Hipertensi: Berapa Kali Jantung Kita Berdetak per Tahun

19 April 2022, 16:48 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Ilustrasi alat pengukur tekanan darah memperlihatkan angka yang tinggi.
Ilustrasi alat pengukur tekanan darah memperlihatkan angka yang tinggi. /Pixabay.com

  • Tekanan darah tinggi adalah masalah yang sangat penting, karena sangat umum.
  • Masalahnya, satu dari tiga orang secara umum menderita hipertensi.
  • Bahkan, dalam populasi berusia 30 tahun ke atas, setengahnya penderita hipertensi.

SKOR.id - Tekanan darah tinggi adalah masalah yang sangat penting, karena sangat umum.

Pada populasi umum, satu dari tiga orang menderita hipertensi. Tetapi, jika kita mengambil populasi berusia 30 tahun ke atas, setengahnya adalah penderita hipertensi.

Dari jumlah total penderita hipertensi, setengahnya mengabaikan kondisi itu. Dari mereka yang hipertensi, setengahnya hanya berobat. Dan dari mereka yang berobat, hanya setengahnya yang berobat dengan baik atau mengikuti pengobatan tersebut yang benar.

Berapa nilai tekanan darah normal? Apa yang dimaksud dengan maksimum dan minimum?

Maksimum adalah ketika jantung mendorong darah, ketika "tuc", dan ketika jantung berelaksasi adalah tekanan minimum. Maksimum disebut tekanan sistolik dan minimum, diastolik.

Lalu, kapan seseorang mengalami hipertensi? Ketika maksimum atau minimum melewati batas tertentu. Apa batas itu? Ketika maksimum adalah 140 atau lebih dan minimum adalah 90 atau lebih.

Dr. Daniel López Rosetti, seorang dokter (MN: dari Fakultas Kedokteran Universitas Buenos Aires (UBA) dan juga Presiden Bagian Stres Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH) akan memberikan penjelasan definisi sebenarnya dari kata hipertensi.

Jika Anda memiliki hipertensi Anda akan memiliki komplikasi kesehatan. Di mana? Dalam kesehatan jantung Anda. Mengapa? Karena arteri koroner akan berubah, yang dapat menyebabkan serangan jantung, angina pektoris, aritmia; otot jantung bisa membesar, yang disebut hipertrofi jantung, dan itu membuat jantung menderita.

Ini tidak sama dengan hanya menggunakan barbel atau dumbel untuk membangun otot-otot bisep Anda. Ketika jantung bekerja pada tekanan yang lebih tinggi, ia menderita.

Jantung menderita karena harus mendorong pada tekanan yang lebih tinggi, lalu membesar dan itu merusak sirkulasi koroner.

Argentine Society of Arterial Hypertension (SAHA) mengumumkan hasil edisi baru kampanye 'Know and Control Your Arterial Pressure' (CyC 2020).

Kali ini, tanpa pengukuran tekanan tatap muka, tapi mengimbau orang-orang agar memiliki monitor tekanan darah di rumah mereka untuk mengukur tekanan seluruh keluarga dan mengunggah data ke platform dalam survei online.

Sebagai kesimpulan utama dari survei, diamati bahwa satu dari dua orang di atas 16 tahun (50,2%) menderita hipertensi.

Untuk menentukannya, mereka yang memenuhi satu dari tiga kriteria ini dipertimbangkan: a) mereka yang mengenali kondisinya sendiri, b) mereka yang menggunakan obat antihipertensi dan c) mereka yang memiliki angka tekanan darah sama atau lebih besar dari 140/90 mmHg dalam pengukuran, nilai batas yang ditetapkan oleh Konsensus Argentina tentang Hipertensi untuk menentukan tekanan darah yang tinggi atau tidak terkontrol.

Dari semua, 45,6% dirawat dan dikontrol; satu dari tiga (37,2%) -meski dalam pengobatan- tidak mengontrol tekanan darah tinggi (HTN); 5,1% -walaupun diketahui hipertensi- tidak dalam pengobatan; dan 12,1% tidak menyadari diagnosis dan, jelas, tidak diobati.

Secara total, 54,4% penderita hipertensi tidak terkontrol hipertensinya atau tidak sedang dalam pengobatan, atau bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Apa akibat dari tekanan darah tinggi?

- Infark miokard akut: atau acute myocardial infarction merupakan kejadian nekrosis miokard yang disebabkan oleh sindrom iskemik tak stabil. Infark miokard akut (IMA) disebabkan kerusakan ireversibel pada otot jantung akibat pasokan oksigen yang kurang. Keberadaan infark miokard dapat mengganggu fungsi sistolik maupun diastolik, dan meningkatkan risiko aritmia pada pasien.
- Stroke: kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).
- Gagal jantung: kondisi ketika jantung melemah sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh.
- Aritmia jantung: gangguan yang terjadi pada irama jantung. Penderita aritmia bisa merasakan irama jantungnya terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.
- Gagal ginjal kronis: kondisi ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap akibat kerusakan jaringan ginjal. Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan ginjal selama 3 bulan atau lebih.
- Peripheral vascular disease atau PVD: penyakit pembuluh darah di luar jantung dan otak. Pada kondisi ini, terdapat timbunan lemak atau plak di dinding bagian dalam pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh menyempit dan aliran darah tidak lancar.

Perhatikan semua komplikasi tekanan darah tinggi tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui nilai tekanan darah Anda. Ada orang yang bilang “hipertensi saya sangat sedikit”, tapi kenyataannya sedikit dikalikan setiap detak jantungnya banyak.

Apakah Anda tahu berapa banyak detak jantung kita? Dalam satu menit fungsi jantung, ia berdenyut antara 60 dan 80 kali, tetapi jika kita mengalikannya dalam jam dan hari, Anda akan mengamati bahwa ia akan berdetak sekitar 4.000/5.000 kali dalam 1 jam.

Dalam sehari itu akan melakukannya sekitar 100.000 kali. Dalam 1 bulan, sekitar 3.000.000 kali dan dalam 1 tahun tidak lebih dan tidak kurang dari 36.000.000 kali.

Perhatikan bahwa ketika tekanan darah hanya "sedikit" meningkat, karena itu jantung harus mengerahkan "sedikit" lebih banyak dengan setiap detak. Dan ternyata "sedikit" untuk 36 juta kali setahun adalah banyak usaha.

Itulah alasan sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan melakukan pemeriksaan kesehatan.***

Berita Bugar Lainnya:

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita HIpertensi

Mengenal DASH Diet, Kurangi Garam demi Turunkan Hipertensi

6 Tips Kesehatan bagi Gamer untuk Hindari Risiko Hipertensi

Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id
Klik gambar untuk mengunggah app Skor.id

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

Tag

Video

Berita Terkait

Bugar

Sabtu, 16 April 2022

Tidak Bisa Berhenti Ngemil? Berikut Tips untuk Merasa Kenyang Lebih Lama

Dengan lemari es dan tumpukan cokelat lebih dekat dari biasanya, camilan telah jadi pilihan selama setahun terakhir. Tetapi apakah kita ngemil dengan benar?

Bugar

Sabtu, 16 April 2022

7 Langkah Kunci untuk Meningkatkan Kehidupan Seks Anda

JIKA Anda berjuang untuk bertahan lebih lama dari beberapa menit di tempat tidur, para ahli meyakinkan Anda bahwa itu bisa diperbaiki.

Bugar

Minggu, 17 April 2022

11 Tanda-tanda Krisis Paruh Baya pada Pria dan Wanita

Istilah "krisis paruh baya" sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang melakukan sesuatu yang tiba-tiba di luar kebiasaan di kemudian hari.

Bugar

Senin, 18 April 2022

5 Langkah Rekomendasi Kendall Jenner untuk Atasi Serangan Kecemasan

Model dan bintang TV, Kendall Jenner, belajar untuk mengatasi kondisi serangan kecemasan dengan menggunakan teknik seperti latihan pernapasan untuk rutinitas harian.

Terbaru

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Ada Baiknya Anak-anak Mulai Dilarang untuk Makan di Depan Layar, Ini Alasannya

Menonton televisi berkontribusi pada asupan kalori yang lebih tinggi, karena itu dimakan lebih tidak sadar dan ada kemungkinan lebih besar bahwa anak akan bertambah gemuk.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

Cara Mendeteksi apakah Anda Orangtua yang Beracun dan Dampaknya terhadap Anak-anak

Para ahli psikologi telah mengidentifikasi dua jenis orangtua yang beracun: penderita dan narsisis, yang sama-sama merugikan masa depan anak.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

4 Jenis Yogurt dengan Kandungan Probiotik Terbaik

Probiotik sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.

Bugar

Kamis, 19 Mei 2022

5 Posisi Bercinta yang Bisa Bikin Wanita Ketagihan

Wanita dan pria tidak selalu setuju tentang apa yang memenuhi syarat sebagai seks yang menyenangkan.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Cuaca Tak Menentu, Inilah Sejumlah Tips Penting untuk Menjaga Kesehatan

Kondisi cuaca yang tak menentu efek pancaroba bisa menjadi pemicu beragam penyakit dan sejumlah gangguan kesehatan.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Efek Tinggal di Rumah yang Berantakan, Bisa Bahaya bagi Kesehatan

Apa dampak dari kekacauan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ketahui pentingnya menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Tips Mengatasi Rambut Kering, Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut adalah sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi masalah rambut kering.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Bukan Bikin Bodoh, Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Micin Menurut dr. Tirta

Berikut adalah bahaya terlalu banyak mengonsumsi micin menurut dr. Tirta.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Apakah Anda Pernah Mengalami 'Lapar Emosional'? Ikuti Tips Berikut untuk Mengatasinya

Perasaan seperti cemas, gugup, kewalahan atau bahkan rasa kebosanan dapat menyebabkan seseorang makan tanpa benar-benar lapar, yang dikenal dengan istilah 'lapar emosional'.

Bugar

Rabu, 18 Mei 2022

Kenali Beragam Manfaat Membaca Buku bagi Kesehatan Mental

Berikut Skor.id merangkum berbagai manfaat membaca buku bagi kesehatan mental.
X