Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Mendapatkan Tidur yang Cukup

10 Agustus 2022, 19:18 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Saat Anda mengalami gangguan tidur, Anda mungkin akan kesulitan mengingat detail. Itu karena tidur memainkan peran besar dalam pembelajaran dan memori.
Saat Anda mengalami gangguan tidur, Anda mungkin akan kesulitan mengingat detail. Itu karena tidur memainkan peran besar dalam pembelajaran dan memori. /Twitter @WebMD

  • Saat Anda tidak bisa tidur, Anda mungkin akan kesulitan mengingat detail.
  • Itu karena tidur memainkan peran besar dalam pembelajaran dan memori.
  • Studi menunjukkan tidur berkualitas secara teratur dapat membantu memperbaiki segala macam masalah, mulai dari gula darah hingga olahraga.

SKOR.id - Kurang tidur di malam hari bisa membuat tubuh Anda rewel keesokan harinya.

Dan, seiring waktu, kurang tidur bisa mengacaukan lebih dari sekadar suasana pagi Anda.

Studi menunjukkan tidur berkualitas secara teratur dapat membantu memperbaiki segala macam masalah, mulai dari gula darah hingga olahraga.

Inilah mengapa Anda harus memberi tubuh Anda waktu tidur yang dibutuhkannya.

Otak Lebih Tajam
Saat Anda hampir tidak bisa tidur, Anda mungkin akan kesulitan mengingat detail. Itu karena tidur memainkan peran besar dalam pembelajaran dan memori. Tanpa tidur yang cukup, sulit untuk fokus dan menerima informasi baru.

Otak Anda juga tidak akan memiliki cukup waktu untuk menyimpan ingatan dengan benar sehingga Anda dapat menariknya kembali nanti.

Tidur memungkinkan otak Anda mengejar sehingga Anda siap untuk apa yang berikutnya.

Meningkatkan suasana hati
Hal lain yang dilakukan otak Anda saat Anda tidur adalah memproses emosi Anda.

Pikiran Anda membutuhkan waktu ini untuk mengenali dan bereaksi dengan cara yang benar. Ketika Anda mengganggunya, Anda cenderung memiliki lebih banyak reaksi emosional negatif dan lebih sedikit reaksi positif.

Kurang tidur kronis juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami gangguan mood.

Satu penelitian besar menunjukkan bahwa ketika Anda menderita insomnia, Anda lima kali lebih mungkin untuk mengalami depresi, dan kemungkinan Anda mengalami gangguan kecemasan atau panik bahkan lebih besar.

Tidur yang menyegarkan membantu Anda menekan tombol reset pada hari yang buruk, meningkatkan pandangan hidup Anda, dan lebih siap menghadapi tantangan.

Jantung Lebih Sehat
Saat Anda tidur, tekanan darah Anda akan turun, membuat jantung dan pembuluh darah Anda sedikit beristirahat.

Semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan, semakin lama tekanan darah Anda tetap terjaga selama siklus 24 jam. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan penyakit jantung, termasuk stroke.

Waktu henti jangka pendek dapat memberikan hasil jangka panjang.

Prestasi Atletik
Jika olahraga Anda membutuhkan ledakan energi yang cepat, seperti gulat atau angkat besi, kurang tidur mungkin tidak memengaruhi Anda sebanyak olahraga ketahanan seperti lari, berenang, dan bersepeda. Tapi Anda tidak dapat membantu diri sendiri.

Selain merampas energi dan waktu Anda untuk perbaikan otot, kurang tidur melemahkan motivasi Anda, yang membawa Anda ke garis finis. Anda akan menghadapi tantangan mental dan fisik yang lebih berat -- dan melihat waktu reaksi yang lebih lambat.

Istirahat yang tepat membuat Anda siap untuk kinerja terbaik Anda.

Gula Darah Lebih Stabil
Selama bagian dalam, gelombang lambat dari siklus tidur Anda, jumlah glukosa dalam darah Anda turun. Tidak cukup waktu pada tahap terdalam ini berarti Anda tidak mendapatkan jeda itu untuk memungkinkan reset. Tubuh akan lebih sulit merespons kebutuhan sel dan kadar gula darah Anda.

Biarkan diri Anda mencapai tahapan terdalam itu dan tetap dalam tidur nyenyak ini, maka Anda cenderung tidak akan terkena diabetes tipe 2.

Pengendalian Kuman
Untuk membantu Anda menangkal penyakit, sistem kekebalan Anda mengidentifikasi bakteri dan virus berbahaya di tubuh Anda dan menghancurkannya. Kurang tidur yang terus-menerus mengubah cara kerja sel-sel kekebalan Anda. Mereka mungkin tidak menyerang secepat itu, dan Anda bisa lebih sering sakit.

Istirahat malam yang baik sekarang dapat membantu Anda menghindari perasaan lelah dan apek itu, serta menghabiskan hari-hari di tempat tidur saat tubuh Anda mencoba untuk pulih.

Pengendalian Berat Badan
Saat Anda cukup istirahat, Anda tidak terlalu lapar. Kurang tidur mengacaukan hormon di otak Anda - leptin dan ghrelin - yang mengendalikan nafsu makan.

Dengan mereka yang tidak seimbang, daya tahan Anda terhadap godaan makanan tidak sehat akan turun. Dan ketika Anda lelah, Anda cenderung tidak ingin bangun dan menggerakkan tubuh Anda. Bersama-sama, ini adalah resep untuk menambah berat badan.

Waktu yang Anda habiskan di tempat tidur berjalan seiring dengan waktu yang Anda habiskan di meja dan di gym untuk membantu Anda mengatur berat badan.

Terlalu banyak hal yang baik?
Kebutuhan tidur bervariasi, tetapi rata-rata, tidur secara teratur lebih dari 9 jam semalam dapat lebih berbahaya daripada baik.

Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur lebih lama memiliki lebih banyak penumpukan kalsium di arteri jantung mereka dan juga arteri kaki yang kurang fleksibel.

Taruhan terbaik Anda adalah memotret selama 7-8 jam tidur setiap malam untuk manfaat kesehatan puncak.***

Berita Bugar Lainnya:

Apakah Sehat Minum Air sebelum Tidur?

Tips Tidur Nyenyak di Cuaca Panas

Buruknya Kualitas Tidur Remaja Sangat Menyakiti Kesehatan Mental Mereka

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: WebMD
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Selasa, 9 Agustus 2022

    Tips Mencegah Cedera Plantar Fasciitis bagi Pelari Pemula

    Pelari pemula memiliki risiko menderita cedera plantar fasciitis. Cedera plantar fasciitis salah satu gejalanya yakni merasakan nyeri di bagian tumit.

    Bugar

    Selasa, 9 Agustus 2022

    Memahami Kanker Payudara, yang Menghantui Olivia Newton-John selama 30 Tahun sebelum Meninggal

    Olivia Newton-John, penyanyi pemenang Grammy empat kali yang dikenal dengan hits seperti "Physical" tahun 1981 dan perannya sebagai Sandy Olsson dalam gerakan Grease, telah meninggal setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker payudara. Dia berusia 73 tahun.

    Bugar

    Rabu, 10 Agustus 2022

    Gula Batu, Pemanis Buatan yang Ternyata Punya Dampak Buruk bagi Kesehatan

    Setidaknya ada empat dampak buruk bagi kesehatan jika gula batu dikonsumsi secara berlebihan.

    Bugar

    Selasa, 9 Agustus 2022

    Peneliti Temukan Metode Menurunkan Berat Badan dengan Melakukan Satu Hal Ini

    Membatasi makan Anda antara pukul 7 pagi dan 3 sore diyakini dapat membantu untuk menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah Anda, menurut temuan para peneliti internasional.

    Terbaru

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Mengapa Kita Menguap dan Mengapa Itu Sangat Menular: Kata Para Ahli

    Mengapa sebenarnya kita menguap? Dan mengapa hampir tidak mungkin menahan kuap saat seseorang melakukannya di depan Anda?

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Hot flashes: Apa Itu dan Bagaimana Mengelola Gejala Menopause

    Salah satu gejala menopause yang paling umum adalah hot flashes, di mana wanita tiba-tiba mengalami kepanasan yang tidak nyaman pada wajah dan tubuh mereka.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Kekurangan Nutrisi 'Penyebab Utama' Kerontokan Rambut, Konsumsi Ini untuk Mencegahnya

    Kurangnya nutrisi tertentu dapat memicu kerontokan rambut berlebihan, tetapi untungnya beberapa makanan dapat membantu, menurut seorang ahli.

    Bugar

    Senin, 5 Desember 2022

    Perbedaan antara Protein Hewani dan Nabati: Mana yang Lebih Baik?

    Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi kesehatan. Ini memasok tubuh dengan energi sambil membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, latihan, operasi, dan bentuk keausan lainnya.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Mengapa Kebanyakan Pria Tidak Memiliki Cukup Teman Dekat, Cari Tahu Alasannya

    Istilah persahabatan bukan hanya tentang mereka yang duduk bersama Anda di bus sekolah ataupun bermain bersama di tim bisbol masa kecil Anda, itu adalah komponen inti dari pengalaman manusia, kata para ahli.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Infeksi Strep A yang Merebak di Inggris

    Setidaknya enam anak telah meninggal dan yang lainnya berjuang untuk hidup di rumah sakit setelah tertular bakteri Streptococcus A di Inggris dan Wales.

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    7 Bahan Herbal untuk Obat Sakit Pinggang

    Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan obat herbal salah satu solusinya

    Bugar

    Minggu, 4 Desember 2022

    Beberapa Perubahan yang Mungkin Terjadi pada Tubuh Anda saat Anda Mulai Berlari

    Berlari adalah aktivitas yang sangat sehat yang dimasukkan oleh banyak atlet dalam rutinitas mereka.

    Bugar

    Jumat, 2 Desember 2022

    Awas, Ini Efek Buruk pada Kulit dan Mata akibat Terlalu Lama Terpaku pada Layar Ponsel

    Diperkirakan 60% populasi dunia menghabiskan lebih dari enam jam sehari di depan layar: terutama ponsel, tetapi juga layar komputer, televisi, dan perangkat digital lainnya. Pada akhirnya, inilah yang dikenal sebagai polusi digital.
    X