Ini Alasan Mengapa Tanggal 10 September Ditandai dengan Pita Kuning

18 September 2022, 16:44 WIB
Editor: Nurul Ika Hidayati
Pita kuning dalam setiap peringatan Yellow September pertama kali dibentuk pada tahun 1994 menyusul kematian remaja bernama Mike Emme.
Pita kuning dalam setiap peringatan Yellow September pertama kali dibentuk pada tahun 1994 menyusul kematian remaja bernama Mike Emme. /Twitter

  • 10 September ditandai sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia dan didukung sepenuhnya oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri dan WHO.
  • Tema perayaan untuk tahun 2022: “Menciptakan harapan melalui tindakan.”
  • Gerakan Pita Kuning terbentuk melalui aksi keluarga dan teman-teman Mike Emme pada 1994.

SKOR.id - Ini fakta yang tidak semua orang mengetahuinya. Bahwa setiap 10 September, akan ditandai sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia dan telah menjadi pusat perhatian di arena kesehatan masyarakat.

Didukung oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri (IASP) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tanggal itu diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama ini. Tapi mengapa kita berbicara tentang Yellow September?

Terlepas dari inti hari itu sendiri, inisiatif biasanya berlangsung sepanjang bulan. Berbagai organisasi pemerintah dan non-pemerintah mengatur program dan rencana untuk menyebarkan gagasan pencegahan bunuh diri. Mereka juga menyediakan alat yang akan membantu orang dengan keberadaan sumber daya jika mereka mengalami depresi.

Tema perayaan untuk tahun 2022 ini adalah: “Menciptakan harapan melalui tindakan.” Frasa untuk Yellow September - September Kuning - itu akan mengikat semua orang untuk mengambil tindakan guna mencegah kematian yang sebenarnya bisa dicegah.

Mengapa Yellow September ada?
Sejarah pemilihan warna dan alasan di balik Yellow September memang menyakitkan.

Semua kembali ke tahun 1994, ketika program Yellow Ribbon ("cinta amarilla" dalam bahasa Spanyol) terbentuk melalui aksi keluarga dan teman-teman Mike Emme.

Mike berusia 17 tahun ketika dia bunuh diri. Dia adalah penggemar mobil dan biasa bekerja memperbaiki mobil. Proyek terakhirnya adalah Ford Mustang 1968 yang ia temukan dalam kondisi rusak.

Mike membeli mobil itu, memperbaikinya, dan setelah memulihkannya, mengecatnya dengan warna kuning cerah. Suatu hari, ketika orangtuanya kembali ke rumah, Mustang diparkir di luar, tetapi pemuda itu telah mengakhiri hidupnya.

Di dalam rumah, orangtuanya menemukan sebuah catatan yang berbunyi, “Jangan salahkan dirimu, Ayah dan Ibu. Aku mencintaimu. Cinta, Mike, 11:45 malam." Sayangnya, orang dewasa baru datang 7 menit kemudian, terlambat segalanya untuk melakukan apa pun.

Inisiatif
Pada pemakaman Mike Emme muda, seluruh komunitas bingung. Beberapa temannya hadir dan ingin menghibur orangtua, jadi mereka bertanya bagaimana mereka bisa membantu.

Orangtua Mike, dengan penuh ketabahan, memberi tahu anak-anak muda lainnya. sebagai berikut:

  • Merujuk nasihat itu, beberapa anggota komunitas meletakkan ungkapan itu di kertas kuning untuk mengenang Mustang Mike. Pada gilirannya, mereka menuliskan nomor saluran bantuan untuk dihubungi ketika berpikir tentang bunuh diri.
  • September Kuning telah dimulai, dan jumlah kertas kuning itu terus bertambah. Dibagikan di kantor-kantor publik dan ke sekolah, orang-orang muda mulai membawanya di ransel mereka. Warnanya dikaitkan, sedikit demi sedikit, dengan kemungkinan mencegah peristiwa tragis seperti bunuh diri.

Beberapa data yang relevan tentang bunuh diri
Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 703.000 orang di dunia yang memilih bunuh diri setiap tahunnya. Dengan tambahan fakta yang serius bahwa itu sudah menjadi penyebab kematian keempat pada kelompok orang muda antara 15 dan 29 tahun.

Di Amerika Serikat, misalnya, angkanya cukup mengkhawatirkan. Yang jadi penyebab utama kedua kematian di antara 10-34 tahun, dengan frekuensi perkiraan 132 bunuh diri setiap hari.

Bahwa bunuh diri adalah masalah yang hanya terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi hanyalah sebuah mitos. Pada kenyataannya, jika kita mengambil tren terbaru, lebih dari 70% kasus bunuh diri terjadi di daerah berpenghasilan rendah dan menengah.

Tetapi ada hal lain yang sering diabaikan. Catatan statistik menyelesaikan bunuh diri lebih tepat daripada percobaan bunuh diri. Di balik setiap orang yang mengambil nyawanya sendiri, ada beberapa yang telah mencoba dan gagal. Dan kemungkinan besar mereka akan mencoba lagi.

Ini juga mitos bahwa hanya mereka yang tidak memberikan peringatan dan melakukannya tanpa pemberitahuan yang melakukan bunuh diri. Upaya itu diakui sebagai faktor risiko, karena ada kemungkinan besar orang tersebut akan mencoba bunuh diri lagi di masa depan.

Apakah bunuh diri dapat dicegah?
Ide sentral dari Yellow September adalah untuk mencegah aksi bunuh diri dan mengurangi kejadiannya. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ini sehingga orang-orang memiliki dukungan dan seseorang untuk berpaling di saat-saat paling sulit.

Dua situasi dikenali dalam perilaku bunuh diri, dan mungkin untuk bertindak secara preventif di keduanya. Keduanya adalah sebagai berikut:

  • Upaya bunuh diri: Orang tersebut mencoba menyebabkan kematian, tetapi gagal. Mungkin ada atau mungkin tidak ada cedera setelah tindakan tersebut.
  • Ide bunuh diri: Orang tersebut memiliki pikiran berulang tentang bagaimana dia akan mengakhiri hidupnya. Dia bahkan mungkin juga mempersiapkan beberapa hal atau skenario di mana dia akan mengambil nyawanya sendiri.

Pengenalan salah satu dari situasi ini membutuhkan tindakan segera. Jika anggota keluarga atau teman yang mendeteksinya, mereka harus melakukan segala kemungkinan untuk memastikan bahwa orang tersebut menerima bantuan profesional khusus.

Dalam hal ini, hampir semua negara telah mengembangkan lembaga pencegahan bunuh diri. Biasanya ada nomor telepon yang tersedia untuk meminta saran tentang langkah-langkah yang harus diambil.

Saluran Bantuan
Yellow September menyadari bahwa, dalam setiap tindakan pencegahan, saluran bantuan pemerintah dan LSM adalah kuncinya. Di sana, orang yang berpikir untuk bunuh diri bisa berkomunikasi, begitu juga dengan keluarga dan teman yang mendeteksi perilaku tersebut pada orang-orang terdekatnya.

Saluran bantuan dikelola oleh orang-orang yang terlatih untuk mencapai tujuan berikut:

  • Terlibat dalam percakapan yang mendukung dan mendukung. Orang yang mencoba bunuh diri berada dalam krisis dan perlu didengarkan dan diajak bicara dengan tepat.
  • Tawarkan bantuan konkret. Operator telepon akan memandu, tergantung pada wilayah geografis, ke jaringan bersenjata di wilayah tersebut untuk menampung orang tersebut, apakah ini lembaga publik atau swasta.
  • Memberikan metode kesehatan mental. Selama panggilan, operator dapat menerapkan beberapa teknik relaksasi dan mendengarkan secara aktif untuk mencegah orang tersebut mencoba bunuh diri.
  • Buat janji temu psikologis. Jika kasusnya memungkinkan, saluran bantuan dapat segera menjadwalkan konsultasi dengan profesional kesehatan mental.

Yellow September adalah Harapan
Warna kuning di bulan September ini telah membawa kita pada sebuah harapan. Bahwa kita bisa mengurangi kasus bunuh diri di seluruh dunia.

Tindakan sederhananya, seperti membagikan kertas kuning dengan nomor saluran bantuan, sudah lebih dari cukup. Ini adalah tindakan dalam jangkauan semua orang yang dapat menyelamatkan nyawa.***

Berita Entertainment Bugar Lainnya:

Keyakinan dan Mitos yang Keliru seputar Bunuh Diri, Salah Satunya Bukan Penyakit Keturunan

Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.
Klik gambar untuk mengunjungi aset digital kami.

  • Sumber: mejorconsalud
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Bugar

    Sabtu, 17 September 2022

    5 Makanan Anti-Penuaan yang Membuat Tubuh Sehat dan Kulit Menjadi Glowing

    Kulit yang indah dan bercahaya dimulai dari cara kita makan, tetapi makanan anti-penuaan ini juga dapat membantu lebih dari itu.

    Bugar

    Sabtu, 17 September 2022

    5 Cara Mengendarai Sepeda untuk Memperkuat Lutut

    Ada sejumlah langkah cara mengendarai sepeda untuk memperkuat lutut, anggota badan di kaki yang rentan cedera ini.

    Bugar

    Sabtu, 17 September 2022

    3 Problem Cedera yang Menjadi Perhatian Real Madrid

    Sebuah tim elit, seperti Real Madrid, harus menghadapi banyak pertandingan per musim. Tuntutan fisik dapat menyebabkan serangkaian cedera.

    Bugar

    Minggu, 18 September 2022

    Cara Mudah Mengurangi Asupan Karbohidrat

    Ada sederet cara mudah untuk mengurangi karbohidrat.

    Terbaru

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Perlu Diketahui soal Posisi Tidur yang Benar dan Cara yang 'Benar' untuk Tidur

    Dalam posisi apa saya harus tidur, dan apakah ada cara yang 'benar' untuk tidur?

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Makanan Rahasia Pemain Sepak Bola Elite: Banyak Protein dan Rendah Kalori

    Makanan rahasia pemain sepak bola dengan banyak protein dan sedikit kalori. Ada dua jenis ganggang yang meningkatkan kinerja dan meningkatkan vitalitas dan energi: spirulina dan chlorella

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Gas Air Mata, Gejala Jika Terkena dan Penanganan yang Mesti Dilakukan

    Berikut ini uraian soal gas air mata, sesuatu yang jadi sorotan dari tragedi Kanjuruhan, lengkap dengan gejala dan apa yang harus dilakukan.

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Mengenal Cedera yang Ancam Peluang Ronald Araujo ke Piala Dunia Qatar

    Menurut pernyataan medis yang diberikan oleh Barcelona di akun Twitter resmi mereka, "Ronald Araujo mengalami avulsi pada tendon adductor longus di paha kanan."

    Bugar

    Minggu, 2 Oktober 2022

    Hai Pemula, Simak Tips untuk Menikmati Aktivitas Berolahraga sekaligus Bersenang-senang

    Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Tetapi jika Anda sudah keluar dari kebiasaan aktif – atau tidak pernah menemukan rutinitas olahraga yang berhasil – mungkin terasa seperti tugas yang mustahil untuk memulai.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Mayoritas Wanita Alami Menopause sekitar Usia 51, Gejalanya Bisa Dimulai Jauh Lebih Awal

    Sebagian besar wanita mengalami menopause sekitar usia 51 tahun tetapi gejalanya dapat dimulai bertahun-tahun sebelumnya

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Ilmuwan 'Memecahkan' Misteri Mengapa Wanita Selalu Merasa Kedinginan daripada Pria

    Ilmuwan berhasil 'memecahkan' misteri mengapa wanita selalu merasakan tubuh mereka lebih dingin daripada para pria.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Sederet Mitos Palsu seputar Pengaruh Kopi terhadap Kesehatan

    Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di planet ini telah memunculkan mitos palsu yang tak terhitung jumlahnya.

    Bugar

    Sabtu, 1 Oktober 2022

    Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung pada Daging Sapi

    Daging sapi dikategorikan sebagai daging merah - istilah yang digunakan untuk daging mamalia, yang mengandung jumlah zat besi yang lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

    Bugar

    Jumat, 30 September 2022

    Ada 6 Bau Vagina yang Berbeda, Kenali Gejalanya untuk Tahu Kapan Harus ke Dokter

    Bau yang kuat bisa mengganggu, terutama jika ada bau busuk yang datang dari bawah. Sementara aroma vagina bervariasi dari orang ke orang, para ahli mengatakan ada beberapa yang harus Anda waspadai.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X