasan JC yang tidak normal menjadi perhatian lebih lanjut, seiring dengan turunnya tekanan darahnya. Setelah dia dibius, dokter melihat perubahan pada kulitnya.

“Dokter mulai melihat ruam berisi bintik-bintik kecil yang muncul di sekujur tubuhnya,” jelas Hsu. “Awalnya, penampakan belang-belang ini tampak seperti memar, tapi kemudian berubah menjadi coklat kemerahan tua, merah di tepiannya.”

JC terus mengeluhkan sakit dan kemudian diangkut melalui helikopter ke rumah sakit lain yang memiliki lebih banyak sumber daya.

Setelah tes darah dan urin lebih lanjut, JC didiagnosis dengan Neisseria Meningitidis, yang menyebabkan leher kaku, mual, gangguan pernapasan, syok, dan kegagalan multiorgan.

Seperti yang dicatat oleh Centers for Disease and Control Prevention (CDC), kondisi ini, juga dikenal sebagai penyakit meningokokus, disebabkan oleh bakteri, dengan gejala seperti demam mendadak dan muntah. Juga dapat "menyebabkan kematian hanya dalam beberapa jam".

Berkenaan dengan perubahan kulitnya, ini disebabkan oleh purpura fulminans, yang menurut Hsue adalah ruam ungu yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Dalam catatan Canadian Medical Association Journal, purpura fulminans bisa menjadi akibat yang parah dan jarang dari penyakit Meningokokus.

Dan meskipun dia terus stabil, infeksi di tubuh anak muda tersebut teramat parah sehingga 10 jarinya dan kedua kakinya harus diamputasi.

Mirip dengan JC, teman sekamarnya juga muntah-muntah setelah makan sisa makanan tapi dia tidak memperlihatkan reaksi yang terlalu buruk.

Para dokter kemudian mempelajari sejarah medis JC lebih lanjut dalam rangka menemukan bagaimana dia berbeda dari teman sekamarnya.

Mereka mengetahui bahwa JC hanya menerima dosis pertama vaksin meningokokus sebelum dia masuk sekolah menengah. Dan begitu dia mencapai usia 16 tahun, JC tidak menerima booster vaksin yang direkomendasikan.

Menurut CDC, meningokokus Serogrup B direkomendasikan antara usia 16 hingga 23 tahun.

Hsue menjelaskan bahwa ini biasanya terdiri dari dua dosis terpisah dalam periode beberapa bulan, dan sekali lagi, JC hanya mendapat satu dosis.

Hsue juga menjelaskan, meskipun jelas sisa makanan yang menyebabkan gejala JC, masih belum diketahui bagaimana jejak neisseria meningitidis bisa masuk ke dalamnya. Untungnya, JC jauh lebih baik dan kondisinya membaik.

Seperti dicatat WebMD, bakteri bisa dengan cepat tumbuh pada sisa makanan saat disimpan pada suhu kamar. Namun, tidak jelas di mana JC menyimpan makanannya sebelum memakannya.

Situs medis mencatat bahwa makanan harus dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer dalam waktu dua jam setelah "dimasak atau diambil dari sumber panas".

Meskipun dapat bergantung pada jenis makanan yang Anda makan, sisa makanan dapat "disimpan selama tiga hingga empat hari di lemari es", menurut Mayo Clinic.***

Berita Bugar Lainnya:

5 Tips Merawat Sikat Gigi agar Tidak Jadi Sarang Bakteri

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Kamis, 24 Februari 2022

Ragam Manfaat Minyak Urang-aring untuk Kesehatan Rambut

Orang-aring atau latinnya Eclipta alba memang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan rambut.

Bugar

Kamis, 24 Februari 2022

5 Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Wajah

Salah satu manfaat masker cokelat adalah melindungi dari polusi udara,

Bugar

Jumat, 25 Februari 2022

Benarkah Berendam Air Panas Dapat Mengurangi Kesuburan

Dengan berendam maka sel sperma juga akan ikut menjadi panas.

Bugar

Sabtu, 26 Februari 2022

Aktris India Neha Sharma Tak Pernah Absen Berbagi Video Nge-Gym untuk Para Penggemarnya

Aktris India, kakak beradik Neha Sharma dan Aisha Sharma, adalah penggila kebugaran yang selalu update rutinitas fisik mereka di media sosial.

Terbaru

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

4 Makanan dan Minuman yang Bikin Urine Bau Pesing, Kopi Termasuk

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bikin urine bau pesing.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Menjauh Sejenak dari Media Sosial Bisa Baik untuk Kesehatan Mental

Sebuah penelitian menunjukkan, memutuskan hubungan dengan jejaring sosial selama seminggu akan mengurangi kecemasan dan depresi secara umum.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengkonsumsi vitamin bisa menjadi cara yang bagus untuk mendukung kebutuhan nutrisi Anda — tetapi ada cara yang tepat untuk melakukannya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Pendidikan Emosional pada Anak-anak: Kapan Harus Mulai Mengajari Mereka?

Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memberi anak alat untuk mengidentifikasi apa yang mereka rasakan dan mengetahui cara mengelolanya.

Bugar

Selasa, 17 Mei 2022

Workout di Rumah Tanpa Menggunakan Alat

Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun melakukan workout di rumah bisa dibilang lebih menyenangkan karena bisa hemat biaya.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

4 Olahraga Mata yang Ringan dan Mudah Dilakukan, Cocok untuk Gamer dan WFH

Berikut ini adalah empat olahraga mata yang muda dilakukan. Layak banget dipratikkan oleh gamer dan pekerja WFH.

Bugar

Senin, 16 Mei 2022

7 Makanan Pelancar Buang Air Besar untuk Mengatasi Sembelit

Berikut ini tujuh makanan yang baik dikonsumsi demi melancarkan buang air besar atau mengatasi sembelit.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Manfaat Acar untuk Kesehatan, dari Sumber Antioksidan hingga Mengontrol Gula Darah

Berikut ini adalah sejumlah manfaat acar untuk kesehatan.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

Bukan Cemilan Biasa, Berikut Segudang Manfaat Kacang Mete yang Perlu Diketahui

Berikut ini manfaat kacang mete yang telah dirangkum Skor.id dari Healthline.

Bugar

Minggu, 15 Mei 2022

5 Manfaat Penting Jintan Hitam, Rempah yang Dijuluki Obat Segala Macam Penyakit

Jintan hitam atau habbatussauda disebut sebagai biji dengan manfaat sebagai obat segala penyakit
X